Mutamimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Merdeka Mengajar Siswa Bersahaja

Guru Merdeka Mengajar Siswa Bersahaja

Guru Merdeka Mengajar Siswa Bersahaja

Oleh: Mutamimah, S.Pd

Siapa sih yang tidak kenal dengan sang guru. Nama itu sudah tidak asing lagi di masyarakat. Guru (teacher) adalah seorang tenaga pendidik professional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, dan melakukan evaluasi kepada peserta didik. Sedangkan menurut UU. No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen menyatakan bahwa guru adalah tenaga pendidik professional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Nah berdasarkan pada hal tersebut maka, guru memiliki kemerdekaan dalam mengajar siswa atau anak didiknya. Konsep merdeka mengajar tersebut dicetuskan oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dengan meluncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Merdeka Mengajar bukan berarti guru diberi kebebasan dalam mengajar, akan tetapi upaya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mampu berpihak pada peserta didik atau siswa. Konsep Merdeka Mengajar yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut merupakan gagasan dari Ki Hajar Dewantara yaitu membebaskan guru dan peserta didik atau siswa dalam menentukan sistem pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.

Merdeka mengajar sejatinya adalah guru dan siswa atau peserta didik mempunyai kebebasan dalam berinovasi, dan bertindak dalam proses belajar mengajar (PBM), yang berarti guru tidak monoton dan memilki kebebasan melakukan berbagai variasi dalam pembelajaran. Mampu membangun suasana aman, nyaman dan menyenangkan. Perlu diketahui bahwa pembelajaran yang menyenangkan adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi untuk menciptakan lingkungan belajar efektif dan kondusif. Darmansyah, 2010 mengatakan bahwa pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, dan bangkitnya minat belajar murid. Serta adanya keterlibatan murid, penuh perhatian, serta semangat, konsentrasi tinggi dalam belajar. Nah, mengacu pada pendapat tersebut maka, seorang guru dalam menerapkan merdeka mengajar, bahwa pelaksanaan pembelajaran tidak harus di dalam kelas. Sesekali guru dapat mengajak peserta didik untuk belajar di luar kelas. Dengan demikian siswa akan terasa rileks, senang dengan suasana yang berbeda. Tidak hanya siswa saja yang rileks sang guru juga. Pembelajaran menjadi menyenangkan. Teknis pembelajaran di luar kelas dengan diskusi suasana outing class, guru dapat mensetting peran peserta didik lebih ditonjolkan dalam mengemukakan pendapatnya serta keaktifannya. Siswa tidak hanya monoton mendengarkan penjelasan dari sang guru. Sehingga akan terlatih keterampilan mereka dalam mengemukakan pendapat, membentuk karakter bertanggungjawab, berani, mandiri, serta terasah kemampuan kompetensinya.

Dalam merdeka mengajar sang guru dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Nah apa sih model pembelajaran berdiferensiasi itu? Yaitu pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan siswa. Dengan kata lain, model pembelajaran ini memberikan keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan minat dan profil belajar siswa. Guru juga memberikan fasilitas kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya dengan tidak membeda bedakan.

Disinilah tampak kemerdekaan mengajar bagi guru dan memunculkan kebagiaan atau kesahajaan bagi siswa, dan pada akhirnya lahirlah generasi penerus yang cerdas, mandiri, bertanggungjawab dan berahlaqul karimah serta diharapkan mampu menghadapi tantangan hidup di zamannya.

Jember, 15 Mei 2923

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post