NANY SUSILAWATI

Nany Susilawati pemerhati pendidikan anak usia dini dan penggiat origami. Nama panggilan Nany Nurdin. Tempat/tanggal&n...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menanti Pohon Anggur Berbuah,  Tantangan Gurusiana (hari ke-6)

Menanti Pohon Anggur Berbuah, Tantangan Gurusiana (hari ke-6)

 

 

        Selamat datang bulan Juni. Diawali dengan libur nasional  setiap tanggal 1 Juni, Peringatan Hari Lahir Pancasila.  Hari  libur ini saya manfaatkan kembali untuk mendata tanaman yang ada di halaman rumah. Kalau kemarin sudah terdata alamanda, dan aglonema  kini saya menuju ke tanaman berawalan huruf A  yang lainnya.  Pohon yang buahnya  ada 14 kali disebutkan dalam Al Qur’an .  Ayo  tebak  pohon apakah itu ?

            Ya  pohon  anggur.   Allah SWT berfirman : “ Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itui benar-benar ada tanda kekuasaan Allah bagi kaun yang memikirkan. ( Qs. An Nahl: 11).

 

Buah anggur   termasuk  buah yang bergengsi dan harganya  dipasaran cukup tinggi.  Anggur termasuk buah yang bisa dikonsumsi langsung, rasanya manis, bisa diolah  menjadi minuman dan berbagai makanan yang lezat.  Khasiatnya juga banyak seperti untuk kesehatan jantung, gangguan pencernaan,  meningkatkan energi tubuh,  mencegah kanker, mencegah penuaan dini, mencegah kerusakan gigi, menjaga vitalitas,  mengurangi imsomania.

      Saya  ada menanam pohon anggur di dalam pot besar. Bibit nya saya beli dari tukang bunga, tapi saya lupa tahun berapa membelinya. Sebelum masa pandemi pertumbuhan pohon anggur ini terabaikan, hampir mati dan kuntet ( tidak berkembang).  Awalnya saya tanam dekat kolam ikan di halaman samping yang ada teralisnya agar menjalar  untuk  meneduhkan kolam. Namun pertumbuhannya sangat lambat dan pucuk muda daunnya sering dimakan hama.

Saat  kondisi stay at home da  work from home, tanaman ini saya pindahkan ke halaman depan . Mendapatkan sinar matahari  langsung. Saya ganti tanah media tanamnya dan diberi pupuk.  Saya beri  lanjaran untuk rambatan sulurnya.  Saya pun mulai mencari sumber referensi  mengenai anggur untuk menambah pengetahuan dan cara merawatnya. 

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu yang merambat. Ranting-rantingnya dapat mengeluarkan buah yang lebat.  Termasuk dalam keluarga Vitaceae.  Anggur nama latinnya Vitis vinifera.  Anggur  yang dikenal di Indonesia  ada 2 jenis, yaitu Vitis vinifera dan Vitis  labrusa.

Anggur dikelompokan  dalam kelas dikotil ( biji berkeping 2). Daun anggur berbentuk jantung yang mempunyai tepi bergerigi dan tepinya berlekuk atau bercangap. Daunnya mempunyai tulang menjari, ujungnya runcing dan berbentuk bulat hingga lonjong.  Bunga anggur muncul pada ranting. Bunganya berbentuk malai.Satu ranting bisa muncul lebih dari satu malai. Setelah bunga pada malai mekar akan tumbuh buah berupa bulatan kecil. Bulatan ini akan berubah warna sesuai jenis tanaman anggur.

      Pohon  anggur yang saya tanam belum pernah berbuah.  Dari literatur yang saya baca, bahwa  pohon anggur  agar cepat berbuah  yaitu dilakukan pemangkasan pada ranting  yang menjadi pemicu  bunga keluar dari cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna coklat atau sudah berusia 3 bulan, pemangkasan boleh dilakukan. Wah bisa saya praktekkan ini nanti  pada pohon anggur yang di halaman. Walau hanya punya 1 pohon, kalau nanti berbunga dan berbuah sudah  pasti menyenangkan jiwa.

Medan, 1 Juni 2021

Taman Literasi Mutiara Langit Biru

 

   

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Reportase keren

01 Jun
Balas

Terimakasih bu

01 Jun

Kereeen reportasenya, Bunda. Salam literasi

01 Jun
Balas

Terimakasih pak Dede. Coba menuliskan dari tanaman yang ada di sekitar rumah.

01 Jun

Mantap, Bu...

01 Jun
Balas

Terimakasih bu Emi

01 Jun

Wah, kayany menyenangkan banget ya punya pohon anggur sendiri.

02 Jun
Balas

Ya bu. Apalagi klau nanti berbuah ya bu. Senang lihat pohon yang kita tanam dan rawat memberi buahnya pada kita

07 Jun

Anggur yang saya tanam sudah setahun lebih sampai sekarang belum berbuah. Gak tahu kenapa. Sukses selalu buat Ibu Nany Susilawati

01 Jun
Balas

Saya punya belum pernah berbuah. Masih belajar cara perawatan dan upaya agar berbuah dari literatur yg ada. Sekarang sudah banyak juga ya pak komunitas penanam anggur. Saya tadi baca salah satunya di Bandung dengan jenis varietas yg berbeda hasil budidaya mereka.

01 Jun

Saya punya belum pernah berbuah. Masih belajar cara perawatan dan upaya agar berbuah dari literatur yg ada. Sekarang sudah banyak juga ya pak komunitas penanam anggur. Saya tadi baca salah satunya di Bandung dengan jenis varietas yg berbeda hasil budidaya mereka.

01 Jun

Saya punya belum pernah berbuah. Masih belajar cara perawatan dan upaya agar berbuah dari literatur yg ada. Sekarang sudah banyak juga ya pak komunitas penanam anggur. Saya tadi baca salah satunya di Bandung dengan jenis varietas yg berbeda hasil budidaya mereka.

01 Jun

Saya punya belum pernah berbuah. Masih belajar cara perawatan dan upaya agar berbuah dari literatur yg ada. Sekarang sudah banyak juga ya pak komunitas penanam anggur. Saya tadi baca salah satunya di Bandung dengan jenis varietas yg berbeda hasil budidaya mereka.

01 Jun

Pasti menyenangkan bunda menikmati hasil kebun sendiri.

01 Jun
Balas

Ya. Semoga dengan perawatan yang baik bisa berbuah anggotanya.

01 Jun

Terimakasih sudah skss

01 Jun
Balas

Sama sama bu Fifit

04 Jun

Sangat bermanfaat dan menginspirasi sekali...sukses selalu..

02 Jun
Balas

Terimakasih bu Euis sdah mampir. Sukses juga untuk bu Euis

02 Jun



search

New Post