Mustakimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Meningkatkan Hasil Belajar

Meningkatkan Hasil belajar Kimia Kelas X Teknik Elektronika

menggunakan METODE pembelajaran LEARNING TOGETHER

Mustakimah

SMK NEGERI 1 TAMBUN UTARA

Jl. Raya Srijaya No. 2 Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi 17510

2023

Pendidikan sebagai suatu usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi manusia seutuhnya berjiwa Pancasila.Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional juga menyatakan sebagai berikut:

“Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”

Disamping itu, pendidikan juga merupakan suatu sarana yang paling efektif dan efisien dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk mencapai suatu dinamika yang diharapkan.

Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik antara lain :

Kemampuan kognitif peserta didik dalam pemahaman konsep – konsep Pendidikan kimia masih rendah, Pembelajaran yang berlangsung cenderung masih monoton dan membosankan, Peserta didik tidak termotivasi untuk belajar Kimia.

Hasil belajar yang dicapai menurut Nana Sudjana, melalui proses belajar mengajar yang optimal ditunjukan dengan ciri – ciri sebagai berikut:

1. Kepuasan dan kebanggaan yang dapat menumbuhkan motivasi belajar intrinsic pada diri siswa. Siswa tidak mengeluh dengan prestasi rendah dan ia akan berjuang lebih keras untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankanya apa yang telah dicapai.

2. Menambah keyakinan dan kemampuan dirinya, artinya ia tahu kemampuan dirinya dan percaya bahwa ia mempunyai potensi yang tidak kalah dari orang lain apabila ia berusaha sebagaimana mestinya.

3. Hasil belajar yang dicapai bermakna bagi dirinya, seperti akan tahan lama diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari aspek lain, Kemauan dan kemampuan untuk belajar sendiri dan mengembangkan kreativitasnya.

4. Hasil belajar yang diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni mencakup ranah kognitif, pengetahuan atau wawasan, ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotorik, keterampilan atau prilaku.

5. Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan diri terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan usaha belajarnya.

Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mencapai hasil belajar, Setelah melaksanakan proses belajar mengajar yang optimal sesuai dengan ciri-ciri tersebut di atas.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran kimia pada aspek menanamkan karakter yang baik pada peserta didik melalui penerapan metode learning together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Elektronika yang berjumlah 36 siswa.Tempat penelitian di SMK Negeri 1 TAMBUN UTARA.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari satu siklus.,dengan prosedur:

(1) Perencanaan,

(2) Implementasi tindakan,

(3) Observasi,dan

(4) refleksi.

Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah catatan di lapangan,kuesioner dan catatan siswa. Personal yang terlibat dalam penelitian ini adalah peneliti, siswa kelas X Teknik Elektronika, dan kolaborator. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Tabel 4.1 Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa Materi Konsep mol

