N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bugarkah Tubuh Kita?

Bugarkah Tubuh Kita?

Tantangan Menulis Hari Ke-181

Bugarkah Tubuh Kita?

Kesehatan didefinisikan sebagai keadaan tubuh sehat secara fisik, mental spiritual dan social yang karenanya seseorang bisa hidup produktif. Kesehatan bukan hanya bebas dari penyakit, kecacatan dan kelemahan tetapi harus dilihat secara utuh dari segi jasmani, mental spiritual maupun social.

Sehat jasmani artinya kondisi fisik seseorang baik-baik saja atau normal, tidak memiliki suatu penyakit. Sehat jasmani merupakan factor penting dalam beraktivitas sehari-hari, semakin tinggi kesehatan jasmani makin meningkat daya tahan tubuhnya sehingga mampu mengatasi beban kerja. Jasmani yang sehat akan mendukung produktivitas kerja.

Pendapat Prof. Soedjatmo Soemowardoyo bahwa: Kesehatan jasmani atau kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuhnya dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan (ketinggian, kelembaban suhu, dsb) dan atau kerja fisik yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

Kesegaran atau kebugaran jasmani setiap orang berbeda-beda sesuai dengan tugas/profesi masing-masing dan tergantung dari tantangan fisik yang dihadapinya.

Untuk mencapai kesegaran tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga. Menurut buku pedoman Departemen Kesehatan Olah raga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, melibatkan gerakan tubuh berulangulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani (Depkes, 2002).

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga antara lain:

1. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paruparu, dan pembuluh darah.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang.

3. Meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) pada tubuh sehingga dapat mengurangi cedera.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah kegemukan dan mempertahankan berat badan ideal.

5. Mengurangi risiko berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung.

6. Meningkatkan sistem hormonal melalui peningkatan sensitivitas hormon terhadap jaringan tubuh.

7. Meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit melalui peningkatan pengaturan kekebalan tubuh.

Kebugaran tubuh ditandai dengan idealnya beberapa komponen antara lain :

1. Komposisi tubuh adalah persentase lemak dari berat badan total dan Indeks Massa Tubuh (IMT). Bentuk tubuh proporsional adalah keadaan di mana komposisi tubuh seseorang yang terdiri dari lemak dan massa bebas lemak sesuai dengan kondisi normal serta tidak terdapat timbunan lemak berlebihan yang di bagian tubuh tertentu.

Penentuan komposisi tubuh ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat Body Composition Analyzer, sedangkan untuk perhitungan IMT menggunakan rumus sebagai berikut:

IMT = berat badan dibagi dengan tinggi badan dikudratkan.

Contoh: Berat badan= 60 kg, Tinggi badan = 160 cm

IMT = (60 kg) : (1,6)(1,6)= 23,4 kg /m2

Perempuan Kurus < 17 kg/m2 < 18 kg/m2

Normal 17 – 23 kg/m2 18 – 25 kg/m2

Kegemukan 23 – 27 kg/m2 25 – 27 kg/m2

Obesitas > 27 kg/m2 > 27 kg/m2

(Sumber : Pedoman Praktis Terapi Gizi Medis Departemen Kesehatan RI, 2003)

Dilihat dari data yang ada maka orang yang bersangkutan masuk kategori “kegemukan”

2. Kelenturan atau fleksibilitas tubuh, memudahkan tubuh bergerak bebas

3. Kekuatan otot adalah kekuatan saat otot melakukan kontraksi

4. Daya tahan otot adalah kemampuan untuk mengatasi kelelahan

5. Daya tahan jantung dan paru-paru adalah kemampuan seseorang dalam mengefektifkan system peredaran darah dan pernafasan. Bisa di ukur dengan test Harvard yaitu tes lari 2,4 km dalam 12 menit.

Jika kita berolah raga secara rutin maka tubuh akan mengalami perubahan biokimiawi di dalam otak, membentuk hormone bahagia, endorphin. Menurut Sryanto, Melakukan olah raga kesehatan membuat manusia menjadi sehat jasmani, mental spiritual dan social. Dengan melakukan olahraga secara teratur, tubuh akan menjadi lebih bugar. Jadi kebugaran adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan dalam keseharian tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki energy untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendadak.

Sudah bugarkah anda?

Depok, 13 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post