1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Penugasan Mandiri “Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.” ~ Benjamin Franklin
Berikut ini adalah tugas koneksi antar materi 1.2.a.9 akan saya sajikan dalam bentuk uraian singkat dan komik sederhana. Ada 4 point pertanyaan berikut jawaban. yang akan saya sajikan,yaitu:
1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Setelah membaca modul 1.2, berikut kesimpulan yang saya ambil mengenai keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak.
Nilai guru penggerak ada 5 :
1.Mandiri,
2.Reflektif,
3.Kolaboratif,
4.Inovatif, dan
5.Berpihak pada siswa.
Nilai tersebut harus dimiliki oleh seorang guru penggerak karena sangat penting untuk mampu menjalankan peran sebagai guru penggerak sebagai:
1.Pemimpin pembelajaran,
2.Menjadi coach/mentor bagi guru lain,
3.Menggerakkan komunitas sekolah dan
4. Menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid.
2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
Ada.Keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara yaitu guru dapat menjalankan nilai dan peran sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam yaitu guru dapat menerapkan nilai mandiri, reflektf. Kodrat zaman yaitu guru dapat menerapkan nilai inovatif, kolaboratif, pembelajaran yang berpusat pada murid.
3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Strategi yang saya miliki untuk mencapai nilai tersebut adalah :
1. Mandiri : belajar dan melakukan sesuatu secara mandiri, memiliki inisiatif diri untuk maju dan berkembang.
2. Reflektif : melakukan refleksi setelah mengajar yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan apa yang harus ditambahkan atau diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Kolaboratif : melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, mengajak bersama-sama untuk memeningkatan kompetensi sebagai guru.
4. Inovatif : menciptakan sesuatu yang baru seperti metode pembelajaran utnuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa.
5. Berpusat pada murid : menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat membuat desain pembelajaran bertema merdeka belajar. Siswa dapat memilih cara penyelesaian tugas sesuai dengan minat dan bakat mereka.
4.Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
Pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual adalah:
1. Kepala sekolah,perannya sebagai penanggung jawab,
2. Rekan sejawat, perannya sebagai mitra untuk berkolaborasi,
3. Siswa, perannya sebagai subjek untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran,
4. Orang tua/wali siswa, perannya sebagai pendukung yaitu menjadi mitra bagi guru dalam rangka mensukseskan program yang telah dirancang oleh guru/sekolah untuk peningkatan proses dan hasil pembelajaran peserta didik.
Link google drive:
https://drive.google.com/file/d/1f6I_vY_sQZO1VDDkuvhx9ftrbX4N_RLh/view?usp=drivesdk

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar