Neng Sri Purna,S.H,M.Pd

Bekerja sebagai Guru PPKN pada MTsN 8 AGAM, sejak tahun 2004. Tamatan Fakultas Hukum pada tahun 1997 dan melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana pada tahun 2008 da...

Selengkapnya
Navigasi Web
Beratnya Istiqamah (tantangan menulis gurusiana hari yang ke-340)

Beratnya Istiqamah (tantangan menulis gurusiana hari yang ke-340)

Ujian yang paling berat dalam beribadah yaitu masalah istiqamah. Menjaga hati, keinginan dan keyakinan agar selalu istiqamah dalam melaksanakan ibadah merupakan gambaran tingkat ketaqwaan seorang hamba kepada Rabbnya.

Manusia sebagai insan yang hatinya susah untuk kokoh pendirian, karena kadar keimanan seseorang kadang naik kadang turun. Disaat kadar keimanannya sedang naik, maka dia akan selalu taat dan patuh dalam menjalankan ibadahnya, rutin dalam puasanya, rutin shalat berjamaah ke Masjid, rutin membaca Alquran, rutin dhuha, rutin tahajud dan rutin dalam bersedekah. Dalam kesehariannya selalu penuh dengan ketaatan dan banyak megerjakan amalan Sunnah dan fokus dengan amalan Wajib.

Begitulah gambaran hati dan iman seseorang yang sedang istiqamah. Namun jika hati dan iman mulai lemah, dan kadar keimanan mulai menurun, ketaatan mulai berkurang. Malas untuk bangun sebelum subuh, malas untuk ke Masjid, malas untuk Dhuha, malas untuk sedekah dan kemalasan yang amalan lainnya. Begitu terasa berat dihati untuk beribadah dan lebih senang berleha-leha, bersenda gurau dan menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Memang sudah sepantasnya surga balasan bagi orang yang bertaqwa sebab ujiannya juga sangat berat dalam menjaga ketaqwaannya dan sangat banyak godaannya agar selalu istiqamah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

09 Mar
Balas



search

New Post