Neli Wardani

Guru BK di SMA N 2 Bukittinggi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kata Kata Bijak Sang Pemula (Day 42)

Kata Kata Bijak Sang Pemula (Day 42)

Oleh : Neli Wardani

Beberapa waktu yang lalu, dalam masa pembelajaran dari rumah aku meminta masing-masing peserta didikku untuk membuat 5 buah kalimat motivasi. Kalimat motivasi itu adalah karya sendiri yang diperoleh dari pengalaman hidup sendiri, pengalaman hidup orang lain atau dari pemikiran sendiri berdasarkan hasil bacaan, tontonan dan sebagainya.

Banyak sekali terkumpul kalimat motivasi dari hasil pemikiran mereka. Pada tulisanku kali ini, aku ingin berbagi dan mengulas beberapa kalimat motivasi yang menurutku menonjol, menarik dan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita.

Lupakan siapa yang menyakitimu kemaren, ingat mereka yang mencintaimu hari ini. Maknanya, kita tidak perlu mengingat-ingat kesalahan orang lain kepada kita yang telah membuat hati kita terluka, karena itu hanya akan membuat kita lebih lama merasakan sakitnya, sehingga dapat menghalangi kita untuk bahagia. Bahkan bisa tumbuh kebencian yang membuat kita mungkin ingin membalasnya. Rasulullah SAW juga selalu mengajarkan kepada kita agar selalu berbuat baik kepada orang lain, meskipun orang tersebut tidak bersikap baik kepada kita. Saran terbaiknya untuk kita adalah bukalah hati kita untuk melihat kebaikan orang lain kepada kita, mengingat kebaikannya dan mendoakannya.

Jika kamu tidak bisa melakukan hal-hal hebat maka lakukan hal-hal kecil dengan cara yang hebat. Kalimat ini membuat saya tersentuh, bahwa dengan kapasitas kita yang kecil, siapapun kita, kita tidak perlu berangan-angan untuk melakukan hal yang besar dan luar biasa, tapi diluar jangkauan kita. Biarlah orang lain yang berbuat hal besar sesuai dengan kapasitasnya. Yang harus kita lakukan adalah melakukan apa yang kita bisa, dengan cara-cara yang luar biasa dan hebat. Inilah yan disebut dengan inovasi. Sebagai guru, kita tidak bisa merubah sistem pendidikan di Indonesia, namun guru bisa berbuat dengan mendidik dan menyiapkan generasi yang dapat menjadi pengambil kebijakan nantinya. Contoh nyata yang  dapat kita jadikan motivasi adalah seperti berita di TVRI pagi ini. Seorang guru yang mengajar di sebuah daerah yang terpencil dengan tidak ada jaringan internet dalam kondisi LFH (Learning from Home), guru tersebut melakukan inovasi dengan cara mengunjungi langsung siswa ke rumahnya dan melakukan pembelajaran selama 30 menit per siswa. Luar biasa.

Seseorang yang dikatakan luar biasa itu adalah seseorang yang sederhana dalam ucapannya tetapi hebat dalam tindakannya. Kalimat ini sebenarnya tidak begitu asing bagi kita, namun mungkin sedikit dikemas dengan bahasa yang agak berbeda. Padanan yang senada  adalah “Sedikit bicara banyak bekerja”.  Pesannya adalah, bahwa kita tidak perlu banyak bicara  dengan rencana yang muluk-muluk, tapi tidak melakukan apa-apa. Seseorang itu tidak memberikan kemanfaatan kepada orang lain dan dirinya sendiri jika ia hanya berbicara tanpa berbuat. Hasilnya tidak akan nampak. Ini didukung oleh peribahasa “Tong kosong nyaring bunyinya”. Sebaliknya seseorang menjadi luar biasa apabila ia telah berbuat sesuatu, meskipun itu adalah hal yang biasa saja. Orang menjadi hebat bila ia tidak banyak bicara, tapi memiliki banyak karya. Jadi yang utama itu adalah “melakukan” bukan” mengatakan”.

Jika kau menunggu aku untuk menyerah, kau akan menunggu selamanya. Pesan yang diusung oleh kalimat ini menurutku luar biasa. Kalimat ini benar-benar menunjukkan sikap optimisme yang kuat. Artinya seseorang yang meyakini kalimat ini, maka dia adalah orang yang tidak akan pernah menyerah sampai kapanpun, meskipun cobaan yang dihadapinya teramat berat. Kegagalan demi kegagalan yang ditemuinya tidak akan membuatnya menyerah untuk berjuang, sampai  ia bisa mengubah kegagalan itu menjadi keberhasilan. Wallahu’alam.

Demikianlah beberapa kalimat motivasi yang aku kutip dari hasil kegiatan beberapa orang siswaku. Semoga kalimat tersebut dapat kita jadikan inspirasi dan motivasi. Termasuk untuk diriku sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ONDE mande raso raso menbaco tulisan redaksi kompas tulisan sangat berkualitas dan berbobot buk anel mantap i like it

02 May
Balas

Terimakasih pak salim...pujiannya berlebihan pak, saya msh belajar...

02 May

Kolaborasi yang menginspirasi dan mengingatkan

02 May
Balas

Terutama utk diri sendiri dulu ya bu..

02 May

Siswa siswi yang luar biasa, kata kata motivasi yg sangat menginspirasi, yg mudah d cermati dalam kehidupan sehari hari,,, bermakna ,,menjadi penyemangat untuk mendapat semngt

05 May
Balas

hebat anak-anaknya ya bu Zurhayati.......kalau bu gurunya gimana bu?

13 May

Sedikit bicara banyak bekerja.. mudah mudahan kita bisa ya bu..

02 May
Balas

InsyaAllah bument...m

02 May

Memang Bu tong kosong nyaring bunyinya,

02 May
Balas

He.he..iya bu...semoga kita jadi tong yang berisi penuh ya bu..sehkngga bisa berbagi juga...

02 May

Ya Allah, mulianya, sampe harus samperin murid satu2 tabarakallah

02 May
Balas

Iya bu likna.. beliau bermanfaat dengan cara yang hebat

02 May

Kata-kata motivasi ibarat api dalam sekam, ia akan hidup terus tanpa terlihat. Ingatlah untuk selalu memotivasi diri sendiri. Karena itulah pelecut terbesar bagi diri sendiri..

02 May
Balas

santiang bu cici..

13 May

Paling suka dg yg ketiga "bicaranya sederhana tindakan yg luar biasa"

02 May
Balas

Iya bu...semoga menyemangati kita ya bu...

02 May

masyaallah...kata yang luarbiasa sekali "JIKA KAU MENUNGGU AKU UNTUK MENYERAH, KAU AKAN MENUNGGU UNTUK SELAMANYA" amazing, sangat menginspirasi sekali

06 May
Balas

Iya bu...kata kata ini yg paling saya suka. Sangat memotivasi kita.

07 May



search

New Post