Nelliani

Tinggal di Darussalam, Provinsi Aceh. Saat ini bertugas di salah satu SMA di kabupaten Aceh Besar. Berpikir dan berzikir mencari Ridha Allah SWT....

Selengkapnya
Navigasi Web
dirumahaja Bersiap Diri Menyambut Bulan Mulia

dirumahaja Bersiap Diri Menyambut Bulan Mulia

Bulan Ramadhan yang dirindu akan menjelang. Kehadirannya bagai oase di tengah dahaga jiwa. Ramadhan menjadi tumpuan harapan, pelipur resah di tengah ujian corona.

Ramadhan bulan penuh kemuliaan. Nuansanya sudah terasa ketika kita melewati hari-hari di bulan sya'ban. Walaupun di tengah pandemi corona, semangat menyambut Ramadhan tak pernah kendor.

Berbagai kegiatan dapat kita lakukan untuk menyambut Ramadhan. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi ini. Selalu menjaga jarak, jaga kebersihan dan tidak lupa menggunakan masker ketika berada di keramaian.

1. Membersihkan lingkungan dan tempat tinggal

Seruan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah atau #dirumahaja membuat kita mempunyai banyak waktu untuk berada di rumah. Kita dapat mengisi kesempatan tersebut dengan bersih-bersih lingkungan kompleks, sekitaran rumah, pakaian atau peralatan shalat yang akan kita gunakan saat Ramadhan.

2. Membayar Hutang Puasa

Bagi ibu-ibu atau anak gadis atau orang sakit yang sempat tinggal puasa dan belum membayar puasanya, dapat menggantinya selama libur corona ini. Menganti puasa disaat yang lain tidak berpuasa memang berat apalagi di tengah kesibukan kerja atau sekolah yang padat. Nah, selama #dirumahaja mengganti puasa yang tinggal tentu bisa lebih terjaga dan ringan karena tak ada kegiatan yang terlalu menguras energi dan tenaga.

3. Memperbanyak Mempelajari Ilmu tentang Ramadhan

Jika di masa-masa normal kita sering hadir di majelis-majelis ilmu maka di masa #dirumahaja, kita juga dapat memperdalam pengetahuan kita khususnya tentang segala amalan yang berhubungan dengan Ramadhan. Kita dapat mengikuti pengajian online, membaca buku-buku tentang Ramadhan dan berkesempatan mengikuti dialog interaktif tentang keagamaan yang dibawakan di radio-radio yang ada di kota kita.

4. Memperbanyak Ibadah dan Doa

Ramadhan adalah bulan Ibadah. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya supaya memperbanyak ibadah dan doa-doa, baik ibadah wajib maupun ibadah sunat, karena pahala orang yang beribadah di bulan Ramadhan akan Allah SWT lipat gandakan dari bulan-bulan lainnya. Kita dapat memulai membiasakan mengerjakan ibadah-ibadah sunat selama masa #dirumahaja ini. Membiasakan shalat malam, shalat dhuha, membaca Alquran, memperbanyak shalawat dan bersedekah. Kata orang bijak untuk sesuatu yang baik, diri terkadang harus dipaksa mengerjakannya. Berawal dari keterpaksaan maka menjadi kebiasaan, dari kebiasaan maka menjadi suatu kebutuhan. Jika kita sudah terbiasa dengan ibadah-ibadah tersebut InsyaAllah Ramadhan kita penuh hikmah dan keberkahan.

Demikianlah beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk mengisi seruan #dirumahaja dalam mempersiapkan diri menyambut bulan mulia. Mari kita kencangkan doa, memohon ampun kepada Allah SWT atas segala khilaf & dosa. Semoga Allah SWT segera mengangkat wabah ini, dan Ramadhan kita semakin berseri. Marhaban Yaa Ramadhan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju ibu. Tahun ini adalah sangat spesial dalam menyambut Ramadan. Rekomendasi kegiatan yang sangat baik. Tulisan sangat menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

11 Apr
Balas

Salam sukses buk Nelli, kalo ke Meulaboh..kabarilah nanti

28 Apr
Balas

Semoga stay at home semakin menambah ketaatan kita kepada Allah, aamiin..salam.literasi bunda

10 Apr
Balas

Aminn, terima kasih semangatnya bunda Era

10 Apr



search

New Post