Neneng Tuti Yuniarti

Neneng Tuti Yuniarti lahir di Bandung 9 Agustus 1962. Mengajar di SMAN 4 Bogor 1992 - sekarang. Menulis adalah bagian dari hidup.Menulis membawaku kelilin...

Selengkapnya
Navigasi Web
FESTIVAL BUDAYA SUNDA

FESTIVAL BUDAYA SUNDA

Bahasa ibu adalah bahasa asli, bahasa pertama yang dituturkan oleh 'penutur asli'; bahasa pertama yang dipelajari seorang anak dari keluarganya. Bahasa Indung di Jawa barat yaitu bahasa Sunda. Secara serentak di seluruh dunia, hari ini Kamis 21 Februari merupakan Bahasa Ibu yang secara resmi ditetapkan oleh Badan Dunia UNESCO.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, basa ibu atau biasa disebut Basa Indung oleh orang Jawa Barat, yaitu bahasa Sunda harus dijaga dan dipertahankan keberadaannya.

Oleh karena itu di SMAN 4 Bogor diperingati setiap tahun ,seperti halnya tahun ini berupa Festival Budaya . Dalam kegiatan ini diselenggarakan berbagai lomba diantaranya lomba Rampak Sekar, lomba Membaca Puisi, lomba Pidato, lomba Stan, lomba Karajinan, lomba Kauliman, lomba Dongeng, dan lomba Poster. Kegiatan diawali dengan sambutan dan opening ti ekstrakulikuler Seni. Sambutan kepala sekolah Ibu Hj. Enung Nurifah ,S.Pd. M.Pd. menekankan bahwa kita harus melestarikan budaya Sunda siapa lagi yang akan melestarikan kecuali bangsa sendiri. Leungit basa leungit budayana, leungit budayana ancur bangsana, sabab basa Jeung budaya mangrupikeun harkat martabat hiji bangsa.

Untuk tahun ini peringatan Bahasa Indung luar biasa selain khusus bahasa juga kebersihan berhubungan dengan "Peduli Sampah " diselenggarakan Seminar tentang Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN) disampaikan oleh Setiawati,S.Hut,M.Si. di ruang Auditorium SMAN 4 Bogor yang dihadiri siswa dan guru sehingga dua kegiatan langsung diselenggarakan di waktu yang sama.

SMAN 4 Bogor memang luar biasa.

Bogor, 21 Februari 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren

21 Feb
Balas



search

New Post