N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
6 Soto Dari Pulau Jawa, Enak Dan Enak Banget

6 Soto Dari Pulau Jawa, Enak Dan Enak Banget

Tantangan Menulis Hari Ke-179

6 Soto Dari Pulau Jawa

Soto menurut KBBI adalah masakan yang kuahnya dimasak tersendiri dan rangkaian isinya antara lain daging, kentang, bawang goreng yang dimasukkan kemudian, pada waktu akan dihidangkan; soto termasuk salah satu dari sekian banyak makanan khas Indonesia. Hampir di setiap daerah ada makanan sejenis soto.

Saya berasal dari suku sunda, Jawa Barat tentu mengenal beberapa soto khas di Pulau Jawa. Saya akan mencoba mengidentifikasi jenis soto yang terdapat di Pulau Jawa dan saya sudah pernah makan, yang belum pernah saya makan semoga suatu saat bisa mencicipi juga.

1. Soto Betawi, Jakarta punya soto. Bumbu santan kentalnya membuat soto ini terasa gurih, paduannya adalah daging serta jeroan seringkali ditambah dengan goring kentang.

2. Soto Mie Bogor, sayurnya bening, bahan utamanya adalah mie kuning dan risoles yang dipadukan dengan daging sedikit berlemak atau kulit. Rasanya mantap.

3. Soto Bandung, sayurnya bening dengan bumbu lebih sederhana dibandingkan soto lainnya, ciri khasnya soto bandung adalah irisan lobak dan taburan goring kacang kedelai dan tetap menggunakan daging sedikit lemak.

4. Soto Kudus, berasal dari kudus. Sayurnya bening dengan suwiran daging ayam. Ciri khas soto ini dalam penyajiannya yaitu menggunakan mangkok kecil yang terpisah antara bahan pelengkap dan kuahnya. Rasanya? Nikmat sekali.

5. Soto Surabaya, sayurnya bening tetapi banyak mengandung lemaks ehingga rasanya gurih. Bahan dasarnya adalah ayam ditambah dengan taouge dan irisan kol yang ditaburi dengan bumbu penyedap koya sebagai ciri khasnya.

6. Soto lamongan, sayurnya bening kuning. Gurihnya soto ini karena menggunakan bumbu kemiri dan koya yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Daging utamanya adalah ayam, untuk kaldunya bisa digunakan ayam kampung.

Saya suka makanan berkuah, jadi soto merupakan salah satu makanan kesukaan, meskipun masak sendiri belum tentu seenak masakan angkringannya, jadi kalau memang mau makan soto saya lebih baik menyerahkan kepada ahlinya dengan cara membeli dari kedai soto.

Masih banyak tentunya jenis soto yang terdapat di pulau jawa, tetapi hanya itu soto yang sudah pernah saya rasakan nikmatnya aneka soto dari pulau jawa. Hanya ada dua kata: Enak dan Enak banget.

Makan malam dengan soto Lamongan

Depok, 11 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Soto dan sate itu dua makanan kesukaankuSudah saya follow ya bunda

11 Oct
Balas

terimakasih sudha mampir

12 Oct



search

New Post