Nalti Nasution

An English teacher at MTsN 1 South Tangerang, Pamulang. Graduated from UIN Jakarta & UM Malang. Come from North Sumatera, Tg. Balai Asahan. Double. Live in ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Foto itu mengingat kan ku
Foto itu mengingatkan ku

Foto itu mengingat kan ku

Ku mulai dari Mana ya? Sebenernya lg sibuk niih ngecek tgs siswa & mengolah nilai. Tapi tak sengaja menemukan foto kue telapak kaki di fb. Senyum sendiri ingatan ku pun kembali. Kyknya pengen nulis cerita sebentar ah... Pikirku.

Duluuu... Zaman old thn brp ya??? Mngkn SMP thn 95 an bukan 45 an ya... 

Waktu itu aku dan kakak ku biasa suka membantu bantu adek emak yg kami panggil ibu nor utk membuat kue Hari Raya. Hari itu seperti nya malam hari, Aku pun minta izin "Maaaak kami ke rumah Ibu nor yaaaa mau bantu bikin kue."  Teriak ku. Lupa Aku, emak  menjawab teriakan ku apa tdk ya waktu itu?? Ah sdh lah, Kami  pun berlalu. 

Jarak rumah Ibu nor dari rumah kami ya +- 100m Kali, tdk jauh2 amat (eh jd ingat ayah, org2 memanggilnya Pak Amat padahal Ayah jendral lho "AH H. Nasution, heee.... ga ding becanda cuma memang nama itu yg tertera di dpn rumah, AH.H . NASUTION. Bangga rasanya, klw org datang ke rmh pasti membaca tulisan itu & berkata "Ayah nya Jendral ya? Pdhl cuma ngedompleng nama, hihi....nama lengkapnya ayah AHmad Husin Nasution, Allahummagfirlahu warhamhum wa'afihi was"fuanhu, sekalian jg ah doa buat emak Allahummagfirlahaa warhamhaa wa'afihaa wa'fuanhaa. Smg Allah menempatkan mereka di sisiNya yg terbaik. Aamiin.)  Sory ya ada iklan sejenak... Kita tinggalkan dl mrk, yuuuk lanjut cerita...

Kami pun tiba di rumah Ibu nor. "Assalamu alaikuuuum" Aku berteriak memberi slm dr luar. "Siapa?" Kata suara dr dlm rumah. Sepertinya itu si Opa, adek sepupu ku, gumamku. "Kak Ente pa, jawabku. Nama sepupuku itu sebenernya Nova tapi kami suka memanggilnya opa. Klw Aku suka dipanggil kak Ente. Pdhl namaku tak ada 2 nya lho, Nalti, Gaya luh, tapi kok dipanggil Ente. Yaah sudah lah bgitu adanya. 

Kami pun beranjak masuk. "Oh kak ente sm kak indith", (indith jg nama panggilan, ah dr td cerita nama2 terus). Kata sepupuku, "masuk kak" Lagi bikin kue ya pa? Kataku sambil kami berjalan ke dapur. Sebenarnya klw ku ingat2 ngebantu bikin kue hanya sekedarnya mngkn lbh banyak mainnya.

"Bu apa yang mau di kerjain nih?" Kata ku dan kakak. "Sini, ini kismis tempelin di atas kue ini ya, ntr tinggal di panggang," kata Ibu nor. Saat itu kami membantu ibu nor membuat kue sultana namanya, sama dgn sejenis nastar. Hanya saja pembuatannya tdk di buletin satu2 bgitu, sprti nastar yg ku tahu d Jakarta. Klw di kampung nastarnya di jadiin satu loyang, di hamparin adonan selebar loyang, di pencet2, di pipihin di loyang, setelah rata, dilicinin dgn menggunakan plastik, di elus2, stlh rata & licin, nanas di taruh di atas loyang yg adonannya sdh nempel d loyang, nanasnya diratain jg selebar loyang tersebut. Terakhir Hal yg sangat sulit & menegangkan adalah, menempelkan adonan lainnya yg sdh di siapin sblmnya sama selebar loyang yg sdh di olesin nanas td, adonan itu sebagai penutupnya. Menjelaskannya saja aku sulit, (kok jd ingat iklan jaman dl, "Membaca saja aku tak mampu", hee.) Setelah penutupnya tertempel dgn baik, adonan yg sdh jadi itu diatasnya diolesin kuning telur yg sdh di tambah sedikit pewarna kue, mngkn butuh kuning telur sekitar 5 butir utk 1 loyang. Setelah terolesi dgn baik, di beri toping kismis yg jaraknya hrs diatur dgn rapih, agar nanti stlh matang, dipotong potongnya juga bagus. Bener2 deh pembuatan kue Sultana ini suguhan buat seorang Sultan, penuh dgn ketelitian & kehati hatian, agar Sultan terkesan. Hihi... Harusnya pembuatannya di videoin. Klw sekarang aku di minta utk membuat ya... Hadeuh... Angkat tangan deh. Beli aja nastar yg ada, mngkn sama rasa dgn Sultana wlw beda pembuatannya. Cari yg praktis2 aja deh. 

Lanjut cerita yg menegangkan ttg sultana. Malam itu kue sultana yg sudah endah &r ready utk di masukkan ke dlm oven. Ohya iklan sebentar, kita klw membuat kuih muih, menggelar tikar pandan dihampar dilantai, sprti itu, bkn di atas meja. Sekilas info.

Tiba2.... Nyeeeek..... Adonan yg endah tadi tdk endah Lagi. Aku bgitu ketakutan... Bagaimana ini.... Ibu nor maapin nalti.... Hatiku bergemuruh, gemetaran. Oh my God. Bagaimana bisa telapak kakiku berada di atas adonan yg tinggal di panggang. Langit serasa menimpaku. Takut & malu. Mau ku taruh dmn Muka ku. Akhirnya Aku pun kena marah, "Aduh naltiiii... Knp bgini, matanya kemana?" Kesal tante ku. Aku tertunduk, sedih krn dimarahin. Sebagai hukuman nya Aku di suruh utk menggiling kelapa parut sangrai dgn ulekan sperti mengulek sambal. Kelapa itu nantinya akan di pakai utk membuat kue jg. Dengan sedikit Mata berkaca kaca, aku melakukan nya. (Berkaca kaca atw menangis yaa???, 11 12 lah)

Sepertinya sejak saat itu di dlm hati Aku berjanji tdk akan ikutan utk membuat kue lg. Petaka itu selalu terkenang setiap thn hari Raya, (waktu itu d kampung halaman ku). Aplg mrk sodara2 ku sll mengingatkan ku ttg itu, meledek ku sambil berkata "Kue telapak kaki." Masih ingat ga ti? Sebel aku. Kenangan Masa Kecil Ku, yg pilu. Dulu... Tapi sekarang... Sudah Lupa tu... 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post