Nani Yuliani, MTs. N 1 Cilegon

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di Bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulu...

Selengkapnya
Navigasi Web
SEDIKIT CERITA TENTANG KONDISI HUTAN INDONESIA SAAT  INI

SEDIKIT CERITA TENTANG KONDISI HUTAN INDONESIA SAAT INI

# Tantangangurusiana Menulis Hari Ke - 8

Seperti yang kita ketahui Indonesia dianugerahi sumber daya alam yang berlimpah terutama dengan keayaan hutan yang kita miliki dengan terdapatnya hutan-hutan tropis terluas dan beragam hayati di dunia. Puluhan juta rakyat Indonesia secara langsung bergantung pada hutan-hutan ini untuk kehidupan mereka, entah itu mengumpulkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari-hari atau bekerja di sektor pengolahan kayu. Hutan-hutan ini adalah rumah bagi banyak flora dan fauna yang tak tertandingi di negara dengan ukuran yang sebanding manapun. Bahkan saat ini, hampir setiap ekspedisi ilmiah yang dilakukan di hutan tropis Indonesia kembali dengan penemuan spesies baru.

Namun apa yang sekarang terjadi tragedi sedang berlangsung di Indonesia.Kondisi hutan hutan sekarang yang ada ditanah air sudah mulai gundul dikarenakan adanya pemanfaatan Sumber daya Alam yang berlebihan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak pernah memikirkan dampak negative yang terjadi kedepannya.

Negara ini sekarang berada pada pusat perhatian dunia, dengan kemarahan domestik dan internasional atas kerusakan yang merajalela pada sumber daya alam yang besar. Penebangan liar telah merajalela selama bertahun-tahun dan diyakini telah menghancurkan sekitar 10 juta hektar hutan. Industri pengolahan kayu di Indonesia beroperasi di ketidakjelasan hukum, dimana perusahaan-perusahaan besar yang---sampai krisis ekonomi tahun 1997---menarik miliaran dolar investasi dari Barat, memperoleh lebih dari setengah pasokan kayu dari sumber-sumber ilegal. Kayu secara rutin diselundupkan melintasi perbatasan ke negara-negara tetangga, membuat jutaan dolar pendapatan pemerintah Indonesia hilang setiap tahunnya.

Jutaan hektar bekas hutan sekarang tertutup sisa-sisa hutan yang telah terdegradasi, semak belukar, dan rumput alang-alang disana-sini. Dengan hilangnya hutan, Indonesia kehilangan keanekara gaman hayati, pasokan kayu, pendapatan, dan jasa ekosistem, dan baerbagai jenis fauna langka kehilangan tempat tinggal , kondisi yang sangat memprihatinkan sekali.

Lahan hutan yang rusak dapat ditanami kembali dan dikelola oleh manusia untuk menyediakan kayu, hasil kebun, buah-buahan, dan produk-produk non-kayu lainnya. Jasa ekosistem seperti pengaturan air tawar dan retensi tanah dapat dikembalikan. Bagian dari tragedi di hutan Indonesia adalah bahwa saat ini program hutan tanaman industri dan sistem konversi hutan ke perkebunan belum memberikan kontribusi untuk pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan justru mempercepat deforestasi.

Indonesia berada di persimpangan jalan di mana banyak sumber daya alam yang telah hancur atau rusak, tapi masih banyak juga yang terjaga. Pengembangan lahan perkebunan untuk memasok kayu dan ekspor tanaman berharga adalah bagian penting dari strategi ekonomi negara.

Dalam tahun-tahun mendatang, jalan termudah adalah dengan terus mengizinkan operasi penebangan dan perkebunan - dan membiarkan semakin banyak tanah disia-siakan seiring pengembangannya -- dan kemudian terus merambah ke hutan-hutan alam yang tersisa, dan memberikan keuntungan bagi pengembang dengan profit besar secara cuma-cuma. Jalan yang lebih sulit namun berkelanjutan adalah merebut kembali lahan yang saat ini menganggur dan melestarikan hutan primer yang masih tersisa. Enam puluh empat juta hektar hutan telah ditebang selama 50 tahun terakhir. Tidak ada pembenaran ekonomi maupun etika untuk membiarkan 64 juta hektar lagi hilang selama 50 tahun ke depan.

Itulah sedikit Cerita tentang kondisi Hutan kita saat ini sungguh sangat memprihatinkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post