Nenri Gusni

Guru di SMAN Unggul Dharmasraya Sumatera Barat ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kecewa, Realita tidak sesuai Ekspektasi

Di saat lelah dan terpuruk oleh ketidakberdayaan, selalu ada cara untuk bangkit. Asal ada niat dan semangat.  

Itulah yang sekarang saya alami. 26 tahun yang lalu,  8 SKS saya mengikuti mata kuliah menulis, ditambah 10 SKS mata kuliah jurnalistik. Lalu setiap tahun mengikuti pelatihan jurnalistik baik sebagai peserta maupun panitia. Juga aktif di kegiatan mahasiswa komunikasi dan penerbitan kampus. Kadang terlibat aktif juga di koran kampus.  Serta penyiaran radio kampus.

Namun, sampai saat ini, jarang sekali di asah. 

Memang, saya sudah lama tidak mengasah kemampuan menulis. Sebagai guru bahasa Indonesia, saya selalu membimbing siswa menulis. Entah itu karangan, karya tulis, puisi, cerpen, malah ada drama. Tapi, menuliskan sendiri atas ide yang muncul dalam kepala,  tidak pernah saya lakukan. Terkadang ide tersebut saya tulis di buku catatan harian. Namun mengembangkan ide tersebut selalu mandeg. Ada saja alasan sehingga tidak tuntas mengembangkannya

Saat ini, ketika media guru membuka kelas menulis, saya betul-betul ingin menyelesaikan sebuah novel yang sudah saya rencanakan penulisan semenjak 6 bulan yang lalu. Momen nya sangat tepat. Sepertiga akhir Ramadhan, dalam masa pandemi. Banyak waktu terbuang di rumah. Lagi pula saya tidak suka menjadi generasi rebahan. Jadilah saya ikuti pelatihan daring Sagusabu 1 sehingga ide tersebut dilaksanakan. Setelah banyak tambahan ilmu yang diperoleh dari narasumber, saya mulai berjibaku melanjutkan tulisan. Mengembangkan fakta menjadi sebuah fiksi. Siang malam, di waktu senggang dan di jam malam. Terkadang saya hanya tidur 2 jam saja.

Lebaran pun tidak banyak silaturahmi ke tetangga dan saudara, jadi saya fokuskan di rumah memang untuk menulis. Sampai sampai, semua menu lebaran untuk satu minggu saya pesan secara daring ke teman. Mulai dari bakso, mie ayam, pempek Palembang, serta beberapa macam kue lebaran. Hampir semua saya pesan. Hanya satu yang saya buat sendiri di rumah, yaitu stup roti menggunakan toping keju dan mieses. Fla nya terbuat dari susu campur santan kental. Selebihnya saya order online melalui Facebook.Untuk daging olahan ketika hari H lebaran, biasanya saya bikin rendang daging. Tapi karena tidak ingin berlama lama di dapur, daging tersebut saya dendeng saja biar cepat selesai. Saya betul-betul ingin memanfaatkan momen ini untuk menulis dan menulis.

15 hari tulisan tersebut saya rasa sudah selesai, saya tidak punya ide lagi untuk melanjutkan. Lalu beberapa kali saya baca untuk mengedit sendiri kata-kata dan tanda bacanya seperti yang saya lakukan kepada tulisan siswa saya. Tapi apa yang terjadi? Semakin saya baca, semakin terpuruk saya dengan apa yang saya tulis. Saya merasakan saya tidak bisa menulis fiksi. (Padahal menulis yang lain juga tidak bisa). Saya kecewa dengan tulisan saya sendiri. Sangat jauh dari ekspektasi saya. 

Bersambung (ngantuk)

Taman Sari, Sitiung 1. 10 Juni 2020

 

#Tantangan menulis hari ke-1

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat Bu ... Tapi memang kasus sama pengin nulis begitu diedit ternyata banyak yg tdk sesuai ... Utk itu dari yg santai seperti kata Pak Eko ... Yg tdk perlu ribet ...

11 Jun
Balas

Iya Bu, terimakasih banyak Bu.. tetap semangat

11 Jun

Masih ada 6 hari lagi batas waktunya bu Nenri. Ayo bu, jangan patah semangat

11 Jun
Balas

Bener bu. Terimakasih banyak. Semangat

11 Jun

Semangat, bun. Keren sudah menyelesaikan, tinggal swasunting saja lagi. Sukses selalu, bun. Salam kenal dan salam literasi. Kita sekelas di sagusabu online satu.

11 Jun
Balas

Salam kenal juga Bun, insyaallah berusaha lagi semangat. Terimakasih Bun

11 Jun

Semangat bu,salam literasi

10 Jun
Balas

Ya bu, terimakasih, salam literasi. Ditunggu kunjungan ku yaa

11 Jun

Semangat, nen. Semoga bisa bangkit kembali. Terpuruk adalah hal yg merugikan. Baca dan ulang lagi apa yg sudah di buat, tidak ada yg tidak bisa. Semoga bukunya cepat selesai. Ayooo.. Semangat..

11 Jun
Balas

Aamiin. Terimakasih motivasinya un

11 Jun

Tetap semangaat bunda, sy pun menulis tdk bisa dipaksa..karena psikis dan mentalitas seseorang pasti berbeda..salam sukses selalu bunda

12 Jun
Balas

Betul sekali pak. Nyaman dan tentramnya mendengar motivasi bapak

13 Jun

Semangat Bun >>Kalo saya modal nekat dan nulis sederhana aja ..abisnya bukanlatar belakang guru bahasa Indonesia..Keren Bun,,semangat

11 Jun
Balas

Terimakasih Bun, itu lah Bun, Betul kata pak Khalid Al-Rasyid di atas, bahwa psikis dan mentalitas seseorang itu berbeda. Termasuk targetpun berbeda.

13 Jun

Terimakasih Bun, itu lah Bun, Betul kata pak Khalid Al-Rasyid di atas, bahwa psikis dan mentalitas seseorang itu berbeda. Termasuk targetpun berbeda.

13 Jun

Terimakasih Bun, itu lah Bun, Betul kata pak Khalid Al-Rasyid di atas, bahwa psikis dan mentalitas seseorang itu berbeda. Termasuk targetpun berbeda.

13 Jun

Semangat bu

11 Jun
Balas

Terimakasih Bun

13 Jun

Semangat.... Bu, ada mantra setiap saya posting di facebook MGI saya selalu menulis ini sebelum posting tulisan "Tetap dan terus menulis," dan benar ini memberikan dampak positif. Saya akan menulis sesuatu yag bersifat hiburan bila ide menulis tidak ada misalmenulis pantun, puisi, atau pentigraf. Keren juga tulisan ibu.... tetaplah dan terus menulis. Terima kasih kunjungannya.

14 Jun
Balas

Siip pak, terimakasih pencerahannya dan motivasinya. Saya terkesan dengan motivasi yang bapak berikan. Tidak menggurui dan mengena. Salam sukses selalu pak. Terimakasih juga. Semoga tetap saling mengunjungi

14 Jun

Ayoo,Bu. Semangat... Kita belajar bareng..

11 Jun
Balas

Ayo Bu.. semangat

11 Jun

Semangat buk

15 Jun
Balas

Yup, thanks ya

15 Jun

Yup, thanks ya

15 Jun

Keren buk

16 Jun
Balas

Thanks

17 Jun



search

New Post