Neneng Rohayati

Guru Kimia di SMAN 5 Bekasi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
UMAR BIN AL-KHATHTHAB

UMAR BIN AL-KHATHTHAB

*M A R I B A R A J A .COM*

https://wp.me/pa7ASR-1m

*═════ ◎•❀•◎﷽◎•❀•◎ ═════*

 

*UMAR BIN AL-KHATHTHAB 

 

👤 Putranya Abdullah bin Umar radhiyallahu ' anhuma pernah menceritakan:

 

خَرَجَ عُمَرُ يَوْمًا إِلَى حَائِطٍ لَهُ فَرَجَعَ وَقَدْ صَلَّى النَّاسُ العَصْرَ فَقَالَ عُمَرُ : إِنَّ لِلَّهِ وَإِنَّ إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ فَا تَتْنِيْ صَلَاةُ العَصْرِ بِالجَمَاعَةِ. أَشْهَدُكُمْ أَنَّ حَائِطِيْ عَلَى المَسَاكِيْنِ صَدَقَةٌ لِيَكُوْنَ كَفَارَةً لِمَا صَنَعَ عُمَرُ

 

_“Suatu hari Umar keluar menuju kebun miliknya, dan ketika kembali dia mendapatkan bahwa orang-orang telah selesai melaksanakan shalat Ashar. Lalu Umar pun berkata: “Inna lillahi wainna ilaihi raji’un. Aku telah luput dari sholat Ashar berjama’ah. Persaksikanlah, bahwa kebunku itu adalah sedekah untuk orang-orang miskin, sebagai kafarat atas apa yang sudah dilakukan oleh Umar.”_ (al-Kabair Imam adz-Dzahabi: 31) Alih bahasa: Eka Nurhasanah, Cileungsi

 

__________________

 

☑️ Begitulah potret generasi terbaik dalam hal menjaga shalat berjama’ah. Umar bin Khaththab menyedekahkan kebunnya karena ia menganggap bahwa kebun itu telah menyibukkan serta melalaikan dirinya dari shalat Ashar. Sementara shalat Ashar adalah shalat yang disebutkan oleh Allah ﷻ secara khusus agar selalu dijaga. Allah ﷻ berfirman:

 

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

 

_"Peliharalah semua shalatmu, dan peliharalah shalat wustha (Ashar). Berdirilah untuk Allah dengan khusyu'."_ (QS. Al-Baqarah: 238)

 

❓Kalau kita, bagaimana? Alih-alih seperti Umar dan shalat berjama’ah di masjid. Seringnya kita malah telat shalat Ashar, kemudian beralasan: _“Tanggung, jam kerjanya belum selesai. Kerjaan tinggal dikit lagi.”_ Bukankah begitu?!

 

 

*🔰Semoga bermanfaat.*

Ditulis oleh: _Zahir al-Minangkabawi_

👥Daftar group *Maribaraja.com*, klik: *https://bit.ly/3e8Ovle*

_📢Gabungkan no admin kami; *0813-8219-5732* ke grup Anda, untuk mendapatkan support artikel dakwah_

♻Silahkan dishare, follow;

Telegram: *http://bit.ly/2TEqyHj*

Fanspage: *http://bit.ly/2NVdxeH*

Instagram: *http://bit.ly/2S38siB*

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post