Nikmah Rahmani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PERTAMA IKUT PESERTA WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK.1 YANG LUAR BIASA
WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK.1 YANG LUAR BIASA

PERTAMA IKUT PESERTA WEBINAR INTERNET PENDIDIKAN JABODETABEK.1 YANG LUAR BIASA

Oleh : Nikmah Rahmani 

 

Bismillahirahmanirrahiim 

 

Alhamdulillah untuk pertama kalinya penulis merasa bersyukur sekali dapat mengikuti Webinar Internet Pendidikan Jabodetabek 1 sebagai salah satu peserta yang diikuti oleh 300 peserta guru sejabodetabek, yaitu Pada hari Selasa, tanggal 2 Juni 2020. Sungguh penulis dapat berkesempatan menghadiri kegiatan Webiner ini yang diselenggarakan oleh Mediaguru berkerjasama dengan Indosat, bertemakan Internet Pendidikan. 

 

Kegiatan Webinar Jabodetabek 1 ini dilaksanakan oleh Media Guru dibuka oleh CEO Media Guru Bapak Mohammad Ihsan. Acara ini berlangsung pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB melalui via Zoom meeting.  Karena bertepatan dengan kegiatan di sekolah, yaitu pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun semester 2 tahun ajaran 2019/2020 hari pertama juga, penulis merasa harus terbagi dua perhatian. Sungguh amat sangat berat dan merasa kerepotan, tapi penulis berusaha untuk sama-sama bisa berjalan dikeduanya. 

 

Walaupun dengan tangan yang cukup terlatih membalas chattingan dari orang tua murid yang masih mendampingi putra putri kelas 1, mengerjakan PAT berupa penugasan sesuai jadwal yang sudah ditentukan sekolah. Alhamdulillah penulis dapat mengikuti kegiatan Zoom meeting, tapi banyak waktu tertinggal, tenyata Media Guru memberikan kesempatan mengulang untuk dapat melihat kembali di Youtube Media Guru.

 

Karena materi yang sangat bagus sekali, yaitu dengan nara sumber yang berpengalaman luas dan hebat. Tepat

pukul 09.00 WIB kegiatan Webinar dimulai dan acara dipandu dengan HOST terhebat langsung oleh CEO Media Guru Bapak Mohammad Ihsan. Yang dihadir juga dengan pembicara Kepala LPMP DKI Jakarta Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan tentang penggunaan internet dalam pembelajaran lebih menghemat waktu, tempat dan biaya karena tidak kesekolah. Pembelajaran Jarak Jauh pada saat ini memang terasa sangat terasa banyak terbantukan. Selain itu juga koneksi internet yang semua orang bisa berakses dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan serta selera kita di penggunaan internet ini.  

 

Dilanjutkan dengan presentasi 4 orang narasumber hebat yaitu :

 

1. Bapak Haryanto, S.Kom, M.Si .

Pembelajaran selama pandemi dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Google Classroom, Zoom Meeting, Webex dan Quizizz. Tentunya harus membutuhkan  cara dan tehnik dari kreatifitas guru agar siswa belajar dari rumah menjadi tidak bosan dan terganggu jika tidak ada kuota dari internet di smartphone mereka. 

 

2. Ibu Valeria Sonata, S.Si, M.Th

Kejenuhan dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan cara menggunakan Virtual Reality. Yaitu merupakan salah satu cara dan tehnik untuk dapat menghilangkan kejenuhan dan bosan dirumah, maka siswa selama melaksanakan pembelajaran secara daring. Siswa tertantang untuk merancang suatu kegiatan praktek secara virtual dan mencobakannya. Lagi-lagi guru harus meningkatkan kreativitas dan aktif sesuai kompetensinya di bidang Teknologi komputer dan jaringan internet.

