Nalti Nasution

An English teacher at MTsN 1 South Tangerang, Pamulang. Graduated from UIN Jakarta & UM Malang. Come from North Sumatera, Tg. Balai Asahan. Double. Live in ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Me & My wonderful mom
Ibunda

Me & My wonderful mom

Mom has a powerful spirit... U r a wonderful woman.

Ibu... semangat mu yg kuat membentuk kepribadian mu. Tdk ada kata menyerah dlm hidup mu. Cemoohan kau abaikan atau kau jadikan ramuan, krn pahit nya dpt berefek baik bagi pemulihan badan.

Kekuatan mu ditempa bukan di bangku2 ilmu, bukan di komunitas2 ibu2, yg biasa bersenda gurau menghabiskan waktu. Kau di takdirkan berada di lingkungan dimana kau bisa menghasilkan sesuatu utk anak2 mu. Lingkunganmu di tempat pembakaran batu, di pabrik2 kayu, & yg paling bertahan di pasar2 berbau. 

Aku sedikit bercerita tentang mu ibu, atas ingatan dimasa kecilku & di dewasa ku (dewasa atau tua???) Perasaan ku msh muda aja sih. Heee... Usia boleh tua tapi jiwa muda. 

Ohya nama ku sebut saja Melati, harum mewangi sepanjang hari,  ibu ku... Ah aku lebih suka panggil emak, emak saja ya..... Emak ku nama nya "Maimun Damanik" nama nya unik kan, kata org2 Maimun nama lalaki tapi atuk nenek ku memberikan nama itu utk emak. Bgitu lah adanya. Sementara org2 memanggil nya dgn sebutan "Emon" (nek Emon, wak Emon, kak Emon, sampai bang Emon pun ada). Jadi kadang di panggil juga abang2, mngkn krn emak besar tinggi, terlihat gagah, sperti akyuuuu.... Kata org2 juga aku gagah perkasa, aku fotocopyan emak.

Hanya saja aku suka heran kenapa waktu itu kalau ada ibu2 yg bertanya ke emak perihal diri ku, "ini anak ibuk? Penasaran mrk.

Belum sempat emak menjawab, kakak2 sudah nyamber duluan sambil berkata "Bukan buk.... anak boleh nemu, sambil senyum2. Si kakak2 jg bilang "nemu di tempat sampah bu". Aduuuh... Akaaaak ngebully nya kebangetan deh...  

Kalau dulu sih aku spontan  (Uuhuiiii.....) nangis sambil ngomong "Maaaak tengok lah kakak nii...." Kesal ku. Itu dulu tapi sekarang.... Bedaaaa.... Boleh Kan????  

Kemudian emak pasti ngomong "sudah itu... Senang kali lah kalian ngeledek adek mu itu"  Sela emak kpd kakak2.

Ini anak ku yg paling hebat buk, jagoan... Tapi hatinya gampang tersentuh alias cengeng, Kata ku, bukan kata emak, soal nya lupa, emak respon nya apa ya waktu itu, jadi ngarang aja deh. Heee... Tapi yg pasti emak membela ku.

Jika di lht2 memang paras ku agak berbeda sendiri dr kakak2 ku, klw mrk imut2 sprti ayah, tapi akuu.... amit2..., ga ding, 11 12 lah dgn Engelina jolie, bintang Hollywood atw Kajol, bintang Bollywood, klw sayah.... bintang Sembrawood (puas....puas...puas), pokoknya apa yg sudah d jelaskan di atas seperti itu lah aku. Aku gambaran emak ku, tapi tdk termasuk cengeng ku. 

Tapi apapun itu candaan kakak2 tidak pernah masuk dalam hati ku, sama seperti emak, omongan org2 yg tdk enak tentang dia, tidak pernah juga dia masukin dalam hatinya. Sekalipun pernah berselisih paham atw org marah2, dia tidak pernah dendam. Jadi teringat cerita kakak tentang adek nya emak yg begitu luar biasa sewotnya terhadap org yg bertengkar dgn emak, hingga tdk mau bertegur sapa dgn org tersebut, krn saking kesal nya. Sementara emak sdh berbaikan dgn org tersebut melupakan apa yg telah terjadi. Tapi tdk demikian dgn adeknya. Oh emak.... Oh tante....

