N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Me TIme Dengan Tanaman

Me TIme Dengan Tanaman

Tantangan Menulis Hari Ke-186

Me Time Dengan Tanaman

Bagi saya yang sudah pensiun,Me Time itu ya sepanjang hari, sepanjang waktu. Karena tidak ada pekerjaan yang menuntut saya untuk menyelesaikannya sesuai jadwal, kecuali masak dan menyediakan makanan untuk kami sekeluarga.

Tetapi ada kalanya waktu sehari semalam itu dihabiskan dengan kegiatan rutinitas seperti beribadah, membereskan rumah, masak di dapur, nonton TV, memanfaatkan medsos dan lain-lain.

Kegiatan yang dilakukan di luar rutinitas itu yang sering kita sebut dengan Me Time, artinya kita memanfaatkan waktu untuk melakukan apa yang benar-benar kita sukai dan kita merasakan nikmat dan bahagia melakukannya.

Mengurus tanaman misalnya, adalah salah satu kesenangan saya. Saya akan merasa senang kalau sudah berhubungan dengan tanaman meskipun belum tentu berhasil tumbuh bagus tanaman yang saya kelola, lebih banyak gagalnya sebenarnya, terutama kalau berhubungan dengan tanaman anggrek.

Tetapi karena saya menyukai menanam, kegagalan menanam anggrek tidak pernah bosan mencoba dan mencoba lagi. Untuk tanaman lain alhamdulilah masih tinggi prosentasi keberhasilannya.

Misalnya sekarang saya mengembangkan tanaman bunga Wijaya Kusumah. Saya membeli 2 pot dari penjual bunga kemudian setelah sebulan di pelihara tanamannya saya kembangkan menjadi beberapa pot. Sekarang saya sudah memilik 10 pot bunga wijaya kusumah.

Tanaman tersebut daunnya lebat, warna daunnya hijau cerah tetapi masalahnya sampai sekarang sudah hampir 4 bulan belum juga tampak menghasilkan kuncup bunga, padahal saya mendambakan 10 pot tersebut berbunga dengan semerbak.

Tanaman lain yang sedang saya pelihara adalah Adenium, kamboja jepang. Pohon yang lama (tua) karena sempat tidak terurus alhamdulilah sudah kembali normal tumbuhnya dan mereka berbunga terus. Tanaman baru sedang dalam pemeliharaan semoga bisa tumbuh dengan baik dan cepat berbunga.

Sansivera sendok yang terabaikan selama ini sudah saya repoting juga ke beberapa pot, tetapi saya simpan mereka di luar pagar rumah agar terkena cahaya matahari secara penuh dan dapat menyerap udara kotor, karena sansivera memang berfungsi untuk mencegah polusi udara.

Masih ada juga tanaman dolar pasir yang pernah Berjaya pada masanya, say repoting menjadi 3 pot, say jejerkanm dengan tambulapot di balkon rumah karena disana matahari penuh di pagi dan sore hari.

Sayangnya, kondisi lutut saya yang tidak bisa terlalu sering naik turun tangga sehingga tidka bisa rutin memelihara tanaman yang ada di balkon, yang jadi korban adalah tanaman sayuran. Ternyata sayuran memerlukan sentuhan rutin setiap hari harus disiram dua kali sehari kecuali menggunakan system hidroponik sementara saya ataman di polybag.

Jadi tanaman yang di balkon akan diisi dengan tambulapot menggunakan pot yang cukup besar, tidak membutuhkan air yang banyak cukup sekali disiram sehingga saya tidak perlu naik turun tangga.

Semangat tinggi tapi tenaga kurang

Depok,. 18 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masya Allah, Inspiratif. Jazakillah khairan, saling follow, saling support. Fastabiqul khairat

19 Oct
Balas

terimakasih sudah mampir , say folow ya bu

19 Oct



search

New Post