Nefrizal

Menjadi pembelajar sejati.... Tuliskan apa yang kamu baca, baca apa yang kamu lihat. Lihat apa yang terlihat dan tersurat dengan mata kepala dan mata hati. Nis...

Selengkapnya
Navigasi Web
TARGET SUDAH TERLAMPAUI, SASARANNYA BELUM TEPAT (Tulisan di hari ke-161)
Sumber id.WikiHow.com

TARGET SUDAH TERLAMPAUI, SASARANNYA BELUM TEPAT (Tulisan di hari ke-161)

Oleh : Nefrizal, S.Pd

Awalnya saya ikut menulis dan mengikuti tantangan gurusiana itu hanya ingin sampai 30 hari atau predikat biru. Alhamdulillah setelah dua kali berjatuhan target biru itu sudah dua kali tercapai tetapi kalau dihitung saya menulis setiap hari itu tanpa putus sudah hari yang ke-161. Hanya ada kendala teknis seperti jaringan macet dan gurusiana ngambek saja tulisan tidak dapat diposting tetapi yang namanya menulis setiap hari tetap dilakukan. Luar biasa. Beri applause untuk diri penulis sendiri.

Tetapi akhir dari menulis setiap hari ini apa yag akan saya dapatkan? Apakah hanya mengejar sebuah sertifikat saja atau bagaimana? Sampai saat ini itu yang belum terorganisir didalam tulisan-tulisan saya atau road map pemikiran saya tentang menulis. Kalau secara faktanya dari menulis setiap hari ada saja ide yang perlu dan ingin dituangkan dalam menulis ini. Kalau saya lihat beberapa gurusianer mereka sudah menulis sebuah buku tunggal karena ditulis sendiri atau ada juga yang menulis antologi bersama-sama. Dari buku yang sudah diterbitkan mungkin dari sana cuan didaptkan. Pundi-pundi terisi dan motivasi kembali bangkit. Syukurlah.

Bagaimana kalau tidak ada buku tunggal atau antologi yang diterbitkan? Apakah sia-sia saja perjalanan panjang ini diteruskan? Mungkin itu pertanyaan bukan dari diri saya pribadi tetapi juga dari gurusianer lainnya. Ikut kelas pelatihan menulis donk kalau ingin tujuan membuat buku yang bisa diterbitkan. Itu salah satu jalannya kan bisa ikut kelas menulis cerpen, kelas menulis novel, kelas menulis sagusabu dan sebagainya. Kita bisa lebih fokus untuk mencapai sasaran. Benar juga ya. Target sudah terlampaui tetapi sasarannya belum tepat.

Bukittinggi, 1 November 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ubah sasaran pak.....bukan haluan....jadi dua-dua nya tercapai....salam hebat sukses selalu

05 Nov
Balas

Targetnya sudab tercapai menulis setiap hari cuma sasarannya perlu difokuskan lagi sipaya lebih terarah. Menulis buku tunggal atau antologi sehingga ada hasilnya. Salam sukses selalu.

04 Dec

Keren ayo semangat pak semoga sukses selalu

04 Nov
Balas

Terima kasih ibu. Salam sukses buat ibu.

04 Dec

Luar biasa perjuangannya pak..melebihi 30 hari sudah..lanjutkan pak...nanti akan ketemu targetnya juga

13 Nov
Balas

Alhamdulillah Pak Eko. Siaap.

04 Dec

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Lanjutkan pak. Lebih bagus tulisannya dibukukan dan ikut kelas menulis. Semoga bapak sehat selalu banyak rezeki dan makin sukses dalam berkarya serta berkah aamiin. Salam literasi

04 Nov
Balas

Terima kasih ibu. Salam sukses juga buat ibu.

04 Dec

Ayo....semangat terus menulis pak Nef. Saya juga sudah lebih 100 artikel pak, belum mengajukan piagam satupun. Tapi sebaiknya ikut sagusabu pak Nef, sukses selalu

04 Nov
Balas

Benar sekali ibu. Salam sukses buat Bu Des.

04 Dec

Semangat pa... Mantap ulasannya salam literasi

03 Nov
Balas

Terima kasih ibu. Salam sukses selalu.

04 Nov

Terima kasih ibu. Salam sukses selalu.

04 Nov

Betul sekali pak.. kalau ingin terbit buku tunggal harus mengikuti kelas menulis Sagusabu. Keren ulasannya pak.

02 Nov
Balas

Terima kasih pak. Salam sukses buat bapak yang sudah terbit bukunya.

02 Nov

Tancap gas...jalan terus... Tetep semangat,pak...

04 Nov
Balas

Tetap semangat ibu. Salam sukses.

04 Dec

Semangat terus Pak. Semoga lahir buku tunggalnya. Sehat dan sukses selalu ya Pak

06 Nov
Balas

Aamiin. Salam sukses juga buat ibu.

04 Dec



search

New Post