Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pikiran Mempengaruhi Fisik

Pikiran Mempengaruhi Fisik

# Mengikat Makna #

Siang ini udara sangat panas, ketika saya masuk di kelas X Ak 1 kulihat beberapa siswa sedang berusaha menghilangkan rasa panas dengan buku yg difungsikan sebagai kipas. Saya memulai pelajaran dengan salam, " Assalamualaikum. Wr. Wb, Senang sekali hari ini Ibu bisa bertemu dengan siswa terbaik di kelas X AK 1." serempak seluruh penghuni kelas mejawab, " Waalaikum. Salam wr. wb, kami juga senang bertemu dengan guru terbaik di kelas X AK 1." dilanjutkan tepuk tangan memenuhi ruang kelas kami.

" Anak - Anakku, topik kita hari ini adalah:Pikiran mempengaruhi fisik." Apakah kalian percaya dengan hal ini? Sebagian penghuni kelas langsung menjawab percaya, sebagaian lagi berkata tidak percaya.

Saya menjelaskan bahwa bahwa apa yang sedang dipikirkan bisa mempengaruhi fisik kita. Fisik kita akan merespon dari pikiran kita. Agar lebih jelas saya ajak seluruh siswa untuk melakukan apa yang saya ucapkan.

Anak - anakku, pejamkan matamu dan bayangkan saat ini kalian memegang sebuah jeruk di tangan kanan, dan tangan kiri memegang pisau yang sangat tajam, dan di depan kalian terdapat sebuah meja. Saya meminta seluruh siswa untuk menghayalkan bahwa jeruk itu di letakkan diatas meja dan memegangnya, sedangkan tangan kanan membelah jeruk itu menjadi dua bagian. Seluruh siswa di kelas menganggukan kepala tanda mengerti perintahku.

Saya meminta seluruh siswa meletakkan pisau diatas meja, dan mengambil separuh jeruk yang sudah di belah untuk di dekatkan ke mulut. Pada saat itu aroma jeruk mulai tercium. Lalu saya berkata kepada seluruh siswa, "Sekarang dekatkan jeruk itu ke hidung kalian, hirup aromanya dan rasakan di sekujur tubuh. Dekatkan ke mulut, masukkan ke mulut kalian dan kunyahlah. Rasakan jeruk yang pahit, asam, dan getir di mulut kalian. Sebagian sarinya menetes dari mulut kalian dan membasahi bibir kalian, dan sebagian lagi masuk ke tenggorokan yang membuat kalian muntah...

Apa yang terjadi kemudian, hampir seluruh siswa di kelas rasanya ingin muntah, bahkan ada yg benar muntah di kelas. Setelah itu saya meminta anak-anak untuk membuka mata. Saya bertanya kepada seluruh siswa dikelas dan mereka menjawab bahwa apa yg saya katakan seakan-akan benar - benar terjadi dan tubuh meresppon semua yg diucapkan dan dipikirkan yang menyebabkan mereka benar - benar ingin muntah.

Setelah itu Saya bertanya kepada seluruh isi kelas, " Apakah Akal dan tubuh saling memengaruhi,? Mereka serempak menjawab, " iya Bun. " Saya tersenyum karena siang ini telah mengajarkan anak2 untuk bisa memahami sebuah topik bahasan, saya menutup pelajaran dengan perkataan " Akal dan tubuh saling mempengaruhi " kuberikan salam perpisahan dan seperti biasa seluruh siswa menjawab salam dan mengucapkan terimakasih. Semoga bermanfaat.

# asiknya jadi guru#

Magelang, 17 April 2018 #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

#bahagianyajadiguru#...,subhanallah. Baarakallah...bunda.

17 Apr
Balas



search

New Post