Niken Sari

Niken Sari, seorang pendidik yang suka menulis dan traveling. Ibu dari 4 orang anak yaitu Izzan, Ikram, Ihsan dan Mahira ini ingin tulisannya bisa memberikan ma...

Selengkapnya
Navigasi Web

6 Usaha Sambilan Untuk Para Guru

Guru memiliki usaha sambilan? Menurut saya boleh saja. Selain bisa menambah perekonomian keluarga, usaha sambilan juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memperluas network alias jaringan teman.

Ada 6 usaha sambilan yang bisa dikerjakan oleh para ibu maupun bapak guru. Berikut 6 macam usaha sambilan tersebut :

1. Toko Online

Usaha ini cukup menguntungkan. Apalagi kalau bekerjasama dengan jasa ekspedisi. Selain menjual online sendiri, kita juga bisa mengiklankan lewat tokopedia, shopee, bukalapak maupun e-commerce lainnya. Mungkin teknik memberi bonus/hadiah bagi pembeli bisa dicoba. Misalnya anda menjual baju gamis, tak ada salahnya memberi bonus bros bagi pembelian banyak.

2. Tambak ikan

Usaha sambilan ini juga tak kalah bagus. Kalau misalnya budget untuk membuat kolam terbatas mungkin bisa menggunakan terpal. Sebagai contoh terpal ukuran 1x2 biasa dijual mulai dari 75 ribu hingga 100 ribu. Nah, lebih hemat kan ketimbang membuat kolam dari beton? Untuk ikannya bisa dimulai dengan lele atau ikan nila. Mengapa ikan lele? Sebab lele memiliki daya tahan tubuh yang bagus dan mudah memeliharanya. Sedangkan ikan nila merupakan ikan yang cepat panen. Nila bisa dipanen sekitar 3-4 bulan. Untuk menghemat pakan jadi, mungkin kita bisa membuat pakan sendiri. Misalnya untuk ikan nila bisa diberi kangkung dan sebagainya.

3. Pertanian

Usaha pertanian merupakan usaha yang menguntungkan asalkan dihitung moda awal dan pengeluaran. Apabila tidak memiliki lahan pertanian, maka kita bisa menyewa kemudian menanam tanaman yang menguntungkan. Jadi, mudah kan? Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya pupuk dan lainnya. Jangan sampai setelah dihitung ternyata kita tidak memperoleh keuntungan.

4. Guru privat

Usaha ini banyak dijalankan oleh para guru. Selain masih berhubungan dengan mengajar, menjadi guru privat merupakan pekerjaan yang mengasyikkan. Sebagal langkah awal bisa dengan mengiklankan di sekolah, selebaran, surat kabar maupun lainnya.

5. Bisnis jahitan

Bagi para ibu guru yang pintar menjahit, mungkin usaha ini bisa dicoba. Sebagai langkah awal mungkin dengan menerima jahitan seragam sekolah. Kemudian barulah kita menerima jahitan untuk baju perorangan, sprei maupun lainnya

6. Bisnis masakan

Bagi yang suka memasak, bisnis ini sangat menjanjikan. Tidak hanya mencakup masakan untuk acara-acara saja, tapi masakan harian juga. Atau mungkin bisa dicoba untuk menitipkan kue maupun masakan ke kantin sekolah.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Yuk, kita menjadi guru yang kreatif sekaligus menambah penghasilan keluarga !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ngajarnya kapan Bu Sama menyiapkan admin guru yang sedabreg Mungkin kita cukup jadi konsultan ya bu. Tapi idena bagus itu bu, buat menambah income keluarga//

23 Mar
Balas



search

New Post