nelmida,SPd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

JatuhTapai Tantangan 86

Jatuh tapai bisa dibayangkan, tapai yang terbuat dari ubi kayu yang direbus tambah pakai ragi yang dibungkus, lalu param selama tujuh hari. Warnanya putih, rasanya manis, enak, lembut.

Apabila jatuh, tapai itu lengket dilantai atau ditanah. Susah diambil kembali, tidak bagus dimakan karena sudah kotor dan terbuang.

Apabila kehidupan laksana jatuh tapai, kehidupan seseorang sama dengan bangkrut. Kalau sudah bangkrut banyak yang tergagalkan. Tetapi kalau iklas menjalaninya, banyak juga orang berhasil. Keberhasilan menjalani hidup harus dengan kerja keras, sehat, berfikir, cerdas. Misalnya, Ketika menyekolahkan anak dimasa bangkrut atau miskin,yang dimintak menyingkapi secara bijak. Terlebih dahulu menyingkapi kebutuhan hidup untuk sehari, perbulanan, persemester, pertahun. Apa saja tindakan yang diperbuat supaya terlaksana atau terbiayai. Kalau untuk kehidupan sehari harus sehari itu juga dapat uang. Kegiatan dilaksanakan misal membuat kue, pagi dijual, sore terima uang, labanya dibelanjakan, ditabung. Modal kembali untuk pembuatan kue. Kalau penghasilan sebulan, bertani menanam mentimun, sebulan sudah panen, hasil panen dijual ke gudang. Kalau untuk pembayaran per semester untuk uang semester sekolah anak, tanam padi, pepaya, cabe, dll. Yang penting berusaha. Tidak ada lahan, sewa atau bagi hasil, atau jualan baju,kosmetik yang penting halal, Insyaallah semua itu dapat tercapai.

Semua pekerjaan dapat dilaksanakan harus mempunyai ilmu. Ilmu itu didapat melalui membaca diberbagai media, berguru sama orang yang menguasai dengan istilah alam takambang jadi guru. Pilihlah pekerjaan yang tidak memakai modal banyak. Lama lama telah membiasakan diri, melakukannya tidak malu, akhirnya sudah menjadi hobby, walaupun susah payah , tidak terasa hari berlalu, waktu berjalan, anak anak menamatkan sarjana. Rasa lelah berganti sanang. Hidup sudah tua,anak berhasil, akhirnya kelayakan hidup akan kembali seperti sediakala.

Nelmida,SPd Pondok Rambutan 27 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post