Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Evaluasi Puasa Ramadhan

Evaluasi Puasa Ramadhan

# Mengikat Makna #

Hari ini kajian oleh ustadz Imam Santoso, tema yang disampaikan adalah evaluasi puasa. Hari ini puasa sudah hari yang kesepuluh apa yang sudah meningkat dari diri kita? Kembali kalau kita kaitkan dengan umur kita sdh berapa tahun kita puasa? dan apa yang sudah meningkat dari hidup kita.

Hal pertama yang harus kita evaluasi dari puasa kita adalah sholat kita, mengapa sholat kita yang harus kita evaluasi?

Sholat adalah ibadah yang harus kita laksanakan sepanjang tidak ada hal yang membolehkan tidak sholat seperti sakit parah dan hilang akal. Bila sholat berdiri tidak mampu, maka duduklah, bila duduk tidak mampu maka sambil berbaring. Maka jelas tidak boleh ditinggalkan.

Sholat kita harus benar sesuai dengan tuntunan Rasullullah, gerakan harus benar, bacaan harus benar , tumakninah harus diperhatikan.

Upayakan agar kita bisa sholat berjamaah. Hal yang harus diperhatikan dalam sholat berjamaah adalah jangan sampai gerakan berbarengan dengan imam apalagi mendahului imam.

Hal kedua yang harus kita evaluasi adalah puasa kita, jadikanlah puasa kita sebagai tameng dalam hidup kita. Dalam bulan puasa tinggalkan perbuatan rofas dan perbuatan bodoh, perbuatan bodoh dibulan puasa berarti melakukan perbuatan yang mengilangkan pahala puasa. Dalam bulan puasa setan di belenggu namun sekarang manusialah yang menjadi setan.

Ketiga, bacaan Quran kita juga harus diperhatikan, bacaannya harus tartil dan membaguskan bacaan.Jangan hanya mengejar khatam tapi tidak memperhatikan bacaannya. Mengejar target untuk khatam beberapa kali memang tidak salah namun bila bacaan salah maka tidak berpahala bahkan bisa berdosa. Jadi yang harus diperhatikan adala bacaanya benar .

Hal keempat yang harus kita evaluasi adalah kesabaran kita, berpuasa hakekatnya mendidik kita untuk lebih bersabar. Jangan sampai kita kehilangan kesabaran dan melakukan hal - hal yang buruk. Sabar bisa mendatangkan wasilah

Hal kelima adalah sedekah, perhatikan sedekah kita, puasa kita harusnya bisa kita manfaatkan untuk melatih kepedualian kita kepada orang yang tidak mampu. Saat puasa adalah hari2 yang membahagiakan bagi orang yang tidak mampu. Karena orang - orang di sekitanya lebih peduli. Memberi makan orang yang sedang berpuasa berpahala seperti yang berpuasa. Sedekah tidak menunggu kaya, walaupun penuh kekeurangan kita bisa bersedekah.

Manfaat sedekah

1. Menghilangkan panas siksa kubur

2. Menyelamatkan dari api neraka

3.Mengapus dosa - dosa seperti air yang memadamkan api

4. Sedekah tidak akan mengurangi harta, bahkan harta kita akan bertambah, tidak ada orang yang menjadi miskin karena sedekah.

5.Sedekah adalah pembersih harta dan dapat menetramkan hati

6. Sedekah bisa membukaan surga dengan pintu khusus.

7.Sedekah dapat menyembuhkan penyakit

8.Sedekah akan didoakan malaikat

9. Sedekah dapat melapangkan dada dan merasakan nikmat.

10. Sedekah adalah ciri orang yang beriman

11. Sedekah sebagai penolak balak dari sakit, ujian dll.

12. Harta akan dihisab dua kali, maka kita bersedekah dengan harta yang baik

13. Sedekah jariyah akan mengalir terus pahalanya untuk kita. Lakukanlah sedekah jariyah agar kita terus dialiri pahalanya.

Latihlah anak - anak kita untuk bersedekah, agar ketika besar sudah terbiasa.

Banyak hal dalam berpuasa yang harus kita evaluasi, semoga puasa kita di terima oleh Allah

# indahnya ngaji #cinta terbaikku# aimafarhasfirsayaning#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post