MUSDAR

MUSDAR, S.Pd.M.Pd adalah seorang Hamba Allah, dilahirkan di Pasar Kambang pada 12 Desember 1973 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Bar...

Selengkapnya
Navigasi Web
BERSABAR ITU INDAH

BERSABAR ITU INDAH

BERSABAR ITU INDAH

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Gurusiana dari seluruh tanah air berjumpa lagi dengan artikel saya pada tantangan hari ke-6 mengisi rubrik kolom dengan judul : “Bersabar Itu Indah”. Artikel ini bersumber dari https://www.facebook.com/groups/2270568969883887/.

Sepanjang kehidupan kita, ujian dan cobaan datang silih berganti karena makna kehidupan itu sendiri adalah bagaimana menghadapinya. Ujian dan cobaan kehidupan adalah tantangan yang akan memilah mana orang yang tahan uji dan mana orang yang lemah, mana orang yang beriman dan mana orang tidak beriman.

Bagi seorang mukmin kehidupan akan selalu mendatangkan keberuntungan karena ia bersyukur ketika memperoleh nikmat dan bersabar ketika menghadapi kesulitan. Sebaliknya orang tak beriman selalu tak beruntung, ketika memperoleh nikmat ia lupa diri dan ketika menghadapi kesulitan berat ia lupa ingatan.

Sabar ialah tabah hati tanpa mengeluh dalam menghadapi cobaan dan rintangan, dalam jangka waktu tertentu, dalam rangka mencapai tujuan. Islam mengajarkan bersabar itu indah.

Pertama, tahan ketika menghadapi hantaman pertama. Rasulullah pernah bersabda :

Innamassabru indassad matil uulaa.Artinya:Sabar yang sesungguhnya ialah ketika menghadapi hantaman pertama.

Kedua, ketika ditimpa musibah, segera mengingat Allah dan mohon ampunannya. Firman Allah,‘(Orang-orang yang sabar ialah) mereka yang ketika ditimpa musibah, berkata, ‘sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Nya.’ (Al Baqarah: 156).

Ketiga, tidak menampakkan musibahnya kepada orang lain, seperti yang dicontohkan oleh istri Abu Talkhah (Ummu Sulaim) ketika ditinggal mati anaknya. (dikisahkan dalam hadis Riwayat Muslim).

Keempat, sabar menghadapi semua cobaan dengan ikhlas kepada Allah. Allah berfirman dalam hadis Qudsy, ‘HambaKu yang mukmin, yang bersabar dengan pasrah kepadaKu ketika kekasihnya Aku panggil kembali (mati), kepadanya tak ada balasan yang layak dari Ku selain surga.’(HR. Bukhari). Wallahu A'lam… Demikian saja artikel saya pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat. Barakalahu Fiikum. See you ….

Room corner, 15 Februari 2021 (3 Rajab1442 H)

MUSDAR, S.Pd.M.Pd

Guru IPA SMP N 1 Batang Kapas

Pesisir Selatan Sumatera Barat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya juga berlatih sabar. Keren ulasannya. Salam kenal dan salam literasi.

15 Feb
Balas

MasyaAllah. Barrakaullahu fiikum

16 Feb
Balas

Ulasannya mantap pak. Sukses slalu

15 Feb
Balas

Amazing banget ulasannya pak, salam literasi dan izin follow

15 Feb
Balas

mantap ulasannya pak, semoga kita bisa jadi orang yg sabar

15 Feb
Balas

Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang bersabar. Salam literasi.

15 Feb
Balas



search

New Post