Nani Yuliani Fahmuji

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk oranglain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulusan STKIP Ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bacalah Dahulu Sebelum Berkomentar

Bacalah Dahulu Sebelum Berkomentar

Selama hampir tiga tahun lebih saya melalang buana berkiprah di dunia literasi, setiap membaca komentar di blog. Baik itu blog sendiri ataupun blog teman, seringkali menemukan komentar dari para pembaca yang terkadang tidak sesuai dengan komentar yang ada ditulisan.

Contoh misalnya tulisan tersebut menceritakan tentang kedukaan mendalam tentang kepergian teman, atau sanak keluarganya. Ketika saya mau memberikan komentar rasa ikut duka cita, ternyata ada saja komentar yang sangat tidak sesuai dengan ulasan yang dibacanya.

Tulisan tentang rasa duka, dikomentari "Keren sekali ulasannya" duh ya Allah. Mbok ya dibaca dulu tulisannya baru komentar, jadi komentar tersebut tidak mempermalukan diri sendiri.

Terkadang saya pernah menemukan sebuah komentar di sebuah tulisan cerpen. Tapi karena lagi lagi tidak dibaca tulisan yang blognya sedang dikunjungi tersebut dia berkomentar "Keren sekali ulasannya"

Ada juga tulisan puisi dikomentari keren sekali cerpennya, dan sebaliknya " keren sekali puisinya" ini kerap sekali saya temukan di beberapa blog teman saat saya kunjungi.

Ini menunjukkan Pengunjung blog tersebut sama sekali tidak membaca isi dari tulisan di blog yang dia kunjungi. Prinsipnya yang penting memberikan komentar.

Yang lebih lucu lagi, si pengunjung blog tersebut tidak melihat jenis kelamin dari pemilik blog. Alhasil pemilik blog yang sedang dikunjungi itu laki-laki di beri komentar " Luar biasa ulasannya bunda"😍🤣

Jelas dong sipemilik blog tertawa terbahak bahak merasa geli dipanggil bunda 😀🤣🤣. Padahal dia lelaki tulen bangets loh wkwkwkwk. Sudah jelas dari nama pemilik akun blog tersebut nama laki laki bangets hiks 😍.

Semua peristiwa di atas menunjukkan mereka kurang literat, asal komentar akhirnya akan mempermalukan diri sendiri. Jadi cobalah kalau mengunjungi blog teman itu dibaca dulu isi tulisannya.

Jadi dalam menuliskan komentar tidak sampai menyimpang dari tulisan yang telah dibacanya.Yuk sahabat literasi mulai dari sekarang bijaksana lah dalam memberikan komentar.

Bacalah dulu tulisannya, dengan membaca kita justru mendapatkan informasi atau pengetahuan baru setelah kita membaca tulisan tersebut, apalagi kalau tulisan nya tentang sebuah informasi penting.

Semoga ulasan saya hari ini bermanfaat bagi para sahabat literasi, semangat 💪 leterasi untuk semuanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren, salam literasi

29 Jan
Balas

Terima kasih bunda cantik

29 Jan

Hahahhaha..cadaaaaaas...wkwkwkwk

29 Jan
Balas

Hahaha hadir juga yang pernah dipanggil bunda wkwkwk

29 Jan

Saya mah galfok sama merahnya

29 Jan
Balas

Btl bgt say. Di semua blog dia jg komen bgtu. Nampaknya pengin point dia. Hihi...pernah jg oma bls 'ga, ga keren. Duka kok keren.' lht tu sdh komen bgtu lg dia.

29 Jan
Balas

Hahaha begitulah Oma hiks

29 Jan

Wk.wk..wk..wk...samaaaaaaa.....kadang sy berpikir ini orang beneran ingin tahu tulisan kita atau sekedar mampir demi point... untuk apa? He he

29 Jan
Balas

Yaaah begitulah bund

31 Jan

Keren. Sukses selalu sahabat

29 Jan
Balas

Keren. Sukses selalu sahabat

29 Jan
Balas

Keren. Sukses selalu sahabat

29 Jan
Balas

Keren. Sukses selalu sahabat

29 Jan
Balas

Keren. Sukses selalu sahabat

29 Jan
Balas

Terima kasih

31 Jan

Mantap ulasannya Bun. Setuju!

29 Jan
Balas



search

New Post