KABAR GEMBIRA DARI TELKOMSEL, AGAR PELANGGAN JANGAN LARI KE LAIN HATI
KABAR GEMBIRA DARI TELKOMSEL, AGAR PELANGGAN JANGAN LARI KE LAIN HATI
Oleh : Nefrizal, S.Pd
Guru SMK Negeri 1 Tanjung Raya
Kabupaten Agam Sumatera Barat
#TantanganGuruSiana hari ke-81
Resesi ekonomi terjadi jika dua kuartal petumbuhan ekonomi mengalami minus. Untuk ekonomi Indonesia kita masih diambang resesi karena harus menunggu 1 kuartal lagi apakah pertumbuhan tetap minus atau bergerak positif. Dampak dari depresi ekonomi ini telah merambah kesemua sektor ekonomi kecuali telekomunikasi. Maka salah satu bisnis yang tetap tumbuh dalam pandemi Covid-19 ini adalah sektor telekomunikasi, malahan semakin meningkat dari sebelum adanya pandemi Covid-19.Terutama kebutuhan internet, menurut pemerintah trafiknya naik sebesar 5% sapai 10 %.
Siti Choiriana, Direktur Consumer Service PT. Telkom menuturkan bahwa hingga kini penggunaan Indiehome naik di beberapa segmen, terutama edukasi yang naik aksesnya mencapai 60%. Akses game juga naik 28%. E-commerce walau tidak setajam edukasi, tetap naik 18%. "Yang turun akses ke media berita, sebesar -5%. Kami mengindikasikan bahwa masyarakat mulai mengurangi berita karena ada rasa takut mengonsumsi konten terkait Covid-19. Dan yang kami temukan lagi, akses internet yang biasanya hanya aktif siang, kini malam juga. Jadi masyarakat belajar, bermain, dan bekerja siang malam”. sumber industri kontan.co.id.
Dalam situasi pandemi Covid-19 ini justru BUMN industri telekomunikasi kebanjiran proyek seperti dikatakan Dirut PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) sebagai perusahaan yang mengerjakan proyek-proyek telekomunikasi BUMN. Sebanyak 80 % proyek telekomunikasi bergerak positif dan mengalami peningkatan secara signifikan terutama setelah Telkom menargetkan membangun 23 ribu BTS sampai akhir tahun 2020 ini.
PT. Telkomsel yang sudah memasuki seperempat abad meluncurkan layanan terbaru yaitu Voice over Long Term Evolution (VoLTE), yang sekaligus menjadi salah satu milestone Telkomsel. VoLTE merupakan layanan telepon dengan basis jaringan 4G LTE. Pelanggan dapat menggunakan internet tanpa terputus saat melakukan panggilan telepon sehingga koneksi tetap berjalan lancar dan pekerjaaan tetap dapat dilakukan.
Optimalisasi kinerja jaringan telekomunikasi menjadi fokus utama bisnis telekomunikasi, sedangkan analisis, prediksi, serta pengaturan terkait pola pengiriman data yang dikirimkan melalui jaringan menjadi semakin penting. Dengan meningkatnya kebutuhan layanan data yang berkelanjutan selama periode ini, perusahaan telekomunikasi juga perlu memastikan bahwa kemampuan untuk mendeteksi anomali dalam jaringan mereka juga telah meningkat. Kini perusahaan komunikasi perlu mempertahankan layanan jaringan yang andal dan meningkatkan tingkat layanan pelanggan di seluruh operasi selama periode yang tidak pasti ini. (indotelko.co.id)
Ditengah persaingan industri telekomunikasi di Indonesia satu hal yang menjadi perhatian PT. Telkomsel sebagai anak perusahaan PT. Telkom adalah menurunnya pelanggan operator seluler ini dalam dua tahun ini dari jumlah pelanggan telkomsel sebanyak 170 juta pelanggan di tahun 2018 sekarang menunjukkan penurunan ke angka 150 juta pelanggan.
Usaha-usaha perusahaan operator seluler ini menginginkan agar pelanggan telkomsel tidak pindah ke operator lain. Untuk menjaga core bisnis mereka, telkomsel memberikan kompensasi atas kerugian yang dialami pelanggan seperti kasus kebakaran STO di Pekan baru yang membuat jaringan telkomsel padam pada hari Selasa tanggal 11 Agustus 2020 kemaren. Permintaan maaf langsung dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, kepada pelanggan diberikan paket data 5 GB + 100 menit nelpon kesesama telkomsel + 100 sms, berlaku selama dua hari dengan biaya Rp. 1. Ini kabar gembira buat pelanggan telkomsel agar jangan lari kelain hati. Dengan menekan *888*20# pelanggan telkomsel untuk daerah terdampak khususnya wilayah Sumbagut dan Sumbagteng mendapatkan kemudahan ini.
Selain itu telkomsel juga memastikan data semua pelanggannya aman setelah terjadinya kebocoran data dari salah seorang pelanggan telkomsel yang juga pegiat media sosial. Sebenarnya kasus kebocoran data ini tidak banyak terungkap kepermukaan karena diselesaikan secara kekeluargaan saja. Menurut pengamat telekomunikasi kasus doxing data pribadi dapat menempuh jalur hukum.
Seharusnyalah ditengah persaingan industri telekomunikasi sekarang pelanggan mendapatkan perhatian lebih dari operator seluler pemerintah ini walaupun pemerintah tidak memonopoli sektor seluler ritel ini. Selain bisnis ritel telkomsel juga sudah meningkatkan servicenya di sektor bisnis terrestrial dengan meluncurkan satelit Telkom sendiri pengganti satelit Telkom yang ada sekarang yang berguna untuk memaksimalkan pelayanan dan mengurangi akses asing terhadap telekomunikasi.
Bukittinggi, 13 Agustus 2020
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Keren pak..saya sudah dapat kemarin selama 2 hari pak
Waw! Informatif dan up to date. Terima kasih, Pak
Terima kasih Pak Khoirul Jamal. Salam sukses buat kita semua.
Keren pak Nef, akan ada selalu kompetisi apalagi di dunia bisnis, iyaksn pak
Keren ulasannya sgt informatif
Terima kasih infonya,pak. Informatif ulasannya. Salam sukses
memang harusnya demikian , kompetisi bisnis yang sehat
Benar sekali Pak Bambang. Salam sukses buat kita semua.