Refleksi Nilai dan Peran Guru Penggerak (Modul 1.2)
Refleksi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru penggerak
Oleh : Nelly Kartina Sosilawati
Apa nilai atau peran Guru Penggerak yang paling berdampak bagi Anda, dan bagaimana pengalaman belajar ini memengaruhi pandangan Anda terhadap peran Anda sebagai calon fasilitator guru penggerak?
1. Nilai dari Guru Penggerak yang paling berdampak pada saya adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Peserta didik.
Nilai-nilai ini diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri saya sebagai seorang Guru Penggerak. Kelima ini saling mendukung satu dengan lainnya, dan tentunya diharapkan menjadi pedoman berperilaku untuk seorang Guru Penggerak.
. Guru Penggerak yang mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. Prilaku yang bisa dilakukan guru adalah mau melakukan refleksi dan instrospeksi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Mau mendengar saran dan kritik dari pengawas, kepala sekolah, sesama guru dan peserta didik.
Seoarang guru reflektif selalu melihat dari sisi positif setiap saran dan kritik untuk memperbaiki kualitas kerja. Guru Tidak boleh merasa puas terhadap pembelajaran yang dilakukan. Guru berani jujur mengakui kekurangan dirinya dalam pembelajaran.
Prilaku guru penggerak berkaitan nilai kolaboratif adalah guru harus membangun hubungan kejasama yang positif dan harmonis dengan orang tua peserta didik, komite sekolah, organisasi di lingkungan sekolah, dan dinas pendidikan untuk kemajuan sekolah. Prilaku seorang guru penggerak terkait inovatif adalah guru penggerak harus mampu menemukan ide-ide atau gagasan baru tentang metede, media, dan suasana pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan menyenangkan.
Guru harus mengutamakan perkembangan peserta didik sebagai acuan utama, guru harus mampu menghadirkan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, menghadirkan pembelajaran dimana peserta didik membangun sendiri pengetahuanya. Guru harus mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila bagi peserta didiknya. Pelajar yang memiliki profil ini adalah peserta didik yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.
Apa tantangan utama yang Anda temui dalam mengimplementasikan nilai dan peran Guru Penggerak di sekolah, dan bagaimana strategi Anda untuk mengatasi tantangan tersebut?
2. Tantangan yang saya temui dalam mengimlementasikan nilai dan peran guru penggerak di sekolah awalnya adalah masih ada guru-guru yang tidak mau bergerak dan tidak mau keluar dari zona nyaman, tidak mau mengubah mind set.
Strategi yang saya lakukan adalah dengan melakukan pendekatan dan mengaktifkan komunitas belajar dalam sekolah, dimana dalam kegiatannya setiap guru melakukan refleksi, dan saling berbagi pengalaman dan berbagi praktik baik. Kegiatan ini terjadwal, dan rutin dilakukan. Semua guru diberikan kesempatan secara bergantian untuk menjadi narasumber berbagi praktik baik tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan, dan semua guru juga diberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik. Dan ternyata Kegiatan dalam Komunitas Belajar ini sangat tepat, guru yang awalnya tidak peduli, karena merasa tertantang akhirnya mau membuka diri untuk belajar dan meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang merupakan salah satu nilai dan peran guru penggerak.
Bagaimana nilai dan peran Guru Penggerak ini terhubung dengan pengalaman masa lalu Anda, relevansi dengan masa kini, dan rencana penerapannya di masa depan?
3. Kalau dihubungkan dengan pengalaman di masa lalu, nilai dan peran guru penggerak banyak sekali mengalami pergeseran.
Berpihak pada murid,dimana guru fokus pada perkembangan siswa dan menyadari setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dan guru harus berusaha memberikan dukungan sesuai karakteristik dan kemampuan siswa. Akan tetapi di masa lalu guru melakukan perlakuan yang sama kepada semua siswa dan masih beranggapan siswa yang pintar itu kalau memiliki nilai akademik yang tinggi dan kurang memperhatikan atau menghargai potensi lain yang dimiliki siswa.
Nilai-nilai dan peran guru penggerak sangat relevan dengan saat ini dimana seorang guru dituntut untuk mampu menjadi pemimpin yang beorientasi pada peserta didik, menuntun peserta didik sesuai dengan perkembangan zaman.
Seoarang guru reflektif selalu melihat dari sisi positif setiap saran dan kritik untuk memperbaiki kualitas kerja. Guru Tidak boleh merasa puas terhadap pembelajaran yang dilakukan. Guru berani jujur mengakui kekurangan dirinya dalam pembelajaran.
Prilaku guru penggerak berkaitan nilai kolaboratif adalah guru harus membangun hubungan kejasama yang positif dan harmonis dengan orang tua peserta didik, komite sekolah, organisasi di lingkungan sekolah, dan dinas pendidikan untuk kemajuan sekolah. Prilaku seorang guru penggerak terkait inovatif adalah guru penggerak harus mampu menemukan ide-ide atau gagasan baru tentang metede, media, dan suasana pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan menyenangkan. Nilai dan peran yang dimiliki guru penggerak ini tentunya tidak bisa digantikan dengan canggihnya teknologi, sehingga diharapkan terus bisa diterapkan di masa depan.

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar