Nanik Wijayanti

Nanik Wijayanti lahir di Yogyakarta tanggal 20 November 1972. Bertugas di SDN Tanjung Barat 09, Jakarta Selatan sejak Desember 2023. Sebelumnya pernah mengajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Es Kopyor

Es Kopyor

Minuman yang dingin dan manis menjadi salah satu menu untuk berbuka puasa. Rasanya yang menyegarkan segera menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Minuman yang nikmat dan mudah dibuat diantaranya adalah es kopyor namun es ini bukan berasal dari kelapa kopyor asli. Bahan yang digunakan sebagai pengganti kopyor yang harganya cukup mahal adalah agar-agar.

Bagaimana cara membuat es kopyor kw ini. Bahan yang harus disiapkan adalah:

1 bungkus agar-agar plain/putih

100 gram gula pasir

450 ml santan kental

200 ml air

Bahan lainnya:

3 liter air matang dingin

Es batu ukuran besar

Sirup Vanili atau sirup cocopandan

Cara membuat:

Campur agar-agar dengan 200 ml air dan gula pasir, aduk rata, kemudian masukkan santan kental dan aduk rata kembali.

Masak campuran agar-agar sambil terus diaduk hingga mendidih.

Siapkan wadah lalu isi air matang serta masukkan es batu ke dalamnya.

Tuang larutan agar-agar yang masih panas sedikit demi sedikit ke atas bongkahan es batu. Setelah dituang langsung ditarik ke bawah dengan menggunakan garpu. Lakukan sampai larutan agar-agar habis yang nantinya akan mirip dengan kelapa kopyor.

Kopyor bisa langsung dimasukkan sirup atau dipisahkan dahulu antara air dan kelapa kopyornya. Minuman pun siap dihidangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mbak Kepsek. Sukses selalu

31 Mar
Balas

Terima kasih Pak Burhani. Sukses selalu.

31 Mar

Seger banget ini hehe....Sukses selalu, Bun

01 Apr
Balas

Hmmm...segeeerr.... Btl bunda sy & ibu2 lain sering merekayasa kopyor buatan spt itu.

31 Mar
Balas

Betul Oma nikmat, segar, dan mudah dibuat.

31 Mar

Kayanua mak nyus rasanya

01 Apr
Balas

Ehm...segar banget ya bu?

30 Mar
Balas

Betul Bun nikmat dan mudah dibuat.

31 Mar

bisa dikirim bunda, ngiler nih, pakai COD ya hehehe, sukses selalu bunda

30 Mar
Balas

He..he..keburu basi. Terima kasih sudah mampir.

31 Mar

Mantap

31 Mar
Balas

Terima kasih Pak

31 Mar



search

New Post