MUTMAINAH, S.Si

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

KEKAYAAN BUKAN SEGALA-GALANYA

KEKAYAAN BUKAN SEGALA-GALANYA

Aku adalah seorang guru di sebuah SMA negeri di Kab. Siak. Aku lahir di Padang sekitar 47 tahun yang silam. Ayahku seorang pedagang dan ibuku wanita rumah tangga. Mulai dari aku lahir hingga aku kelas V sekolah dasar, hidup keluarga kami sangat berkecukupan dan mewah. Keluarga kami cukup terpandang di masyarakat.

Walaupun keluarga kami hidup berkecukupan, tapi ayahku selalu mengajarkan sebuah kebiasaan untuk hidup susah. Kata ayahku, jangan biasakan hidup manja, nanti kalau pas hidup susah jadi berabe. Kami sangat jengkel sekali. Aku menggumam dalam hati, kenapa ayah doanya jelek sekali. Aku tidak berani bilang ke ayah layaknya anak-anak zaman sekarang. Tau sendirilah orang tua zaman dulu.

Keadaan menjadi berubah 180⁰ tatkala ayahku mulai jatuh bangkrut. Hampir semua orang mulai menjauh, membenci dan membicarakan kami. Pamanku, tanteku, teman ayahku dan kerabat dekatnya serta tetangga-tetanggaku. Hari demi hari kami lalui dengan penuh tangisan kesedihan, kepiluan, kemarahan, kejengkelan dan kebingungan. Semua bercampur aduk. Apa salahku, saudara-saudaraku, ayahku, ibuku? Apakah orang yang jatuh miskin begitu hina dina dan orang kaya jadi kawan dan tuhan manusia?

Aku sangat putus asa. Keluarga kami sangat terhukum. Dalam keadaan putus asa, kami tersadar dan bangkit. Jawabannya hanya satu, dekati Allah. Hanya Allah yang bisa memberikan solusi tuk semua ini. Hanya Allah yang mau mendengar rintihanku dalam suka maupun duka. Sementara manusia… kebanyakan hanyalah butuh pangkat dan harta. Semua dipandang dari segi harta. Astaghfirullah.

Terima kasih ya Allah. Engkau telah tegur kami, sehingga kami tersadar dari kemegahan dan kesombongan ini. Dunia ini seperti tidak ada artinya. Masih ada yang jauh lebih kaya dari manusia terkaya manapun di dunia, yaitu Allah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow,buk mut dak bisa menulis.

26 Jan
Balas

Maaf buk mut,maksudnya dah bisa.keren gitu

26 Jan
Balas



search

New Post