NANY SUSILAWATI

Nany Susilawati pemerhati pendidikan anak usia dini dan penggiat origami. Nama panggilan Nany Nurdin. Tempat/tanggal&n...

Selengkapnya
Navigasi Web
       Anggrek  ( Tantangan Gurusiana  Hari ke-18)

Anggrek ( Tantangan Gurusiana Hari ke-18)

      

            Hari ini  hati saya  berbunga-bunga, mendapatkan hadiah beberapa  tanaman  bunga anggrek. Bertambah lagi tanaman anggrek di rumah saya.  Anggrek merupakan   tanaman ke-5 yang menjadi penghuni di halaman .   Anggrek  tanaman hias  yang bunganya memiliki pesona sangat indah. Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan dan keindahan. 

Anggrek  bahasa latinnya Orchidaceae. Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain.Tanaman Anggrek ini bersifat epifit, yang berarti tanaman ini tumbuh dan hidup dengan cara menumpang pada tanaman lain.  Namun ada sebagian anggrek yang  hidup di tanah, yaitu anggrek yang berada di wilayah beriklim sedang. Tanaman anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air. Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembab.

Menanam anggrek ini memang gampang-gampang susah. Merawatnya memang harus telaten dan mengetahui sifat tanamannya.  Adapun jenis anggrek yang ada di halaman saya antara lain:

1.  Dendrobium.

    Dendrobium merupakan jenis anggrek yang banyak macamnya. Anggrek yang punya ciri utama badan menggembung ini bisa ditanam di pot, menempel di media tanam atau pohon lain, dan sebagian bisa di tanah.

 Dendrobium Sonia  bunganya  berwarna ungu.  Dendrobium Aridang Green bunganya berwarna hijau muda  Dendrobium  mini  Enobi  bunganya  berwarna  putih merah jambu dan ungu  Dendrobium  crumenatum,  disebut juga anggrek merpati. Warnanya putih  seperti burung merpati yang sedang terbang dan wangi bila berbunga.   2.  Cattleya       Salah satu genus dari 42 spesies anggrek dari Kosta Rica sampai bagian tropis Amerika Selatan. Cattleya tidak menyukai  sinar matahari langsung.  Cattleya memiliki bunga yang besar popular dengan nama The Queen of Orchid, atau Ratunya anggrek.  Ukuran bunga Cattleya  bisa mencapai lebar 5 cm sampai 15 cm. Cattleya  diambil dari nama Sir William Cattley  botanis Inggris yang  pertama kali sukses  membudidayakan jenis anggrek ini.   3.  Oncidium       Anggrek  ini punya bunga warna kuning kecoklatan. Bisa berbunga 2-3 setahun. Berbunga kecil dan menjulur dalam rangkaian panjang. Disebut juga Golden Shower.     4. Anggrek Vanda        Anggrek vanda dapat ditanam di dataran tinggi atau rendah. Bisa berbunga 2 sampai 3 kali setahun dengan bunga 12-18 kuntum.  Anggrek vanda , anggrek yang membutuhkan sinar matahari langsung.     5.  Anggrek Tanah      Anggrek tanah memiliki warna ungu muda  cantik dan indah. Nama latinnya Bletilla  striata,             Selain untuk tanaman hias, ternyata anggrek juga mempunyai khasiat sebagai obat, meredakan stres,  dan meningkatkan kualitas udara. Menanam anggrek memang gampang-gampang susah. Dari bunga anggrek  saya belajar bahwa setiap proses menuju keindahan bukanlah hal mudah. Setiap proses membutuhkan  perjuangan yang panjang yang tak instan dalam mencapainya.     Medan, 13 Juni 2021

 

 

 

 

 

 

   
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, keren anggrek di rumah ibu... Saya kurang pintar merawat anggrek

15 Jun
Balas



search

New Post