Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Orang Hidup Dengan Ujiannya Masing -Masing

Orang Hidup Dengan Ujiannya Masing -Masing

Orang Hidup Dengan Ujianya Masing - Masing

# Mengikat Makna #

Hari ini saya tidak ada jadwal mengawas Penilaian Akhir Semester, beberapa kawan juga sama sepertiku, free tidak mengawas. Kami tetap hadir di sekolah, saya gunakan waktu untuk menyelesaikan beberapa spj kegiatan beberapa minggu yang lalu yang belum kelar.

Sedang asik di depan komputer datang seorang teman yang ingin curhat, saya berhenti dengan aktivitas komputer dan siap untuk jadi teman curhat. Teman saya sangat bersedih karena suaminya yang beberapa minggu yang lalu menjalani operasi di paha karena ada benjolannya, ternyata hasil PA nya positif dan harus menjalani kemoterapi. Saya mendengarkan semua keluh kesahnya tanpa menyela sedikitpun, sesekali ku tepuk punggungnya dan kugenggam tanganya dengan maksud untuk menguatkanya.

Jadi teringat kemarin juga teman yang jaga PAS bersama saya juga bercerita bagaimana suaminya maunya menang sendiri, dan tidak perhatian keluarga. Beberapa teman juga bercerita tentang masalah kehidupanya yang ternyata sangat beragam.

Manusia hidup tak pernah lepas dari masalah, selalu ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada. Manusia hidup dengan ujianya masing - masing, dan semua ujian sudah ditakar sesuai dengan kemampuan kita.

Ketika kita dihadapkan pada cobaan atau masalah hidup, tentu dibutuhkan etos super untuk mengadapinya, masalah ada untuk diselesaikan bukan untuk di sesali apalagi menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain atau bahkan menyalahkan Allah.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, dan kita harus bisa mengahadapinya, tidak menunda untuk menyelsaikanya, atau membiarkan tanpa penyelsaian. Semua harus dilewati dan semua harus dijalani.

Ada tiga kunci yang bisa kita gunakan untuk menguatkan diri ketika masalah atau cobaan datang dalam hidup kita yaitu:sabar, syukur dan ihklas.

Kita harus bersabar dengan cobaan yang kita hadapi, bersabar berarti bisa menerima semua cobaan yang kita hadapi tanpa mengeluh, dan selalu berbaik sangka kepada Allah.

Bersyukur atas cobaan yang diterima, ketika bersyukur maka hati akan menjadi tenang dan mudah mencari solusi dari semua masalah, pikiran menjadi jernih, karena merasa tidak hanya kita yang mendapat cobaan, tapi orang lain juga mendapatkan cobaan bahkan mungkin lebih berat.

Ikhlas menerima cobaan dari Allah, sekali lagi tidak menyalahkan siapapun dan berprasangka baik bahwa semua cobaan dari Allah akan semakin membuat dirinya kuat.

Sekali lagi kita hidup dengan ujianya masing - masing, tetap bersikap optimis dan berbaik sangka kepada Allah, jalani dan hadapi ujian dengan penuh kesabaran, kesukuran dan keihlasan, insya Allah kita akan lulus ujian dan naik tingkatan.

# muhasabah diri #cinta terbaikku #cinta tak pernah salah #aimafarhasfirsayaning #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimksh Bu ... Alhamdulillah menguatkan

24 May
Balas

Sabar syukur ikhlas... saya suka itu bu

24 May
Balas

Sabar syukur ikhlas... saya suka itu bu

24 May
Balas

Iya bu Hamidah, baarakallah

24 May



search

New Post