Nani Yuliani Fahmuji

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk oranglain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulusan STKIP Ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gelar Karya P5 dan P2RA MTs N 1 Kota Cilegon

Gelar Karya P5 dan P2RA MTs N 1 Kota Cilegon

Gelar Karya P5 dan P2RA Kelas 7 (MTs N 1 Kota Cilegon)

By. Nani Yuliani

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 - P2RA) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Kegiatan ini adalah bentuk pembelajaran kokurikuler pada kurikulum merdeka, yang memadukan antara kognitif dan keterampilan siswa dengan memperhatikan lingkungan sekitar.

Selama dua belas hari kerja, MTs N 1 Kota Cilegon telah melaksanakan P5 - P2RA untuk siswa kelas VII. " dan hari ini Senin 23 Oktober 2023, dilaksanakan gelar Karya hasil dari P5 - P2RA dengan tema gaya hidup berkelanjutan. yang menampilkan aneka kreativitas siswa yang dibuat dari sampah organik dan anorganik.

Untuk anorganik adalah pemanfaatan sedotan dan bahan bekas, dan organiknya memanfaatkan kulit buah-buahan untuk dibuat ECO ezim.

Kegiatan gelar karya ini dibuka secara langsung oleh Ibu Kepala Madrasah Dra. Iis Sa'adiah, dengan menggunting salah satu kreativitas siswa kelas 7B yang terbuat dari sedotan sekaligus pengalungan bunga yang terbuat dari sedotan pada Ibu Kepala Madrasah. Yang dilakukan di bawah tangga menuju ruang pameran.

Beliau berharap seluruh siswa dapat menjadikan kegiatan ini lebih bermanfaat, tidak hanya sekedar membuat produk saja. "Apa yang telah kalian kerjakan tidak hanya membekas pada hasilnya tetapi juga sampai perilaku kalian sesuai dengan tujuan dari kegiatan P5 - P2RA ini,"

Kegiatan gelar karya diikuti oleh seluruh civitas akademika secara terjadwal, masing-masing kelas melakukan kunjungan ke stand pameran. Setiap siswa kelas 8 dan 9 diberi tugas untuk mengamati setiap karya yang sudah dibuat oleh adik adik kelasnya, dan tidak lupa untuk menjawab kuisioner yang sudah disediakan, di setiap kelas.

Kegiatan gelar Karya ini juga dihadiri oleh beberapa orang tua siswa kelas 7, yang diundang oleh Madrasah. dewan guru yang tidak mengajar di kelas 7 juga mengunjungi acara gelar karya P5 dan P2RA tersebut. Melihat dari semua karya siswa yang dipajang di setiap kelas luar biasa mengagumkan di luar ekspektasi para guru.

Ada kincir air yang dibuat dari sedotan, dan stik es krim, ada bunga yang dibuat dari tutup botol air mineral, ada tempat tissue yang terbuat dari sedotan, ada juga hiasan dinding yang terbuat dari sendok plastik bekas.

Ada juga vas bunga Yang terbuat dari botol bekas air mineral serta pesawat nuklir dari botol bekas juga. Lebih keren lagi ada ECO enzim yang dibuat dari campuran gula merah, kulit buah buahan dan sisa sayuran, yang saat ini masih proses fermentasi.

Yang lebih mengagumkan lagi para pengunjung diberikan cendramata yang terbuat dari sedotan, dan sisa kain perca berupa gantungan kunci dan bunga yang terbuat dari sedotan.

Semoga dengan adanya kegiatan yang sangat positif ini, bisa menjadikan peserta didik lebih kreatif, mandiri, gotong royong, kolaboratif dan bernalar kritis sesuai dengan dimensi P5 dan P2RA. lebih semangat dalam belajar.

Sumber tulisan ini dari koordinator P5 dan P2RA MTs N 1 Kota Cilegon Ibu Dra. Tangkiyah, M.Pd

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap suranyap ulasannya Teh. Sukses selalu

15 Nov
Balas

Mantap ulasan nya

24 Oct
Balas

Semoga P5 benar-benar mendarah daging dalam hati sanubari peserta didik.Salam sehat dan sukses selalu.

24 Oct
Balas

Baarakallah..sukses

02 Nov
Balas

Mantap, giat yang keren. Bunda Nani

05 Nov
Balas

Keren gelar karya nya. Inspiratif.

26 Oct
Balas



search

New Post