Neti Erawati, S. Pd

Hai...... Namaku Neti Erawati, saya seorang wanita kelahiran 08 Mei 1973, saya berprofesi sebagai seorang guru sekolah dasar di SDN 04/VII Sarkam I...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Sumatera 1 Internet Pendidikan yang Memoles Pencerahan Pemikiran Guru

Webinar Sumatera 1 Internet Pendidikan yang Memoles Pencerahan Pemikiran Guru

Tantangan 3

Adanya wabah Pandemi Corona membuat banyak kegiatan menjadi tertunda. Termasuk juga kegiatan belajar mengajar di sekolah, sehingga guru dan pihak dinas pendidikan harus memutar otak mencari solusi terbaik, lockdown dan PSBB membuat semua orang harus di rumah aja. Termasuk siswa sekolah, akhirnya pemerintah memutuskan siswa tetap libur namun pembelajaran tetap berlangsung, dengan cara melakukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara daring .

Begitu juga dengan kegiatan di MGI, banyak yang tertunda tapi pak CEO yang kreatif dan berinovasi selau mendapatkan strategi untuk mengemas berbagai kegiatan dalam bentuk daring, misalnya mengadakan webinar III Guru Penggerak Menjawab, sagusabu, dan webinar Sumatra 1 yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2020, tepat pada hari kelahiran saya

Kegiatan webinar Sumatra 1 dilaksanakan dengan menggandeng pihak Indosat Ooredo Regional Sumatra menyelenggarakan Webinar dengan tema Internet Pendidikan. Sekitar 268 partisipan dengan wilayah domisili di Sumatra menghadiri Webinar ini. Kegiatan webinar Sumatra 1 dilaksanakan mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Menurut penyampaian Pimpinan umum MGI dan CEO Gurusiana yaitu pak Muhammad Ihsan yang bertindak sebagai host pada acara pembukaan webinar Sumatra 1, Sumatra Barat memiliki 6512 guru penulis dan Sumatra Utara memiliki 4089 guru penulis. Di Sumatra ada dua provinsi yang memiliki guru penulis terbanyak sekitar lebih dari sepuluh ribuan

Pada saat kegiatan itu hadir juga pemimpin Indosat yaitu pak Budiono selaku Head of Sales Nothern Sumatra Area. Sesuai dengan pernyataannya pada webinar Sumatra 1 bahwa pihak Indosat “Kami siap membantu kegiatan literasi Bapak/Ibu di daerah masing-masing.” Tentu saja membuat peserta merasa gembira, apalagi pihak Indosat memahami kebutuhan daring peserta yaitu berupa paket data.

Keynote Speaker pak Erman Zaruddin, Kepala Kemenag Kabupaten Bintan menyampaikan materi dengan amat luar biasa, bahwa " Internet Pendidikan di masa Pandemi Covid-19, mau tidak mau memaksa guru harus mampu menggunakan pembelajaran daring".

Ibu Wiwik Puspitasari salah satu narasumber yang juga Kepala PAUD Jasmine Islamic Kota Medan, Instruktur Nasional MediaGuru, dan Ketua Umum Ikatan Pendidik Penulis Sumatra Utara sebagai salah satu narasumber. "Siswa PAUD memiliki keterikatan istimewa dengan gurunya. Maka Jasmine Islamic dalam masa Covid-19 ini tetap menyapa siswa melalui rekaman video".

Sedangkan paparan ibu Fadillah Rahmi, seorang narasumber yang berasal dari Guru SMAN 1 Galang Deli Serdang, Founder Gawai Ramah Keluarga. Memperkenalkan penggunaan gawai di lingkungan siswa SMA. “mengajaran cara posting hal-hal positif di medsos , mengadakan bimbingan pada siswa atas perilaku yang menyimpang dengan mencari informasi mendalam di internet dan mencermati gejala sosial melalui internet ".

Menurut penjelasan pak Yul Pendri, selaku narasumber yang bertugas sebagai guru di SDN 26 Kota Jambi yang memaparkan pengalamannya ketika menggunakan internet pendidikan , bahwa "siswa sekolah dasar sudah bisa kita kenalkan dengan internet, seperti yang saya lakukan pada siswa saya. Selain menggunakan grup WA, juga menggunakan aplikasi Edmodo".

Semoga kegiatan webinar Sumatra 1 bermanfaat bagi kita semua dengan harapan akan ada webinar-webinar lainnya menyusul, sebagai penambah energi kita mengahadapi tantangan untuk memajukan pendidikan di masa depan.

#Terimakasih pak CEO dan para Narasumber.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post