MAHNIAR SINAGA,M.Pd.

Guru SDN 068008 Medan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Puding Coklat-Ku
#3

Puding Coklat-Ku

Setiap seminggu sekali pada hari Rabu Gina wajib ke TBM Suka Baca. Biasanya Gina memilih hari Rabu untuk berkunjung ke sana. Sebab, pada hari tersebut, ada pembelajaran cooking class. Biasanya, setiap anak yang berkunjung ke TBM Suka Baca pada hari tersebut diminta untuk mempraktikkan cara mengelola makanan yang bahan dasarnya ditentukan oleh relawan TBM Suka Baca.

Sesampai di TBM, teman-teman Gina sudah pada berkumpul mendengarkan paparan oleh relawan dalam mengelola bahan makanan yang tersedia. Gina pun langsung bergabung dengan teman kelompoknya. Nah, pada hari tersebut, bahan dasar yang akan dikelola adalah agar-agar. Gina dan teman-temannya membaca buku referensi tentang membuat makanan dari agar-agar.

Gina dan teman-teman memulai praktik memasak. Seperti biasa, kolaborasi adalah sangat penting dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka memutuskan untuk membuat puding coklat. Langkah pertama yang dilakukan Gina dan teman-temannya adalah mencairkan coklat dengan susu sebelum dicampur agar-agar. Tiba-tiba teman Gina, Dona bertanya, mengapa, ya, coklat bisa mencair jika dipanaskan? Dan pengaduk dari coklat itu terasa panas? Nayla pun menjawab dari pengalamannya belajar di sekolah bahwa peristiwa coklat mencair dan sendok panas adalah bagian dari peristiwa konduksi bahwa perpindahan panas terjadi pada suatu benda akibat kontak/sentuhan dengan medium lain, yaitu panci. Kemudian sendok yang panas itu akibat kontak dari coklat yang panas.

Begitu, ya. Jawab Dona sumringah. Dia merasa senang dengan jawaban dari Nayla. Tiba-tiba, relawan TBM Suka baca bertanya pada kelompok Gina, mengapa, ya badan atau tubuh kita terasa panas dekat api kompor? Nayla dengan tegas menjawab, karena adanya perpindahan panas dengan cara radiasi. Relawan pun memberikan tepukan keras pada kelompok Gina. Tanpa terasa, puding coklat mereka pun siap di tuangkan dalam cetakan. Menanti pudingnya membeku, relawan memberi kesempatan pada kelompok Gina untuk mempresentasikan pengalaman belajar mereka membuat puding coklat yang berhubungan dengan perpindahan panas.

3
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post