NIKEN EKA PRIYANI, S.Pd

Niken Eka Priyani, lahir di Klaten pada tanggal 28 Mei 1987. Anak dari ibu Endang Sri Mulyani, S.Pd seorang Guru di SMP Negeri 1 Ceper dan ayah Drs. Priya Pujih...

Selengkapnya
Navigasi Web

POHON LITERASI SEBAGAI MEDIA SISWA AGAR TERMOTIVASI MEMBACA BUKU DI SEKOLAH PERBATASAN

POHON LITERASI SEBAGAI MEDIA SISWA AGAR TERMOTIVASI MEMBACA BUKU DI SEKOLAH PERBATASAN

Oleh:

Niken Eka Priyani, S.Pd

NIP. 19870528 201708 2 001

Instansi : SD Negeri 29 Idai

Sekolah tempat saya bertugas adalah di SD Negeri 29 IDAI yang terletak di Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia. Siswa-siswi SD Negeri 29 IDAI sudah mulai terlihat antusias dalam membaca buku dan meminjam buku. Walaupun dalam keterbatasan dimana pengadaan buku hanya tergantung dari dana BOS akan tetapi kami sebagai guru di SD Negeri 29 IDAI tidak patah semangat demi mensukseskan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Guru-guru di SD Negeri 29 IDAI mengupayakan untuk mengumpulkan buku bacaan dari donasi dari masyarakat yang mau menyumbangkan buku. Tujuan kami untuk menggalang donasi buku adalah agar anak-anak bisa membaca berbagai macam buku mulai dari buku cerita bergambar / buku dongeng serita anak, buku cerita tokoh pahlawan, buku pelajaran dan sebagainya. Diharapkan dengan adanya buku-buku tersebut akan menumbuhkan minat baca siswa-siswi di SD Negeri 29 IDAI. Setelah buku terkumpul ternyata antusias dari siswa-siswi pun sangat besar. Mulai dari anak-anak kelas 1 sampai kelas 6 berbondong-bondong untuk meminjam buku dan membacanya. Walaupun kelas 1 belum bisa membaca pun tetapi antusias siswa sangat besar walau hanya sekedar melihat gambar dari buku cerita tersebut. Sebagai seorang guru saya pun merasa senang dengan antusias dari siswa untuk mau membaca buku. Sehingga Gerakan Literasi Sekolah (GLS) akan berjalan dengan lancar walaupun memang sedikit demi sedikit diupayakan untuk pengadaan bukunya. Untuk lebih meningkatkan motivasi siswa dalam membaca buku maka saya sebagai guru membuat “Pohon Literasi” agar siswa lebih bersemangat untuk membaca buku. Dalam pohon tersebut apabila anak selesai membaca buku maka akan diberi tanda bintang pada pohon tersebut. Semakin banyak bintang di pohon literasi maka menandakan anak tersebut rajin dalam membaca buku.

Gambar 1. Pohon Literasi sebagai salah satu media agar siswa dapat termotivasi dalam membaca buku

Gambar 2. Siswa-siswi SD Negeri 29 IDAI sedang membaca buku di POJOK BACA

Siswa-siswi SD Negeri 29 Idai sangat antusias agar dapat selesai membaca buku. Siswa-siswi dapat memanfaatkan “POJOK BACA” sebagai salah satu tempat siswa membaca buku. Sebelum lonceng berbunyi tanda masuk sekolah biasanya anak-anak membaca dan meminjam buku dan membacanya di “POJOK BACA”. Sehingga diharapkan dengan adanya “Pohon Literasi” ini anak-anak di sekolah perbatasan khususnya di SD Negeri 29 Idai dapat lebih termotivasi dalam membaca buku sehingga pengetahuannya akan semakin luas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi dari BEKASI, mantap

01 Nov
Balas

Kereeen bund pohon literasi sbg motivasi dan pemantau yah. Sukses selalu dan barakallah

01 Nov
Balas



search

New Post