Mutamimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berolahraga dan Berkarya Menyehatkan Jiwa Raga

Berolahraga dan Berkarya Menyehatkan Jiwa Raga

Berolahraga dan Berkarya Menyehatkan Jiwa Raga

Oleh: Mutamimah, S.Pd

Berolahraga merupakan kegiatan yang mudah, murah dan praktis dalam menjaga kesehatan tubuh.Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dengan memelihara fungsi organ tubuh dan meningkatkan daya tahan atau stamina. Nah apa sih olahraga itu, dan apa sih manfaat dari berolahraga?. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia kata olahraga diartikan sebagai gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Berdasarkan pengertian tersebut berolahraga dapat memberikan beragam manfaat positif antara lain sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Untuk mencegah penyakit jantung dan stroke bisa berolahraga secara murah dan ringan seperti jalan santai di pagi hari minimal satu minggu sekali secara rutin, cukup dengan 30 menit saja.

2. Mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Melakukan aktifitas fisik secara benar dan rutin mampu mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil terutama pada penderita diabetes tingkat 2. Tidak hanya itu rutinkan berolahraga untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu diabetes.

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil.

Bagi orang sehat berolahraga secara rutin bisa mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan bagi penderita hipertensi olahraga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Nah, olahraga seperti apa sih yang cocok untuk menurunkan tekanan darah? Contohnya, berenang, bersepeda, jogging dan jalan santai.

4. Menjaga tubuh tetap bugar dan kuat saat memasuki usia lanjut.

Tak hanya bagus bagi kaum muda, tetapi olahraga juga sangat baik bagi lansia. Berbagai olaraga, seperti bersepeda, berenang, dan senam lansia terbukti dapat membuat lansia lebih bugar.

5. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Beragam olahraga, seperti jalan kaki, sepak bola, bola basket, atau aerobic, dapat memperkuat otot , tulang dan sendi. Berbagai riset telah menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Selain berolahraga secara rutin agar tubuh kita tetap sehat dan bugar hingga masa tuan nanti, kita perlu memperhatikan asupan atau nutrisi otak dengan cara senantiasa berkarya. Nah, dalam berkarya sebenarnya tidak terbatas pada bidang tertentu saja lho. Sebuah penelitian di Selandia Baru, telah menemukan bahwa terlibat dalam kegiatan yang memunculkan sisi kreatif akan dapat mengarah pada rasa bahagia, kepuasaan, tingkat stress rendah, sehat secara fisik dan mental serta dapat menjaga kualitas hidup yang baik. Berdasar pada hal tersebut, aktivitas apa saja sih yang bisa mengahasilkan suatu karya?. Berikut ini contoh aktivitas yang dapat menghasilkan suatu karya antara lain:

1. Menulis.

Nah, ternyata kegiatan menulis dapat membuat orang sebagai sarana refresing. Hal ini dikarenakan seseorang akan dapat menuangkan berbagai topik yang menarik, isi hati, membuat artikel yang sedang hits, mereview produk yang digemari, sampai dengan menulis tips dan trik tentang hal yang lagi ditekuni.

2. Memasak.

Memasak merupakan kegiatan yang dapat mengurangi stress secara efektif. Mengapa hal itu bisa terjadi?, karena seseorang akan dapat berkreasi dengan membuat menu baru, dan disukai samapi dengan membuat comfort food lezat. Nah, kalau sudah jago masak bisa membuat produk makanan yang bisa dijual tentunya dapat mengahsilkan uang.

3. Menjahit atau Merajut.

Keterampilan menjahit atau merajut, menurut pakar body/mind terkemuka di dunia dari Universitas Hardvard, Herbert Benson, M.D., mengatakan bahwa kegiatan kerajinan tangan yang dilakukan berulang-ulang dan berirama, bisa membangkitkan respons relaksasi atau perasaan tenang pada tubuh dan mental kita. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan serta mengurangi berbagai risiko terutama pada penyakit jantung, kecemasan dan depresi.

Berolahraga dan berkarya selain menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar juga dapat mengahsilkan pundi-pundi rupiah lho. Nah, siapa sih yang dalam hidupnya ini ingin tetap sehat walafiat hingga masa tua. Tentunya harus rajin berolahraga dan senantiasa berkarya untuk diri, keluarga, dan bangsa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post