Mursalim Nawawi, S. Pd. M.Pd

Mursalim Nawawi. S.Pd., M.Pd di lahirkan di Sidenreng Rappang 05 Oktober 1976, Bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada UPT SMA PPM RAHMA...

Selengkapnya
Navigasi Web
'YUK AMALKAN, AMALAN MENYAMBUT RAMADAN?' (T1181)
Amalkan untuk sucikan hati sambut Ramadan

'YUK AMALKAN, AMALAN MENYAMBUT RAMADAN?' (T1181)

Ditulis oleh GBC

Memasuki pelan kedua di bulan Maret, umat Islam seluruh dunia akan memasuki bulan yang dinantikan oleh seluruh umat nabi Muhammad SAW, yaitu bulan penuh berkah bulan Ramadan.

Ramadan merupakan bulan yang penuh penuh ampunan bagi umat Islam di seluruh dunia. Suka cita dan air mata haru Menyambut datangnya bulan suci ini. Semua ingin memasuki bulan Ramadan dengan hati yang lapang.

Sebelum tibanya 1 Ramadan, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk memperdalam spiritualitas dan meningkatkan kebaikan.

Amalan apa saja yang dapat dilakukan??

Berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk menyambut Ramadan dengan penuh keberkahan:

1. Berintrospeksi Diri:

Sebelum memasuki bulan Ramadan, berintrospeksi tentang diri sendiri adalah langkah awal yang penting. Evaluasi perilaku, perbaiki kelemahan, dan niatkan untuk menjadikan Ramadan sebagai waktu pembaharuan diri.

2. Perbanyak Dzikir dan Doa:

Tingkatkan ibadah dzikir dan doa sebagai bentuk koneksi spiritual dengan Allah. Gunakan waktu-waktu senggang untuk bersama-sama keluarga berdoa dan memperbanyak zikir.

3. Pelajari Al-Quran:

Manfaatkan waktu sebelum Ramadan untuk memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran. Jelajahi makna ayat-ayat serta memperbaiki bacaan dan tartil dalam membaca Al-Quran.

4. Persiapkan Bacaan Doa dan berusaha menghafal Doa

Siapkan daftar doa dan dzikir khusus yang dapat diamalkan sepanjang Ramadan. Pahami maknanya dan berupayalah untuk menghafal beberapa doa penting.

5. Bersedekah dan Berbagi:

Menyambut Ramadan dengan bersedekah dan berbagi kepada sesama adalah amalan yang sangat dianjurkan. Sumbangkan sedekah, bantu fakir miskin, dan raih pahala dengan berbuat baik kepada orang lain.

6. Persiapkan Menu Iftar yang Sehat:

Jaga kesehatan tubuh dengan menyusun menu iftar yang seimbang dan bergizi. Hindari makanan berlebihan dan pilih makanan yang memberikan energi serta nutrisi yang dibutuhkan.

7. Rencanakan Jadwal Ibadah:

Susun jadwal ibadah harian dengan baik, termasuk waktu-waktu sholat, membaca Al-Quran, dan berbagai amalan lainnya. Rencanakan agar waktu-waktu tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

8. Bersihkan Hati dan Memaafkan:

Membersihkan hati dari rasa marah dan meninggalkan dendam adalah amalan yang sangat dianjurkan. Gunakan waktu sebelum Ramadan untuk memaafkan kesalahan orang lain dan meminta maaf kepada yang berhak.

Dengan menjalankan amalan-amalan tersebut, diharapkan umat Islam dapat menyambut Ramadan dengan hati yang suci, penuh rasa syukur, dan kesiapan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Semoga ibadah selama bulan Ramadan membawa berkah, kedamaian, dan keberkahan bagi seluruh umat Islam.

Demikian yang dapat dituliskan, semoga bermanfaat

Salam pendidikan, #MNGBC

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post