Neneng Kania Susi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Halo bapak ibu guru hebat.

Saya Neneng Kania Susi CGP Angkatan 7 Kabupaten Bogor. Saya akan menceritakan tentang hasil refleksi saya mengenai modul 2.2 “Pembelajaran Sosial Emosional” yang sudah saya pelajari dari tanggal 23 februari 2023 sampai 8 Maret 2023. Saya merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F/4P. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerpan saya dari modul 2.1 ini. Berikut hasil refleksi saya yang tertuang pada model refleksi 4F/4P.

1. Facts/Peristiwa

Kegiatan Modul 2.2 diawali dengan berselancar di LMS dengan dimulai dari diri tanggal 23 februari 2023. Setelah selesai pada alur mulai diri, 24 Februari 2023 sampai 27 februari 2023 saya melanjutkan ke alur eksplorasi konsep. Pada tahapan ini saya berselancar di 18 kotak dengan membaca materi-materi pada setiap kotak tersebut dan memberikan komentar serta pertanyaan pada setiap kotak tersebut. Kotak tersebut berisi mengenai materi Kompetensi sosial emosional. Selanjutnya saya melanjutkan ke alur forum diskusi eksplorasi konsep. Pada kegitan ini saya melakukan analisis terhadap lima kasus mengenai kompetensi sosial emosional yang dialami oleh Pak Eling di sekolah tempatnya mengajar.

Tanggal 13 Februari 2023 saya melanjutkan ke alur unggah tugas eksplorasi konsep. Pada kegiatan ini saya mengunggah “Diagram Frayer” yang sudah saya buat mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Pada diagram tersebut terdapat empat diagram yaitu mengenai pengertian, ciri.karakteristik, contoh, dan bukan contoh pembelajaran berdiferensiasi.

Tanggal 28 Februari 2023 saya bersama rekan CGP lainnya melanjutkan kegiatan dialur ruang kolaborasi. Kami bertemu dengan fasilitator melalui Gmeet. Kelompok saya mendapatkan jadwal pertama yaitu pada pukul 15.30 s/d 17.45. Pada kegiatan ruang kolaborasi yang pertama ini, fasilitator memberikan pemahaman mengenai KSE. Setelah itu, kami berdiskusi bersama kelompok masing-masing sesuai jenjang sekolah untuk mengidentifikasi Pembelajaran sosial emosional pada jenjang sekolah masing-masing untuk siswa dan untuk rekan guru. Kegiatan diskusi berjalan dengan penuh semangat dan lancar terdapat curah pendapat pada kelompok kami dalam menganailisis situasi tersebut. Setelah selesai berdiskusi kami kembali lagi ke mainroom. Setelah itu, kami melakukan refleksi kegiatan ruang kolaborasi yang pertama.

Tanggal 1 Maret 2023 pukul 13.00 s/d 15. 30 kami melanjutkan pada alur ruang kolaborasi yang kedua. Pada kegiatan ini, setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis bersama kelompoknya mengenai kegiatan implementasi PSE berdasarkan jenjang sekolahnya. Pada kegiatan ini, setiap anggota kelompok lain memberikan tanggapan dan pertanyaan kepada kelompok yang sedang presentasi. Kelompok saya mendapat tampilan yang pertama. Tugas saya saat presentasi adalah sebagai penanggap hasil presentasi kelompok C. Setelah selesai semua kelompok fasilitator memberikan tanggapan terhadap hasil presntasi setia kelompok. Kemudian setelah selesai setiap kelompok mengunggah hasil diskusinya di LMS pada alur unggah tugas ruang kolaborasi.

Kegiatan selanjutnya tanggal 2 dan 3 Maret 2023 saya berselancar dialur demonstrasi kontekstual. Saya membuat sebuah RPP pembelajaran berdiferensiasi dengan mengimplementasikan PSE pada RPP tersebut. Selanjutnya saya mengunggah RPP tersebut di LMS. Tanggal 6 Maret 2023 saya bersama CGP lainnya mengikuti kegiatan elaborasi pemahaman bersama Instruktur Bapak Ahmad Sutardi. Di sana saya mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman baru mengenai KSE ini. Saya juga melakukan kegiatan refleksi pada elaborasi pemahaman melalui Gform yang sudah disiapkan oleh fasilitator. Kegiatan selanjutnya yaitu koneksi antar materi di sana saya menjawab beberapa pertanyaan pemantik. Kemudian yang terakhir adalah aksi nyata. Di aksi nyata saya menjawab pertanyaan pemantik. Tanggal 7 Maret 2023 saya melaksanakan kegiatan pendampingan individu bersama Pengajar Praktik. Di sana saya merefleksiakan kegiatan prakarsa perubahan serta pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga bersama Pengajar Praktik melakukan prencanaan untuk observasi kelas pada pendampingan ke 3. Kegiatan saya pada modul 2.2 ini merupakan pengalaman yang berharga. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapat terutama mengenai KSE.

2. Feelings/Perasaan

Perasaan saya ketika awal mempelajari modul 2.2 ini penasaran. Penasaran karena saya baru mendengar mengenai PSE ini. Tidak hanya itu, saya juga merasa bahagia dan tertantang dalam mempelajari modul ini. Bahagia karena banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dari mempelajari modul ini. Merasa tertantang karena saya harus mempelajari modul ini sehingga saya dapat mengaplikasikan PSE ini di sekolah tempat saya mengajar.

3. Findings/Pembelajaran

Hal yang bermanfaat yang saya dapatkan pada modul ini adalah mengenai PSE yang harus dilaksanakan secara kolaboratif di sekolah bersama warga sekolah. Sebenarnya ada beberapa kegiatan di sekolah yang sudah dilaksanakan yang berhubungan dengan KSE ini, namun sebelum mempelajari modul ini saya tidak tahu kalau ada KSE. Hal yang bermanfata lain saya juga merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan tiga strategi KSE di kelas saya mengajar.

4. Future/Penerapan

Saya akan menerapkan strategi-strategi KSE serta teknik-teknik KSE dalam kegiatan pembelajaran. Saya juga akan mendesiminasikan KSE ini kepada rekan guru dan berkolaborasi membuat program-program kegiatan yang akan memunculkan serta mengembangkan KSE itu sendiri. Untuk diri saya sendiri, saya juga mencoba mengimplementasikan KSE ini seperti teknik STOP.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat dan menjadi semangat untuk kita semua guru hebat Indonesia.

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak Indonesia Maju

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post