Naja Umar

Penulis bernama Najalaili Umar. Di sela-sela kesibukannya sebagai guru Matematika di MAN 4 Aceh Timur, ia mengembangkan hobbinya yaitu menulis. Bergabung bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
Al-Mulk Sebelum Mimpi

Al-Mulk Sebelum Mimpi

TG-11

Surah Al-Mulk, merupakan satu diantara banyak surat terpilih yang dianjurkan untuk sering dibaca, diamalkan setiap hari. Surat ini merupakan surat yang ke-67 dalam Al-Quran dan terdapat 30 ayat didalamnya dan hanya membutuhkan kurang dari 15 menit jika dibaca dengan pelan dan dinikmati. Jika sudah hafal, tentu akan lebih lancar, bacaannya akan lebih mudah untuk diresapi.

Rasulullah telah mengingatkan jauh-jauh hari bahwa ada banyak keutamaan dalam surat mulia ini.

"Dari Ibnu Abbas Rasulullah SAW bersabda, "Surah Al-Mulk adalah surah pencegah, ia adalah surah penyelamat yang dapat menyelamatkan (pembacanya) dari adzab kubur", (HR At-Tirmidzi).

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW: 'Sungguh surah di dalam Al-Qur'an yang ayatnya ada 30 dapat memberikan syafa'at untuk yang membacanya, ia diampuni, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulku". (HR Ahmad, Abu Daud, At-Timidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah).

Berdasarkan dalil-dalil tersebut, semestinya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Faedahnya sungguh besar bagi setiap diri. Sebab semua kita akan menuju mati. Seperti kita tahu di dalam kubur tidak ada garansi. Siapapun akan di azab sesuai dengan janji. Tak peduli ia pejabat, konglomerat, orang berpangkat, atau rakyat jelata yang tak punya kursi. Semua akan tiba waktunya untuk mempertanggung jawabkan setiap amalan di dunia ini. Telah disebutkan dalam ilmu yang kita pelajari bahwa di dalam kubur sempit sekali, tak akan nyaman bila iman tak benar dan amalan tak diperbaiki. Mungkar wa nangkir siap menyiksa tak pakai hati. Entah bagaimana, yang jelas berita kubur selalu membuat buku kuduk berdiri.

Dan ternyata Rasul telah menunjukkan kita sebuah kunci. Untuk dipakai dengan harapan dapat terhindar siksa yang ngeri. Hadist di atas terlihat jelas untuk dimengerti. Membaca Al-Mulk insyaaAllah meringankan kita dari azab kubur nanti.

Amalkan saja setiap hari. Bacalah surah Al-Mulk dengan tartil dan coba pahami. Setelah biasa membaca Al-Mulk menjadi hobby. Bukankah aktivitas ini juga bagian dari budaya literasi? Iqra’ itu merupakan literasi Qurani. Membacanya menjadikan ia cahaya yang akan selalu menyinari.

Jadi, mari kita amalkan membaca Surah Al-Mulk setiap hari. Jadikan ia literasi sebelum mimpi. Jangan lupa selalu berharap ridha Ilahi.

Self Reminder

Ktb, 21 Februari 2022.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post