Berarti kami berdua orangnya easy going ya? Let it be.... Just let gone be by gone. Yg lalu biar lah berlalu...

Pagi itu seperti biasa, sebelum shubuh emak sdh bangun. Bersiap-siap setelah sholat utk berangkat ke pasar.

"Tiii nanti jgn lupa bawa air satu ember ke depan", kata emak sambil membangunkanku.

"Hayo pada bangun sholat, sudah siang itu, nanti rezeki dipatok ayam", Begitulah emak membangungkan 5 anak perempuan nya setiap pagi di tambah 3 anak laki2. Banyak ya anak emak. 

Membawa air satu ember ke warung adalah tugas & tanggungjawab ku setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah maupun hari libur. Kadang kakak2 jg membantu membawakan dari dapur sampai ke pintu depan rumah, tdk sampai ke warung, soal nya mrk terutama my twin sista rada pemalu... atau malu2in???  Aku pun heran kenapa mrk sprti itu, suka malu ketemu org, pdhl mrk syantik2. Aneh ya. Aku lah yg sering jdii apa ya namanya??? Tumbal kali ya dlm melakukan sesuatu yg mrk tdk mau, namanya jg adek paling kecik. 

Setiba nya emak pulang dari pasar di sepanjang jalan mendekati warung sudah terdengar suara emak, "ikan tolong...ikan tolong... Hayuuu ibuk ibuk ikannya segar2 nih, sayur juga cakep2,"  teriak emak di atas becak dimana dia duduk di samping si abang becak yg keheranan pastinya, sambil melambaikan tangan bak ratu Elizabeth di dalam kereta kencana nya. Hihi... Emaaak... Emak, slogan "ikan tolong, nya membuat org penasaran, apa gerangan maksudnya. Kenapa dulu aku tdk terpikir utk menanyakannya ya, si Ikan Tolong. Hmmm... 

Emak itu serba bisa deh, selain perkasa, jiwa seni nya jg luar biasa, suaranya klw sudah bernyanyi waduuh... Kalah soimah. Jd terkenang ketika emak & aku nyanyi bersama, saat baring2 santai di lantai, emak menyanyikan lagu2 lama kesukaannya yg reff nya Lbh kurang sprti ini "Biarlah segala penderitaan, bersama ratap tangis semua, menambah indahnya perpisahan & mesranya saat bersua, andai terdengar hamba tak pulang, hilang lenyap tidak kembali, jenguk pusara taburkan kembang, walau setahun hanya sekali"  satu lagi ya lagunya "Kala berkayuh...menuju pantai...kerap bersua...ragam halangan...tidak semua hasrat Kan sampai...Kadang terbentur...ditengah jalan...Tapi bila kaki...telah melangkah...jgn dikenang lg akan kembali, walaupun tiang layar berderak patah, namun sblm sampai jangan berhenti. Hmmm.... Lagu2 lama kasidah & melayu Itu memang sgt bermakna & mengandung pesan mendalam. Aku begitu menikmatinya, sesekali ikut nyanyi bersama wlw suara ku yaaa apa adanya, tapi tdk mengapa, yg penting kita Bahagia. Lagi2 yg bersuara merdu sprti emak kakak2 ku. Apes dah diri ku, yg ku ambil dr emak cuma fisik & sifatnya, klw urusan kemampuan dlm seni: berpuisi, bernyanyi mrk bisa, bahkan emak & kakak tua eh tertua mksdnya, klw mengaji bergetar rasanya hati. 

Bakat seni emak juga terlihat di karya kue2 buatan nya yg sangat indah utk acara2 pernikahan, membuat taman2 cantik di pekarangan rumah. Oh emak.... andai dahulu ada smartphone seperti sekarang mngkn sudah ku posting maha karya mu tersebut. 

Tak bisa di pungkiri selain skill yg emak miliki, emak jg punya  daya tarik tersendiri, tau apa nya yg menarik, (yaaa tangannya lah, heee...), guyonan nya mungkin, emak pintar menghibur ibuk2 dgn bahasanya, ada saja yg bisa dia jadikan candaan, atw mungkin dgn senandungnya, hebat emak, sampai2 para ibuk2 bersedia menunggu kehadirannya utk berbelanja. Mereka pun dengan senang hati membantu menurunkan barang belanjaan emak dari becak. 

