Nani Yuliani, MTs. N 1 Cilegon

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di Bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulu...

Selengkapnya
Navigasi Web

BELAJAR SAMBIL MENGASAH KREATIVITAS SISWA DI KELAS MENGKLASIFIKASIKAN MANUSIA PURBA

#Tantangangurusiana menulis hari ke – 11

BELAJAR SAMBIL MENGASAH KREATIVITAS SISWA DI KELAS MENGKLASIFIKASIKAN MANUSIA PURBA DAN BENDA BENDA PENINGGALAN ZAMAN PRAAKSARA

Pembelajaran kali ini pembelajaran yang sifatnya sersan serius tapi santai, siswa ditugaskan untuk membaca materi yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh guru dikelas terlebih dahulu, pembelajaran ini sangat mudah materi bisa diambil dari materi IPS contohnya materi * Zaman manusia praaksara * Caranya adalah sebagai berikut, guru menentukan 6 kelompok, masing masing kelompok pada pertemuan sebelumnya sudah diberi tugas perlengkapan yang harus dibawa oleh masing masing kelompok peralatan yang harus di siapkan oleh masing masing kelompok diantaranya :

1. Kertas origami

2. Gabus atau karton

3. Gunting

4. Lem

5. Penggaris

6. Spidol warna warni

7. Gambar atau guntingan foto manusia purba dan benda peninggalan zaman prasejarah

Langkah langkahnya yaitu :

Kertas origami dipotong sesuai dengan kreasi siswa mau dibentuk apa aja boleh, kemudian masing masing kelompok memberi garis tengah pada karton untuk dijadikan garis pembatas antara penjelasan tentang manusia purba dan penjelasan benda benda penginggalan bersejarah.

Setelah gambar manusia purba dan gambar benda benda peninggalan masa praaksara selesai dipotong atau diguntuingin selanjutnya potongan gambar tersebut di temple di karton atau di gabusgambar manusia purba ditempel disebelah kiri sedangkan gambar benda purbakala di temple disebelah kanan karton kemudian disamping masing masing gambar tersebut diberi penjelasan tentang ciri ciri manusia purba dan menjelaskan tentang fungsi dari benda purbakala setelah selesai kertas origami yang sudah digunting sesuai dengan kreasi masing masing kelompok kertas origami itu kemudian ditempel dikarton dijadikan sebagai hiasan tampilan hasil dari tugas kelompok sehingga tampilan masing masing dari tugas kelompok itu jadi bagus dan cantik

Setelah selesai mengerjakan tugas kelompok masing masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas sambil menampilkan yel yel dari masing masing kelompok,

Yang menjadi kategori penilaian oleh guru yaitu,

1. Tampilan dari masing masing tugas kelompok semakin rapih dan kreatif siswa dalam menghias kertas origami dikarton semakin tinggi nilainya,

2. Kekompakan dalam menampilkan Yel yel dari masing masing kelompok

3. Kekompakan masing masing kelompok dari awal mengerjakan tugas kelompok sampai persentasi didepan kelas

Demikian pembelajaran secara serius tapi santai membuat peserta didik jadi rileks dan menyenangkan belajar dikelas , semoga mengispirasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sayang contoh gambar hasil dari pembelajaran tersebut tidak bisa di apload lagi ada gangguan

28 Jan
Balas



search

New Post