Neneng Tuti Yuniarti

Neneng Tuti Yuniarti lahir di Bandung 9 Agustus 1962. Mengajar di SMAN 4 Bogor 1992 - sekarang. Menulis adalah bagian dari hidup.Menulis membawaku kelilin...

Selengkapnya
Navigasi Web
CAP GO MEH

CAP GO MEH

CAP GO MEH selain puncak kegiatan dari ritual beragama Tionghoa yaitu Imlek. Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa dan memiliki pengaruh pada perayaan tahun baru di tetangga geografis Tiongkok, serta budaya yang dengannya orang Tionghoa berinteraksi meluas. Selanjutnya kegiatan ini terlihat di besok hari. Acara dimulai pukul 12.00 sampai sore. Kegiatan dilengkapi dengan festival budaya dengan menghadirkan 20 Sanggar Seni di Kota Bogor.

Cap Go Meh di Bogor kali ini digelar sebagai Kegiatan Bogor Street Festival. Kegiatan Bogor Street Festival ini dibagi menjadi dua bagian yakni pawai barongsai, liong, joli, dan kesenian tradisional, dari Vihara Dhanagun di Jalan Surya kencana menuju ke Jalan Siliwangi dan kembali lagi ke Vihara Dhanagun.Kemudian, penampilan seni dan budaya di panggung pertunjukan di Jalan Suryakencana dekat Vihara Dhanagun. Penonton mulai berdatangan dari pukul 10.00 dari mana-mana dan pukul 12.00 mulai macet sampai malam.

Cap Go Meh atau festival budaya ini setiap tahun diperingati sehingga pantas sudah masuk 100 dalam daftar agenda pariwisata terbaik nasional ini, karena penyelenggaraannya . Mendengar kabar bahwa Bogor Street Festival CGM 2020, bahwa Menteri Pariwisata dan beberapa duta besar dari negara sahabat, akan menghadiri Bogor Street Festival CGM 2020. Penasaran ...Hayoo datang ke Bogor mumpung masih ada waktu , naik kereta dari Jakarta Bogor dekat untuk menyaksikan acara spektakuler ini. Segera berkemas...Ini merupakan kegiatan budaya sehingga bisa dijadikan tulisan cerpen budaya walau Cap Go Meh budaya dari Tiongkok. Kegiatan ini merupakan kolaborasi seni budaya asing dan Indonesia khususnya Jawa Barat sehingga terwujud festival seni .Bogor Merah dihiasi lampion di sepanjang jalan Surya Kencana Bogor dan luak-liuk barongsai dalam pawai budaya , walau pun hujan turun tetap jalan karena menurut mitos orang Tionghoa mendatangkan berkah.

Penulis berharap nilai-nilai budaya dapat semakin diterapkan oleh masyarakat setelah acara festival ini usai tetap menjaga kerukunan beragama. Begitulah Bogor punya salah satu agenda kegiatan yang unik di puncak kegiatan Imlek setiap tahunnya. Wisatawan pun datang turun menyaksikan acara bergengsi ini. Yoo. Ramai - ramai besok menuju Bogor!!

Bogor, 7 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hayoo ke Bogor

08 Feb
Balas

keren bun

07 Feb
Balas



search

New Post