NO

NAMA SISWA

NILAI

KETERANGAN

1

ADI PIRMANSYAH

80

TUNTAS

2

AHMAD FIFAI

85

TUNTAS

3

AIRA KEYSA

78

TUNTAS

4

ALAN ADIANSYA

70

TIDAK TUNTAS

5

ANDREAN SAPUTRA

78

TUNTAS

6

DAFRIZAL.R

75

TIDAK TUNTAS

7

DINAH MAYRANA

78

TUNTAS

8

ELANG PANDU

80

TUNTAS

9

FAHRI ALLATIF

85

TUNTAS

10

IIN JULIANTI

80

TUNTAS

11

INDRI DWI.A

78

TUNTAS

12

JENISASKIA PUTRI

85

TUNTAS

13

KAYLAH REGINA

80

TUNTAS

14

KARDILAH PUTRI

78

TUNTAS

15

KAYLA DWI.A

80

TUNTAS

16

MEGA AULIAH

80

TUNTAS

17

MISKA AYU

78

TUNTAS

18

M.ALDIAMSYAH

70

TIDAK TUNTAS

19

M.FADIL FAUZI

75

TIDAK TUNTAS

20

M.RISKI

76

TUNTAS

21

M.FAHRI AFRIZAL

85

TUNTAS

22

MUTIARA

80

TUNTAS

23

NADWA QORINA

80

TUNTAS

24

NAYLIH ALFIYAH

78

TUNTAS

25

NAYLASARI

78

TUNTAS

26

NAYLA TRI.A

80

TUNTAS

27

NURAZIZAH

78

TUNTAS

28

PRIYANAH

85

TUNTAS

29

RADITA OKTAPIANI

80

TUNTAS

30

RAHAYU NUR

85

TUNTAS

31

RISKA EFENDI

82

TUNTAS

32

RISKI SETYA.M

76

TUNTAS

33

SASKIA RENATA

78

TUNTAS

34

SEPTI RAMADANI

83

TUNTAS

35

TIARA ALISA

80

TUNTAS

36

ULAN KASARIH

80

TUNTAS

Tabel 4.2 Rekapitulasi Nilai Siswa

NO

NILAI

FREKUENSI

PERSENTASE

1

70-75

4

11,1

2

76-80

25

69,4

3

81-85

7

19,5

JUMLAH

36

100

Refleksi

Berdasarkan data di atas dapat direfleksikan:

a. Proses pembelajaran sudah mencapai tujuan pembelajaran

b. Kegiatan belajar menarik perhatian siswa

c. Perserta didik yang memperoleh nilai rendah sedikit

d. Perserta didik termotivasi belajar kimia pada materi konsep mol

Temuan penelitian ini adalah kreativitas siswa kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Tambun Utara mengalami peningkatan yang signifikan. Terbukti 11,1 % siswa yang mendapat nilai dibawah KKTP.

Salah satu strategi pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran dalam metode pembelajaran Learning Together. Menurut (Slavin E. Robert (ed) et all 1985), Learning Together adalah metode pembelajaran kooperatif dimana siswa dikelompokkan dalam beberapa grup untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Mengutip Johnson&Johnson (1974), lanjut Slavin, dengan metode itu, siswa saling mendorong dan membantu antar sesama kelompok. Model pembelajaran Learning Together adalah salah satu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran (student oriented). Dengan suasana kelas yang demokratis, yang saling membelajarkan member kesempatan peluang lebih besar dalam memberdayakan potensi siswa secara maksimal.

Dalam pembelajaran kimia menerapkan karakter yang baik ,sangat penting untuk meningkatkan kreativitas siswa, dengan metode Learning Together dapat ditinjau dari berbagai aspek. Berikut disajikan tabel yang mendeskripsikan peningkatan kreativitas pembelajaran kimia.

Secara keseluruhan metode pembelajaran Learning Together dalam meningkatkan pembelajaran aplikasi mampu memberikan dampak positif dengan adanya data yang diperoleh. Data tersebut diperoleh dari hasil peningkatan rata-rata. Peningkatan kreativitas tersebut memberikan informasi bahwa metode pembelajaran Learning Together efektif terhadap pembelajaran kimia dalam Praktek berdiskusi mememecahkan masalah pada materi konsep mol untuk menentukan mol jika diketahui massanya.

Penulis menyadari bahwa terwujudnya PTK ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak.Oleh sebab itu,pada kesempatan ini,dengan segala kerendahan hati penulis menghaturkan terima kasih kepada:

Firdaus. B. Sellomo, S.Pd Kepala SMK Negeri 1 Tambun Utara yang telah memberikan perhatian dan keleluasaan penulis dalam pelaksanaan PTK ini.

Peserta didik SMK Negeri 1 Tambun Utara atas kerjasama yang baik dan waktu yang telah diluangkan untuk membantu proses pengambilan data Penelitian Tindakan Kelas.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Akhirnya dengan penuh kesadaran bahwa penulisan artikel PTK ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran sangat penulis harapkan. Semoga Artikel PTK ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Referensi

Sugiyono.2007.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto.1999.Instrumen Penelitian.Bandung:Alfabeta.

Tim Penyusun.005.Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga.Jakarta:Balai Pustaka.

Wiratmadja.2008.Classroom Action Research.Jakarta:Tiga serangkai.

Yoni,Acep.2010.Menyusun Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta:Familia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post