Nasta'in

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Hikmah

Allahu akbar 3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Pada kesempatan yang indah ini, saya mengajak diri kami dan jamaah, marilah kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah SWT, dengan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi laranganNya dhohir bathin, sirron waalaniatan. Insya allah dengan ketaqwaan jalan kehidupan kita akan dimudahkan oleh Allah dan rezeki kita akan dilapangkan.

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Kita sungguh patut bersyukur atas anugrah Allah SWT pada pagi ini, kita dapat merayakan lebaran, lebarannya orang-orang yang telah lulus dari ujian berat penuh nikmat dan keistimewaan, yaitu puasa dan amalan-amaln romadlon. Semoga Allah menerima seluruh amalan-amalan kita selama di bulan Romadlon dan kita benar-benar masuk golongan orang-orang yang Fitri. Minal ‘aidin wal faizin. Amien

Allahu akbar 3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Kita diperintahkan untuk mengambil pelajaran dari apa yang telah kita lakukan. Dan pada khutbah ini kita akan mengambil satu hikmah berpuasa. Semoga mencerahkan kita dalam satu tahun ke depan.

Puasa itu untukKU dan saya yang akan membalasnya.

Dalam ibadah berpuasa kita dituntut untuk menahan diri dari yang membatalkannya seperti; makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkannya selama lebih kurang 14 jam. Baik dalam keadaan sendirian ataupun bersama orang lain. Kita dituntut JUJUR pada diri sendiri sekaligus mempunyai sikap muroqobatullah (senantiasa merasa diawasi oleh Allah SWT).

Dalam rentang waktu 14 jam akan mudah mencari celah untuk makan dan minum atau mungkin merokok jika tidak dibarengi dengan rasa kejujuran yang tinggi. Bisa saja seseorang pagi ikut sahur dan tidak lagi sarapan tetapi kemudian disiang hari dia mencari warung makan yang jauh dari keluarganya untuk memenuhi hasrat makannya, jika tidak dibalut dengan rasa kejujuran dan muroqobatullah.

Allahu akbar3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Pelajaran kejujuran ini kita harapkan pada Allah untuk senantiasa dapat dilekatkan pada kita semua selama setahun kedepan atau bahkan seterusnya. Karena saat ini jika kita tengok ke dunia luar sana kejujuran adalah barang yang LANGKA. Hampir dalam seluruh bidang kehidupan kita, kita dapat temukan berbagai tindakan ketidakjujuran, baik dalam bidang formal ataupun non formal.

Dengan Kejujuran kita akan ditunjukkan pada kebaikan dan dengan kebaikan kita akan ditujukkkan pada surga.

Rosul bersabda:

Artinya: wajib bagi kamu untuk jujur, sesungguhnya jujur itu menunjukkan pada kebaikan yang kebaikan itu menunjukkan pada surga (bukhori, muslim)

Rosulullah mengajarkan pada kita contoh perbedaan perilaku jujur dan tidak jujur atau dusta.

Artinya: Barang siapa yang berkata kepada anak kecil dengan perkataan: kemarilah, dan ambil sebutir kurma itu, kemudian dia tidak memberikannya, maka yang demikian itu termasuk dusta.

Allahu akbar3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Untuk memantapkan diri kita berbuat jujur disini akan saya sampaikan cerita kejujuran anak penjual susu.

Suatu saat di tengah malam kholifah Umar bin Khottob sidak dan memantau kesejahteraan rakyatnya. Sang kholifah mendengarkan dialoq antara seorang ibu penjual susu dan anaknya. Ayo nak, segera tambahkan air pada susu itu! Tidak bu, Amirul mukminin melarang mencampur susu dengan air. Jawab sang anak. Ayo segera campur, tidak bu. Sang ibu berkata lagi Ayo segera campur, Amirul mukminin tidak akan lihat kita mencampurkan susu ini dengan air. Apa jawaban anaknya: Ya bu, memang Amirul mukmini tidak mengetahui tetapi Rab Amirul mukminin mengetahuinya.

Umar yang berada di luar rumah mendengar dan meneteskan air matanya, kemudian menandai rumah itu.

Singkat cerita, kemudian umar meminta anaknya yang bernama Ashim untuk mencari rumah itu dan menikahi anak gadis tadi. Kemudia Ashim punya anak bernama Laila yang kemudian Laila dinikahi oleh Abdur Aziz bin Marwan yang kemudian melahirkan Umar yang akhirnya menjadi kholifah yang sangat adil dan bahkan dengan keadilan kepemimpinannya sampai orang kesulitan untuk bersedaekah karena semua sejahtera walaupun memimpin hanya 2 tahun 4 bulan.

Allahu akbar3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Begitulah allah memberikan balasan kejujuran istri ashim yang terbalas sampai pada keturunannya, yaitu cucunya.

Allahu akbar3x walillahil hamd

Hadirin Jama’ah sholat Idhul Fitri rahimakumullah.

Harapan dan doa kita di hari yang fitri ini, semoga kita terus mendapatkan bimbingan dan hidayah Allah SWT semoga kita dapat mengambil pelajaran dari amalan kita selama romadhon dan akhirnya kebiasaan baik romadhon kita jadikan kebiasaan kita 11 bulan yang lain.

Amien ya rabbal alamien

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya. Salam literasi

13 May
Balas



search

New Post