NANY SUSILAWATI

Nany Susilawati pemerhati pendidikan anak usia dini dan penggiat origami. Nama panggilan Nany Nurdin. Tempat/tanggal&n...

Selengkapnya
Navigasi Web
Betadine si Obat Luka ( Tantangan Gurusiana hari ke-19)

Betadine si Obat Luka ( Tantangan Gurusiana hari ke-19)

Saya di rumah selalu menyediakan betadine di kotak P3K untuk obat luka. Bila tersayat pisau atau luka karena tergores, maka saya akan memberi betadine di sekitar daerah lukanya. Kalau di zaman saya dulu bila terluka selalu di beri obat merah, namun kini obat merah jarang ditemukan lagi.

Awalnya saya mengira betadine itu memang hanya merek dagang produk antiseptik. Ternyata betadine itu nama tumbuhan. Saya pun baru tahu ketika seorang teman saya bu Nova memberinya kepada saya, karena dia tahu saya suka menanam termasuk tanaman obat. Kami barter tanaman, dia memberi saya tanaman Betadine dan saya memberinya tanaman keladi tikus.

Jadilah tanaman betadine ini menjadi penghuni ke-6 halaman rumah saya. Sayapun mencari informasi dari berbagai sumber tentang tanaman betadine ini. Tanaman betadine bahasa latinnya Jatropha mulitifida Linn. Namanya juga bervariasi disebut pohon Yodium, Balacai, jarak Cina, hingga Miodine dalam bahasa Afrika. Tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman jarak, karena daun dan batangnya mengandung getah alami yang sehat. Sangat mudah tumbuh di dataran tinggi atau rendah. Mudah beradaptasi di lahan sempit dan bisa di tanam dalam pot di sekitar rumah. .

Bentuk daun betadine sangat unik karena menyerupai daun pepaya, tetapi ukuran daunnya jauh lebih ramping. Bunganya berwarna merah. Manfaat daun Betadine sangat beragam, terutama sebagai daun obat untuk menyembuhkan beberapa keluhan dibagian kulit. Memiliki kandungan alpha amirin, kampesterol, 7-alfa-diol , stigmaterol, beta sitosterol, dan HCN, dibatangnya mengandung alkaloid, saponin , flavonoid, dan tannin. Pohon betadine memiliki zat yang bersifat antibakteri dan penggumpal darah yang berguna sebagai anti pendarahan. Artinya, tanaman ini sangat manjur dalam menyembuhkan luka luar.

Daunnya tidak bisa konsumsi, tetapi hanya sebagai obat luar yang mengembalikan kesehatan kulit. Agar hasilnya lebih efektif daunnya dapat dikombonasikan dengan getahnya. Caranya ambil batang daun betadine, biarkan sampai getah berwarna bening dan kental keluar, lalu oleskan pada luka. Akan berasa perih ketika getah meresap ke bagian luka, tetapi hanya sesaat. Dengan cepat pendarahan akan terhenti dan lukanya segera merapat dan kering.

Bersyukur sekali saya, ada tanaman betadine ini di halaman rumah. Bisa menjadi alternatif obat luka bila kehabisan obat medis.

Medan, 14 Juni 2021

Sumber bacaan:

1. https://bungabunga.co.id/daun-betadine/

2 https://www.masjidalakbar.or.id/2020/01/04/manfaat-tanaman-yodium-atau- betadin/

3. https://literasinews.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-92786056/panik-saat-kulit-tersayat-atasi-dengan-tanaman-betadin-lukamu-segera-sembuh

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betadine memang akrab di setiap rumah ya Bu. Saya juga ingat, dulu kita pakainya obat merah.

14 Jun
Balas

Bermanfaat banget nih artikelnya. Gimana aktivitas origaminya nih

18 Jan
Balas



search

New Post