Neneng Tuti Yuniarti

Neneng Tuti Yuniarti lahir di Bandung 9 Agustus 1962. Mengajar di SMAN 4 Bogor 1992 - sekarang. Menulis adalah bagian dari hidup.Menulis membawaku kelilin...

Selengkapnya
Navigasi Web
MUSIKALISASI PUISI

MUSIKALISASI PUISI

MUSIKALISASI PUISI

Pengertian puisi yaitu suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyair dengan cara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinnya menurut Herman J. Waluyo.

Secara umum, pengertian puisi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra ini dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyair.

Ciri puisi bisa dilihat dari jenis puisi lama dan puisi baru . Puisi lama ciri-cirinya :

1. Tidak diketahui pengarangnya,terikat berbagai peraturan seperti rima, irama, baris dan bait.

2. Disebut sastra lisan karena penyampaiannya dari mulut ke mulut.

3. Berisi tentang kerajaan dan fantastis.

4. Majas yang digunakan tetap dan klise.

Sementara puisi baru ciri-cirinya :

1. Nama pengarang puisi banyak diketahui.

2. Tidak terikat peraturan seperti rima, irama, baris dan bait.

3 . Penyampaiannya melalui lisan serta tulisan.

4. Berisi tentang kehidupan-kehidupan.

5. Majas berubah-ubah atau dinamis.

6. Berbentuk rapi dan simetris.

7. Persajakan akhir biasanya teratur.

Dengan demikian puisi baru memudahkan siswa menulis puisi . Untuk kesempatan hari ini penulis menyampaikan materi puisi tentang musikalisasi puisi.

Musikalisasi Puisi adalah pembacaan puisi dengan iringan musik atau pemberian titinada atau tangga nada pada baris-baris puisi sehingga puisi tersebut dapat dinyanyiksn. Musikalisasai Puisi Menurut Antilan Purba ialah bahwa musikalisasi puisi mengubah puisi menjadi lagu. Dengan musikalisasi siswa akan lebih antusias. Seperti halnya di kelas XMipa4 pada jam pelajaran pertama. Dua jam mereka telah dapat mengubah puisi menjadi lagu . Pengubahan puisi menjadi lagu ketentuannya tidak boleh menggunakan lagu yang sudah ada baikku pop Indonesia maupun asing. Sepenuhnya karya siswa.

Langkah-langkah langkah yang dilakukan penulis :

1. Menentukan puisi yang dijadikan bahan untuk dibuat musikalisasi.

2. Membagi kelompok menjadi 4 kelompok salah satu harus ada yang bisa atau mahir alat musik.

3. Menyajikan puisi dua kelompok yang berbeda sehingga penulis tidak monoton menilai dan menyimak tampilan siswa. Bisa menjadi bahan perbandingan dua kelompok .Menyiapkan jurnal untuk penilaian.

4.Langkah-langkah membuat musikalisasi puisi adalah

5. Menentukan suasana, tema, dan makna puisi tersebut terlebih dahulu.

6. Menentukan aransemen sederhana berdasarkan suasana, tema, dan makna puisi tersebut.

7. Berlatihlah menyanyikan puisi tersebut dengan iringan aransemen yang telah ditentukan.

Bagaimana kesan siswa tentang pelajaran hari penulis mengajak mereka bermusikalisasi :

Pendapat siswa tentang pembelajaran musikalisasi :

Azania Baruna x MIPA 5

Menurut saya belajar musikalisasi puisi sangat menyenangkan karena bisa membuat saya berkesempatan untuk membuat nada saya sendiri

Dimaz Dharma J X Mipa 5

Menurut saya pembelajaran hari ini mengenai hari ini musikalisasi puisi membuat saya bisa mengekspresikan diri saya sendiri serta membuat saya berlatih membuat nada yang pas untuk puisi yang dibaca.

M Elmar Muhabar X MIPA 5

Menurut saya pembelajaran kali ini dapat membuat siswa lebih kreatif dan aktif sehingga siswa pun menjadi tidak merasa bosan karena dapat mengekspresikan diri.

Dengan pendapat siswa di atas dan melihat situasi siswa dan keseriusan mengubah puisi menjadi lagu atau musikalisasi maka pembelajaran menarik. Terlebih saat penilaian nanti. Siswa diperbolehkan menggunakan kostum seakan-akan pentas. Beritanya Minggu depan karena penilaian dilanjutkan di pertemuan berikutnya. Latihan musikalisasi butuh proses bukan.instan jika hasilnya akan lebih baik. Musikalisasi selain harus menguasai lagu, penghayatan,keselarasan antara nada dan puisi.

Bogor, 5 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barrakallah

05 Feb
Balas

Pendapat siswa tentang musikalisasi puisi sangat bagus dijadikan ide menulis

05 Feb
Balas

Wah jadi seruu ya bu

05 Feb
Balas



search

New Post