Neneng Tuti Yuniarti

Neneng Tuti Yuniarti lahir di Bandung 9 Agustus 1962. Mengajar di SMAN 4 Bogor 1992 - sekarang. Menulis adalah bagian dari hidup.Menulis membawaku kelilin...

Selengkapnya
Navigasi Web
UPACARA BENDERA

UPACARA BENDERA

Upacara bendera setiap hari Senin dilaksanakan di semua sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Tujuan dari upacara bendera menanamkan nilai-nilai nilai luhur bangsa Indonesia dan rasa kebangsaan yang tinggi sehingga siswa Cinta Terhadap Tanah Air sebagaimana bunyi yang tertuang dalam Sumpah Pemuda. Cinta bangsa, bahasa, dan negara yaitu Indonesia. Disamping itu kedisiplinan petugas begitu pula peserta upacara. Ketertiban siswa menunaikan janji siswa yang dibacakan semua siswa merupakan komitmen dengan aturan tata tertib yang ditentukan pihak sekolah. Sekolah mempunyai aturan jika tidak mengikuti maka kena imbasnya berupa sangsi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan siswa.

Tujuan upacara bendera secara umum adalah menumbuhkan karakter gotong royong dan kebersamaan, terlihat dari bagaimana posisi badan, ayunan tangan, serta hentakan kaki para petugas pengibar harus bergerak dalam harmoni.

Pentingnya upacara bendera di sekolah karena manfaatnya :

1. latihan kepemimpinan dengan menjadi seorang pemimpin yang memimpin kelompoknya,

2. salah satu kesempatan bagi kepala sekolah untuk berbicara langsung pada seluruh siswa, dan

3. menumbuhkan rasa kerjasama antarsiswa, dengan bergantian menjadi petugas upacara pengibaran bendera.

Upacara bendera saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

4. menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa kepada para siswa, Squad, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebinekaan.

Dengan upacara bendera hikmah yang dirasakan siswa harus datang lebih awal agar tidak telat mengikuti upacara. Selain itu upacara bendera bagi siswa juga bermanfaat untuk melatih diri disiplin terhadap aba-aba dalam upacara bendera. Ada saatnya posisi siap sempurna dan istirahat di tempat. Selain itu , Kepala sekolah , Wakil Kepala Sekolah ,Guru dan Stap TU pun harus datang lebih awal untuk mengikuti upacara sebagai peserta upacara dan pembina upacara diantara.

Bogor, 17 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

17 Feb
Balas

Keren

17 Feb
Balas

Rutin setiap senin Bu?

17 Feb
Balas



search

New Post