 

3. Ibu Tuti Agiawati, S.Pd, M.M

Beliau menyajikan materi ASIK melalui Google Suite for Education, yaitu Dengan menggunakan GSE, siswa akan merasa riang, dan belajar menyenangkan karena pembelajaran dikemas semenarik mungkin dan dapat membuat kegiatan lebih aktif  dalam pembelajaran melalui jaringan internetnya. Guru akan menjadi kreatif dapat menciptakan ide-ide yang lebih cemerlang agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan siswa.

 

4 . Bapak Drs. Asep Tisna

 

Hypno Teaching Daring yang dapat membangkitkan semangat dan rasa bahagia dalam belajar. Yaitu  Hypnoteaching Daring Pemicu Produk Siswa sebagai alternatif untuk menghilangkan kejenuhan belajar selama masa WFH. Dengan metode Hypnoteacing ini, siswa akan terpicu untuk menghasilkan karya–karya yang kreatif. Kegiatan berinovasi belajar menciptakan ide - ide baru dengan cara yang menyenangkan siswa di rumah.

 

Karena dalam kegiatan ini penulis harus membagi waktunya jadi tidak dapat mengikuti dengan baik, tugas  siswa yang sudah selesai harus segera ditindak lanjuti dengan menilai hasil karya siswa yang dibuatnya sendiri. Jadi terpecah dua, dari zoom metting beralih ke tugas siswa begitu yang dirasa walau berat dan tidak nyaman. 

 

Diakhir kegiatan, Pak Ihsan selaku CEO media guru menghimbau para peserta untuk kreatif menulis dan mengajak bergabung dalam program hebat dan menjadi salah satu program unggulan Media Guru di pelatihan Mediaguru, diantaranya adalah Mengubah KTI menjadi buku”, Pelatihan menyusun PTK/PTS , Pelatihan menulis Best Practice, dan ada juga kelas Editor Buku, serta kelas yang akan dilaksanakan juga adalah kelas cerita anak. 

 

Alhamdulillah, hari ini adalah hari yang luar biasa bagi penulis, dapat mengikuti webinar kali pertama dengan guru sejabodetabek. Terasa sekali beruntung dan bangga yang luar biasa mendapat banyak ilmu, semoga dapat bermanfaat untuk pribadi penulis, juga berkesempatan bertemu dengan pembicara materi hebat dan guru-guru hebat yang menginspirasi. Kepada semua pihak tim Media Guru, pimpinan Mediaguru yang menjembatani pelaksanaan acara hebat ini. Terima kasih tak terhingga penulis sampaikan kepada Pak Ihsan, dan Indosat yang telah menfasilitasi terselenggaranya acara ini.

 

Penulis dapat menyimpulkan diakhir laporan ini, bahwa kita berada dalam kondisi masa Pandemi ini, maka penulis sebagai pendidik harus mampu berusaha belajar kreatif dan berinovatif dalam melaksanakan kegiatan belajar di pembelajaran jarak jauh, menciptakan kreativitas bersama siswa, khususnya di kelas 1 sangat butuh perhatian dan dapat belajar sambil bermain yang menyenangkan hati siswa agar mereka tidak jenuh dan bosan selama belajar dirumah bersama orang tua dan keluarganya dapat terus berkarya dan semangat dalam teknologi informasi melalui jaringan internet.

 

Demikianlah yang dapat penulis laporkan tentang kegiatan hebat pertama kali ikut menjadi peserta Webinar Internet Pendidikan   Jabodetabek 1 yang luar biasa ini, melaporkan dari Jakarta. 

Sampai jumpa pada waktu dan kesempatan lainnya diacara yang berbeda.  

Assalamualaikum Wr. Wb. 

 

 

Reporter : Nikmah Rahmani

 

#webinarInternetPendidikan

#reportasewebinarJabodetabek1

#MediaGuru 

#indosatOoredo

 

Jakarta, Kamis 04/06/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bun..kesan pertama yg bikin penasaran ya bun

04 Jun
Balas

Iyaa bu Fitria betul sekali, rasanya..

07 Jun
Balas



search

New Post