Neneng Kania Susi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Halo bapak ibu guru hebat.

Saya Neneng Kania Susi CGP Angkatan 7 Kabupaten Bogor. Saya akan menceritakan tentang hasil refleksi saya mengenai modul 3.2 “Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya” yang sudah saya pelajari. Saya merefleksikan modul ini dengan menggunakan modul refleksi 4F/4P. Kegiatan refleksi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerpan saya dari modul 3.2 ini. Berikut hasil refleksi saya yang tertuang pada model refleksi 4F/4P.

1. Facts/Peristiwa

Kegiatan modul 3.2 diawali dengan alur Mulai dari diri pada tanggal 2 Mei 2023. Pada kegiatan mulai dari diri ini saya menjawab beberapa pertanyaan di LMS mengenai ekosistem dan sumber daya sekolah serta merefleksikan sosok pemimpin dalam mengelola sumber daya di sekolah. Kegiatan selanjutnya yaitu pada alur eksplorasi konsep. Alur eksplorasi konsep ini dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2023. Pada kegiatan eksplorasi konsep saya mengeksplor sendiri materi-materi mengenai penglolaan sumber daya di sekolah yaitu tentang faktor biotik dan abitotik, pendekatan berbasis aset dan kekurangan, pendekatan ABCD, dan aset-aset dalam komunitas. Kemudian dalam kegiatan ini saya menonton sebuah video mengenai situasi rapat dimana ada dua situasi yang berbeda. Saya menganalisis video tersebut mengenai pendekatan yang digunakannya dalam mengelola sumber daya. Kegiatan selanjutnya pada forum diskusi eksplorasi konsep saya menganalisis dua buah kasus kemudian saya mengomentari hasil analisis rekan CGP saya. Tahapan MERDEKA selanjutnya yaitu ruang kolaborasi yang pertama. Ruang kolaborasi yang pertama dilaksanakan tanggal 4 Mei 2023. Pada kegiatan ini saya bersama rekan CGP melakukan Meet bersama Ibu Fasilitator dan mendapatkan ilmu dari Fasilitator mengenai pengelolaan sumber daya di sekolah. Selanjutnya saya masuk ke room kelompok di sana saya berdiskusi untuk mengidentifikasi aset yang dimiliki oleh daerah yang bisa dimanfaaatkan untuk merancang kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan eksplorasi konsep yang kedua yaitu saya beserta rekan CGP lainnya melakukan presentasi hasil diskusi mengenai identifikasi aset yang dimiliki daerah. Kegiatan presentasi disertai dengan sesi tanggapan dan tenya jawab. Dari sesi ini saya mendapat tambahan ilmu dan pengalaman mengenai materi pengelolaan sumber daya. Kegiatan selanjutnya yaitu Demonstrasi kontekstual. Pada kegiatan demonstrasi kontekstual, saya menonton video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya. Kemudian saya menganalisis video tersebut dan mengaitkan pemahaman saya dengan materi sebelumnya yaitu visi serta prakarsa perubahan. Hasil analisis dituangkan dalam sebuah video dengan merujuk pada pertanyaan pemantik yang ada di LMS. Kegiatan selanjutnya yaitu elaborasi pemahaman bersama Instruktur. Sebelum itu, saya membuat sebuah pertanyaan dan dikirimkan pada LMS mengenai pengelolaan sumber daya. Pada kegiatan elaborasi pemahaman bersama intruktur saya mendapatkan banyak pemahaman baru mengenai materi ini. Tahapan merdeka selanjutnya yaitu koneksi antar materi. Pada kegiatan ini, saya membuat sebuah video yang isi videonya dibuat berdasarkan pertanyaan pemantik mengenai pemahaman saya mengenai peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Saya juga mengaitkan pemahaman saya pada modul ini dengan modul-modul sebelumnya. Kegiatan yang terakhir pada alur merdeka adalah aksi nyata. Pada kegiatan ini saya membuat sebuah kegiatan untuk mengidentifikasi sumber daya yang dimiliki sekolah dan pemafaatannya. Saya melakukan diskusi dengan murid dan rekan guru. Kegiatan MERDEKA pada modul ini sangat menantang dan juga menyenangkan bagi saya.

2. Feelings/Perasaan

Perasaan saya ketika mempelajari modul 3.2 ini adalah saya merasa senang, tertantang, dan penasaran. Saya merasa senang karena mendapatkan ilmu dan pengalaman dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah dan bisa bertindak serta berpikir berbasis aset.. Saya merasa penasaran karena sebelum mempelajari modul ini saya selalu bertindak dan berpikir berrdasarkan kekurangan yang dimiliki oleh sekolah. Namun ternyata setelah mempelajari modul ini saya menjadi lebih tertantang untuk menaambah ilmu dan mengidentifikasi aset yang dimiliki sekolah.

3. Findings/Pembelajaran

Hal yang bermanfaat yang saya dapatkan adalah mengenai bagaimana cara seorang pemimpin pembelajaran mengelola sumber daya berdasarkan aset. Pada modul ini saya mendapatkan pembelajaran bahwa sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus bisa mengeidentifikasi aset yang dimiliki sekolah dan bisa memanfaatkannya untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berpihak pada murid. Pembelajaran selanjutnya adalah kita harus selalu berpikir positif dan selalu berpikir berdasarkan aset yang dimiliki sehingga kreativitas dan ide kita bisa berkembang.

4. Future/Penerapan

Penerapan di masa mendatang, sebagai pemimpin pembelajaran saya akan melaksanakan kegiatan diseminasi mengenai modul ini di sekolah kepada kepala sekolah beserta dewan guru. Kemudian saya akan berdiskusi bersama warga sekolah untuk mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki oleh sekolah. Dalam setiap kegiatan dan tindakan saya akan mencoba untuk selalu menggunakan pendekatan berbasis aset di sekolah.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bermanfaat dan menjadi semangat untuk kita semua guru hebat Indonesia.

Salam Guru Penggerak

Guru Bergerak Indonesia Maju

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post