Nani Yuliani Fahmuji

Jadilah manusia yang bermanfaat untuk oranglain ASN Guru Mata Pelajaran IPS di MTs. N 1 Kota Cilegon di bawah Kementerian Agama Kota Cilegon Lulusan STKIP Ban...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Kreatif Guru yang Menghasilkan Karya

Guru Kreatif Guru yang Menghasilkan Karya

Lomba Menulis Bulan November 2023

Guru Kreatif Guru yang Menghasilkan Karya

Penulis Nani Yuliani SE

Guru IPS MTs N 1 Kota Cilegon

Di zaman modern dan milenial seperti ini, rasanya kita yang usianya sudah mulai senja tidak ada alasan untuk tidak bisa melakukan sesuatu. Apalagi tuntutan kerja sebagai seorang ASN di zaman sekarang ini semakin hari semakin banyak tuntutan kinerjanya.

Dari mulai kita dituntut untuk selalu melek IT sampai kita dituntut untuk bisa menghasilkan karya untuk salah satu persyaratan kenaikan golongan.

Seorang guru ASN dituntut untuk bisa membuat karya ilmiah sebagai salah satu persyaratan kenaikan golongan ke IV A. Jadi suka tidak suka mau tidak mau seorang guru harus membuat tulisan karya ilmiah atau PTK penilaian tindakan kelas. Dari permasalahan inilah kita sebagai seorang ASN benar benar dituntut kinerjanya.

Kalau melihat dari perkembangan zaman yang semakin pesat seperti ini, ada 3 kriteria guru ideal salah satunya adalah terampil melaksanakan penelitian tindakan kelas dan rajin menghasilkan karya tulis. Yang ke dua yaitu rajin membaca dan menulis.

Yang ke tiga memiliki Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, bahwa kemampuan menulis , khususnya menulis karya ilmiah merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia akademis seperti dosen, guru, dan peneliti.

Dari tiga kriteria tersebut mengungkapkan bahwa guru hebat adalah guru yang menghasilkan karya tulis, diperlombaan guru di manapun karya tulis lah yang diujikan bahkan sering menjadi penilaian utama.

Hal ini dikarenakan guru yang rajin menulis dan rutin menghasilkan karya tulis ilmiah pastilah sosok pembelajar, tradisi literasinya bagus sehingga memiliki wawasan yang luas.

Karena menulis, sebagai suatu keterampilan berbahasa dan menulis adalah kegiatan yang produktif dan ekspresif, menulis merupakan suatu ciri dari orang yang terpelajar dan bangsa yang terpelajar, keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis , tetapi harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur.

Pembelajar yang hebat, seorang penulis pemula yang terus menulis, walaupun naskahnya belum berhasil terbit atau belum memenangkan sebuah lomba, akan tetap ulet dan tekun sehingga akhirnya termotivasi untuk berkarya yang lebih bagus.

Jika guru hebat rajin menulis, akan merasakan kepuasan batin, kegembiraan kalbu, kebanggaan pribadi, dan kepercayaan diri.

Guru hebat karena karya tulis akan meninggikan nilai kepercayaan masyarakat, tulisannya akan dibaca banyak orang, diapresiasi, menjadi sumber inspirasi, dan akhirnya menjadi rujukan, disinilah penulis, seorang guru hebat akan mampu dijadikan keteladanan.

Guru hebat karena karena karya tulis akan menjadi ahli filsafat, karena diabadikan melalui tulisan. Dengan demikian, sahabat guru Indonesia tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang hebat dengan kita mulai menjadi guru hebat karena karya tulis yang rutin kita buat.

Kita harus memotivasi diri menjadi penulis andal di masa depan, karena dengan menulis, kita ada, dengan menulis, kita hidup, dengan menulis, kita membaca, dengan menulis, kita dibaca, dengan menulis, kita mengetahui banyak hal, dengan menulis kita dikenal banyak orang, dengan menulis, kita mengerti, dengan menulis, kita dimengerti.

Dengan menulis, kita menghargai, dengan menulis, kita dihargai, dengan menulis, kita berubah, dengan membaca, kita mengubah, dengan menulis, kita memiliki banyak teman, dengan menulis, kita mengabdi, dengan menulis, kita menjadi diri sendiri.

Profil penulis :

Penulis bernama Nani Yuliani, berprofesi sebagai seorang ASN guru IPS yang bertugas di MTs N 1 Kota Cilegon. Penulis sudah banyak memiliki karya buku. Baik buku tunggal maupun buku antologi.

Untuk buku tunggal penulis sudah memiliki lima buku novel diantaranya " Misteri Suara Langkah Kaki, Menyemai Asa di Belantara Kalimantan, Caraka, dan Mahligai Delia yang Terkoyak" dan untuk buku antologi tidak bisa dituliskan nama nama judul bukunya karena jumlahnya sudah puluhan.

Moto hidup penulis yaitu"Jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

17 Nov
Balas

Terima kasih bunda

19 Nov

Mantap. Semoga lolos lomba bulan ini ya Bun.

18 Nov
Balas

Ya bund hayu nulis deadline nya tgl 20 bund

18 Nov



search

New Post