nelmida,SPd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Musim Durian. Tantangan 78

 

 

           Buah durian adalah buah  musim tahunan. Buah yang berbuah sekali setahun. Buah durian kulitnya keras dan berduri, rasanya manis, gurih. Buah ini banyak disukai orang, apalagi dimakan dengan lemang. Lemang yang dibuat dari beras pulut ditambah santan kelapa yang dimasukan kedalam bambu tipis pakai daun pisang yang digulung lalu di diang ditepi api besar sampai masak seperti nasi. Makan durian sama lemang merupakan makanan paforit masyarakat Sumatera Barat. Bagi masyarakat perantau Minang banyak yang pulang kampung ketika musim durian. Apalagi musim durian bertepatan dengan hari libur sekolah dan lebaran. Kampung diramaikan para perantau dan juga banyak dikunjungi para wisata dari mana saja.

          Tetapi sekarang sebagian menjadi buyar. Ketika durian musim bunga sampai putik sangat lebat. Rasa optimis yang penuh harap bagi sipemilik batang durian, menyangka mendatangkan reski banyak. Karena buah durian  dimakan juga dijual. Ada yang dijual ke pedagang , ada pula yang dijual langsung keluar daerah.Ternyata sekarang setelah buah durian mulai besar datang kera meruntuh. Itulah yang membuat kecewa sebagian masyarakat dikampung ini. Sehingga tahun ini banyak mengalami gagal panen buah durian.

        Bagi yang lain ada juga berhasil panen. Karena mereka menghunikan duriannya sejak  durian itu muda. Kera yang mendekat mereka usir sampai kera itu lari masuk hutan. Bahkan ada yang menembak dengan senampan penembak kera, ada pula yang pakai katapel. Sehingga kera tidak lagi datang mengganggu buah durian mereka. 

 

 

Nelmida, Pulau Kapuk,19 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Durian banyak yang suka, jangan terlalu banyak makan durian, nanti sakit, he he, msntap bu.

19 Aug
Balas

Terimakasih bund kunjungnya

19 Aug

Asyiiknya kalu lagi.musim durian, salam bun

19 Aug
Balas

Salam bund

19 Aug

asyiknya bun..lagi musim durian

19 Aug
Balas

Ia,bund datanglah ke Maninjau bund

19 Aug



search

New Post