Ngudyo Rahayu

Saya seorang guru di Sekolah Dasar Negeri 4 Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Saya selalu tertarik untuk menulis meskipun ilmu saya s...

Selengkapnya
Navigasi Web

Masuk Pak Eko! TantanganGurusiana(1)

Masuk Pak Eko!

#TantanganGurusiana(1)

Aku adalah seorang guru Sekolah Dasar yang agak tertarik untuk menulis. Di masa pandemi covid-19 ini, aku masih mempunyai sisa waktu untuk menulis berbagai hal. Meskipun aku tidak yakin sama sekali tentang kualitas tulisanku. Oleh karena itu, aku mengikuti pelatihan menulis online di gurusiana. Sebenarnya aku sangat bosan dengan berbagai pelatihan dan seminar online, karena aku sudah cukup sering mengikutinya demi mendapatkan sertifikat. Maklum, bagi seorang ASN yang hendak mengajukan kenaikan tingkat, sertifikat merupakan salah satu syarat pengembangan diri yang harus dimiliki. Tentu saja sertifikat yang dimaksud haruslah sesuai dengan bidang profesinya.

Di masa pandemi covid-19 ini, aku tetap wajib datang ke sekolah. Melaksanakan pembelajaran online, dan mengerjakan administrasi pembelajaran. Aku pulang ke rumah pukul 14.00 WIB sesuai ketentuan dinas pendidikan setempat. Aku sudah sangat capek jika masih harus mengikuti berbagai pelatihan online yang biasanya menggunakan aplikasi zoom dan webex. Oleh karena itulah, aku sering menonaktifkan videoku ketika mengikuti pelatihan online apapun. Aku yakin, semua pasti mengetahui alasannya. Ya, karena capek, biasanya aku mengikuti pelatihan atau seminar online dengan posisi sesuka hati dan dalam keadaan setengah tertidur. Apalagi jika pelatihan atau seminar online tersebut dilaksanakan pada jam-jam istirahat siang. Rasanya suara para tutor terdengar mendayu-dayu seolah sedang meninabobokan aku.

Tetapi, kali ini beda. Ketika aku mengikuti pelatihan menulis di gurusiana, aku bertemu dengan para tutor yang sangat menyenangkan, pintar dan lucu. Materi yang disampaikan sangat mengena, sesuai dengan yang aku harapkan. Aku yang tadinya mengantuk menjadi semangat lagi dan tidak ingin tidur. Aku yang tadinya agak suka menulis, menjadi sangat ingin segera menulis. Nama tutor itu Pak Eko Prasetyo, dan kawan-kawan. Beliau tidak menyertakan gelar pada namanya. Sangat terlihat kalau beliau-beliau ini rendah hati.

Oleh karena itu, aku ingin berterima kasih pada Pak Eko dan kawan-kawan yang genius dalam melaksanakan pelatihan online ini. Menurutku, para tutor di pelatihan dan seminar yang lain juga harus banyak belajar dari beliau-beliau ini. Jangan hanya fokus pada penyampaian materi saja. Tetapi juga harus menciptakan suasana yang menyenangkan bagi para peserta pelatihan. Tidak bertele-tele, tetapi juga tidak terkesan terlalu serius. Para peserta pelatihan merasa nyaman untuk bertanya berbagai hal, tanpa kuatir malu dicela atau diacuhkan. Tidak sama sekali. Pernah aku mengirim pesan whatsapp pribadi ke beliau, ternyata dijawab juga dan diberi penjelasan-penjelasan, meskipun mungkin beliau sangat sibuk. Hal ini menunjukkan bahwa beliau dan tim-nya sangat bertanggung jawab dan memiliki komitmen yang tinggi dalam memberi bimbingan menulis kepada para peserta pelatihan selama satu bulan ini.

Kepada Pak Eko Prasetyo dan kawan-kawannya yang hebat. Trimakasih banyak atas ilmunya. Jangan bosan jika kami sering mengganggu dengan berbagai pertanyaan yang kurang berbobot. Maklum, kami banyak yang masih pemula dalam menulis. Sekali lagi terimakasih banyak atas ilmunya. Masuk Pak Eko!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Siip... Keren bu

21 Jun
Balas

Trimakasih, Bund.Selalu mohon koreksinya ya.Kita saling mengunjungi.

21 Jun

Mantap bu!

21 Jun
Balas

Wkwkwk... Trimakasih, Bunda.

21 Jun

Keren bu

21 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda.Semoga kita semua lancar menulis.

21 Jun

Mantap banget, diksinya aku suka...!Semangat menulis terus, Bue !Salam Literasi !

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bpk. Trimakasih juga sudah berkenan mengunjungi tulisan saya.Semangaaat...!Salam Literasi!

22 Jun

Pelatihan sagusabu4 yang luar biasa istimewa' dan mengena.Salam literasi

21 Jun
Balas

Amiiin. Iya, Bunda. Trimakasih kunjungannya njih.

21 Jun

Mengalir seperti air Bu... Keren

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bpk.Ini masih belajar. Mohon senantiasa koreksi dan kunjungannya.

22 Jun

Siipppp....

21 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda.Semangaaaat...!

21 Jun

Mantab,Bu. Ayoo menulis terus..

21 Jun
Balas

Mari, Bu. Siap dan semangaaaat.Trimakasih kunjungannya ya, Bu.

21 Jun

Kerenn bunda salam literasi

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda.Trimakasih kunjungannya.

22 Jun

Semangat terus berkarya bu lewat tulisan.Siip betul pelatihan online yg sgt menyenangkan.Antar peserta lgsg akrab bagaikan saudara utk saling belajar.Mampir juga ke vilaku ya bun.

21 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda. Saya siap belajar dari bpk dan ibu semua.Trimakasih kunjungannya, Bunda.

21 Jun

Semangat terus berkarya bu lewat tulisan.Siip betul pelatihan online yg sgt menyenangkan.Antar peserta lgsg akrab bagaikan saudara utk saling belajar.Mampir juga ke vilaku ya bun.

21 Jun
Balas

Lancar terus

21 Jun
Balas

Amiiin. Baru mulai yang ke-1, Bunda.Mohon doanya.

21 Jun

Trimakasih kunjungannya, Bunda.trimakasih juga atas sipppp....-nya

21 Jun
Balas

Terus berkarya, semangat selalu. Salam literasi

21 Jun
Balas

Trimakasih motivasi dan kunjungannya, Bpk.Salam Literasi.

21 Jun

Pelatihan yang mengesankan, ya bu. Bisa Jadi ide tulisan juga. Selamat, ibu...

22 Jun
Balas

Iya, Bunda. Trimakasih banyak koreksi dan kunjungannya.

22 Jun

Mantap dan keren bu

22 Jun
Balas

Trimakasih atas koreksi dan kunjungannya, Pak!Salam literasi!

22 Jun

Hebat. Enak dibaca dan....masuk pak Eko.

22 Jun
Balas

Trimakasih, Bunda....

22 Jun

lanjut terus menulis, krn sangat menginsipirasi yg lain. sukses terus ya

21 Jun
Balas

Sipp, Sist.

21 Jun

Semangat berkarya bu......sip........

22 Jun
Balas

Ayo menulis, Pak Guru!

22 Jun



search

New Post