Tapi aku pernah merasa iba kpd emak ketika tante, adik nya emak bercerita, "Tadi di pasar aku melihat emak kamu, sambil bawa sayur sampai matanya pun tak terlihat krn ketutupan juntaian sayur yg di taruh di atas kepalanya" kata tante. Waktu itu tante sedang lewat di pasar berteriak memanggil...."kak emon!?", Dia menyahut, "yo" sambil berlalu membawa barang belanjaannya.  

Aku berpikir & termenung, "seperti itu rupanya kerja nya emak di pasar klw lg belanja ya," gumamku. Blm lg jika hujan, pasar becek, & aku menyaksikan kakinya begitu kotor klw plng dr pasar. Lalu  sprti apa pula keadaannyaa ketika mencari ikan2 segar langsung ke perahu2 nelayan & saling berpacu dgn pedagang yg lain.

"Klw bisa mendapatkan ikan langsung kpd nelayan, jd harga bisa lebih murah dijualnya kpd pelanggan." Bgitu kata emak. 

Disamping berjualan Ikan, sayur & bahan2 pokok lain nya, emak jg mengambil kesempatan utk berdagang batu bata. Klw ada org yg mau memesan batu bata, pastinya emak akan menyanggupi nya. Walau perkerjaan itu sepertinya tidak pantas bagi seorang wanita. Tapi tidak bagi emak, selagi perkerjaan itu halalan toyyiban, pasti dia lakukan demi mendapatkan seperak dua perak. Pergi ke pelosok2 desa mencari tempat pembuat batu bata, kadang pulang malam bareng dgn supir & kernet. Syukur alhamdulillah Allah sll melindungi nya, tdk pernah terjadi hal yg membahayakan nya. Malah emak mendapatkan tmn2 baru, bahkan klrg, dimana emak di anggap sebagai anak nya. Aku sangat ingat nama klrg itu, wak Batu namanya. Emak pernah mengajak kami berkumjung kesana. Keluarga wak Batu menyambut kami dgn hangat. Ini lah mngkn yg di sebut dgn A blessing in disguise. (Berkah yg terselubung).

Sungguh masih banyak lg kenangan2 ku tentang dirimu bersama ku mak. Smg tulisan sederhana ini bisa melepas Rasa rinduku padamu. Suatu saat nanti jika malas tak merasuki, aku akan panjang lebar bercerita tentang dirimu... Di buku karya ku. Semoga.... Allahummagfirlahaa.... Warhamhaa... Wa'afihaa...wa'fu'anhaa...

 

 Post 22 Desember 2020

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aah... Keluarga bahagia ya bund. Kisah masa kecil penuh bahagia bersama emak dan saudara tercinta.. Barakallah. Aamiin

01 Jan
Balas

Trimakasih bu tri. Slm kenal. Hee... Suka duka klrga.

12 Jan

Mantap ceritanya tentang emak. Begitu indah mengalir bahasanya. Semoga selalu berkarya..

26 Dec
Balas

Kereeen ceritanya. Kereen Emaknya Bu Nalti

22 Dec
Balas

Terimakasih bu Ida Mwhmudah. Bgitulah orgtua Kita ya dgn segala perjuangan nya. Jd ingat Abah ya bu Ida.

23 Dec
Balas

Terimakasih bu eldawati. Slm kenal.

26 Dec
Balas

Trimakasih bu suharni sdh membaca nya. Heee... Msh belajar. Tulisannya jg baru satu dua. Mood nya jg turun naik. Sekali lg trims ya bu.

12 Jan
Balas

Heee... Msh bljr. Trimakasih atas atensinya bu suharni & haidah.

12 Mar
Balas

MasyaAllah, tulisan Bu Nalti sangat luar biasa, keren Bu, saya terharu membacanya.

03 Jan
Balas

keren bund tulisannya tentang emak. Salam literasi

24 Feb
Balas



search

New Post