Mutahara Imran

Guru Bahasa Inggris pada MTsN 1 Bulukumba Sulawesi Selatan...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAT dimasa Pandemi Covid -19

PAT dimasa Pandemi Covid -19

Penilaian Akhir Tahun (PAT)atau dulu kita sering menyebutnya Ulangan Kenaikan Kelas , atau Ulangan Akhir Semester yang kemudian berubah nama menjadi Penilaian Akhir Tahun (PAT),sesuai dengan Permendikbud No 23 tahun 2016. Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir Semester Genap . Saat ini pelaksanaan Penilaian Akhir Semester itu sudah harus dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Di masa Pandemi Covid -19 ini ,saat diberlakukan protokoler kesehatan yang harus stay at home atau tetap di rumah tidak menjadi alasan untuk meniadakan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Penilaian Akhir Tahun tetap dilaksanakan dengan berbasis online, ini dilakukan agar siswa tetap bisa menegerjakan soal PAT meskipun mereka tetap berada di rumah dengan menggunakan perangkat yang dimiliki seperti laptop,tab,dan handphone yang berbasis android

Dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun berbasis online ini , bagi kami yang tinggal di pelosok peran aktif para guru terutama para wali kelas sangatlah penting ,mereka diharap tetap memantau para siswa saat pelaksanaan ujian . Karena masih ada beberapa orang siswa yang belum memiliki Handphone berbasis android yang disebabkan oleh faktor ekonomi, ataupun memiliki handphone tetapi jaringan yang kurang mendukung. Untuk kasus seperti ini para wali kelas terjun langsung dengan mengunjugi siswa untuk memberikan soal Penilaian Akhir Semester (PAT). Agar peserta didik bisa mendapatkan nilai akhir.

Pelaksanaan PAT dimasa Pandemi Covid ini ,dimana penilaian Akhir dilaksanakan di rumah, maka peran orang tua sangatlah diharapkan pula. Kerjasama orang tua atau wali dengan wali kelas haruslah ada, untuk mendisiplinkan siswa dalam memngerjakan soal PAT, karena waktu yang digunakan sangatlah terbatas , sehingga siswa harus betul- betul memanfaatkan waktu yang diberikan. Waktu mengerjakan soal harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Kerjasama yang baik antara Guru/wali kelas dengan orang tua akan menjadikan pelaksanaan PAT ini berjalan sukses dan terkendali,sehingga para peserta didik bisa mendapatka nilai akhir yang memuaskan, meskipun kita berada dalam pandemi Covid – 19.

Tantangan Menulis Hari ke- 84

TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul, bunda!

09 Jun
Balas

Terima kasih Bu.

09 Jun



search

New Post