Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenal Pintu - Pintu Kebaikan

Mengenal Pintu - Pintu Kebaikan

# Mengikat Makna #

Puji syukur kepada Allah karena pagi ini msh diberikan nikmat kesehatan dan juga kesempatan untuk berangkat taklim di Annur. Ahad ini yang memberikan kajian adalah Ustadz Rosyid, jam tujuh kami berangkat ke tempat kajian. Di sana sdh banyak ibu - Ibu yg hadir. Tidak berapa lama kajian di mulai.

Tema yang di sampaikan Ustadz Rosyid kali ini adalah " Mengenal Pintu - Pintu Kebaikan ", setelah memberi salam kepada kita semua, Ustadz Rosyid mengingatkan agar kita senantiasa bersykur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan. Dan, semoga semua nikmat yang Allah berikan akan semakin membuat kita bertambah taqwa kepada Allah, bukan malah sebaliknya. Ustadz Rosyid juga mengingatkan kepada kita agar tidak terlalu mencintai dunia karena dunia hanya sementara, tapi harus selalu fokus kepada akherat kita.Kalau kita fokus dengan akherat Insya Allah dunia tidak akan meninggalkan kita.

Untuk bekal akherat kita, maka kita harus mengetahui amalan - amalan yg harus kita lakukan. Kita harus mengenal pintu - pintu kebaikan.Ustadz Rosyid menjelaskanya sebagai berikut:

Sabda Rasullullah Shallallahu ' alaihi wa salam, " Maukah engkau aku tunjukan pintu - pintu kebaikan ?" Kerena, masuk surga dan dijauhkan dari neraka disebabkan mengerjakan kewajiban - kewajiban islam, maka setelah itu Rasullullah menjelaskan ibadah - ibadah sunah yang merupakan pintu - pintu kebaikan. Ibadah - ibadah sunah itu diantaranya:

1. Puasa

Sabda Rasullullah, " Puasa adalah perisai " . Sabda tersebut diriwayatkan dalam Shahihul -Bukhari dan Shahih Muslim dari hadist Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallhu 'alaihi wa salam

Puasa adalah perisai, karenanya, pada hari puasa salah seorang dari kalian maka ia tidak boleh berkata jelek, membodohkan. Dan jika ia dihina seseorang maka hendaklah ia berkata " Aku orang yg berpuasa ".

Jika puasa adalah perisai dari kemaksiatan bagi seorang hamba di dunia, maka puasa dijadikan perisai dari panasnya api neraka. Untuk itu diwajibkan kita melaksanakan puasa yg wajib dan juga menjalankan puasa - puasa sunat seperti yang dicontohkan Rasullaullah.

2. Sedekah

Sabda Rasulullah Shallalu ' alaihi wa salam, " Sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api. "

Allah juga berfirman di Surat Albaqorah ayat 271 yang artinya : Jika kamu menampakan sedekah - sedekah kamu maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyukanya kepada orang - orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan - kesalahanmu.

Firman Allah ini menunjukan bahwa sedekah menghapus kesalahan - kesalahan yg kita lakukan , baik sedekah yg diperlihatkan maupun sedekah yg dirahasiakan, selama semuanya iklhlas hanya karena Allah.

3.Shalat Malam

Sabda Rasulullahu ' alaihi wa salam, " Dan shalat seseorang di tengah malam. " Maksudnya shalat malam juga mengahapuskan kesalahan seperti sedekah. Rasululullah mencontohkan bahwa waktu terbaik untuk sholat malam adalah tengah malam.

Waktu malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, mohon ampunan dari semua kesalahan yang kita lakukan. Diantara hikmah sholat malam adalah kita semakin dekat dengan Allah, dimudahkan semua urusan.

Tiga amalan itulah yang merupakan pintu - pintu kebaikan yang harus kita laksanakan agar kita terhindar dari kemaksiatan, endingnya kita akan semakin dekat dengan Allah dan menjadi manusia yang bertaqwa.

Kajian selesai Pukul 08.30 diahiri dengan doa kafaratul Majelis, setelah pengajian dilanjutkan silaturahmi ke rumah Ibu Bedrus karena akan menjalankan ibadah umroh, semoga Allah meridhoi langkah kecil kita.

# indahnya ngaji# cinta terbaikku# cinta tak pernah salah# Mgl 30 April 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post